Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Unik dan Menarik

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel – Selain kerajinan tangan dari kain perca, ternyata kain flanel juga bisa dijadikan bahan utama untuk membuat kerajinan tangan. Kain flanel adalah salah satu bahan untuk membuat kerajinan tangan. Tekstur bahannya yang lembut dan juga warna yang menarik, membuat kain flanel dijadikan sebagai salah satu bahan utama untuk membuat berbagai kerajinan tangan dari kain flanel yang banyak digemari sampai saat ini.

Bukan hanya itu, kain flanel juga mudah sekali didapatkan di toko-toko terdekat. Di pasar juga banyak yang jual kain ini. Harganya pun relatif murah untuk kalangan manapun. Jadi sangatlah tidak sulit untuk menjumpai kain yang mudah dibentuk ini.

Berbagai kerajinan tangan yang dapat dibuat dari kain flanel adalah boneka, dompet, sarung hape, makanan imitasi, gantungan kunci, bunga, bros, dan masih ada banyak kerajinan lagi yang dapat dibuat menggunakan kain flanel ini.

Kerajinan tangan dari bahan kain flanel yang sering digemari oleh kaum hawa biasanya adalah kerajinan bunga mawar dan bros. Kebanyakan wanita suka sekali memakai bros yang terbuat dari kain flanel. Mungkin bentuknya yang unik, lucu dan juga mudah dibuat membuat bros ini menampah pede para pemakainya. Dan tak dipungkiri juga akan menambah cantik pemakainya.

Berikut adalah beberapa contoh kerajinan tangan yang terbuat dari kain flanel. Simak dan perhatikan lalu jangan lupa praktek agar ilmu yang kamu dapat tidak sia-sia. Ajak juga teman-temanmu untuk membuatnya biar lebih seru.

Bando Dari Kain Flanel

tokoonlinegrosir.com

tokoonlinegrosir.com

Ingin terlihat cantik saat di luar rumah? tenang saja, kamu bisa menggunakan bando yang terbuat dari kain flanel. dengan bahannya yang lembut dan indah saat dilihat membuat kamu tampil cantik. Apalagi jika kamu memilih warna bando yang sesuai dengan pakaian yang sedang kamu kenakan, pasti kamu terlihat sangat serasi sekali.

Hiasan Mobil dari Kain Flanel

sistersaccecories.wordpress.com

sistersaccecories.wordpress.com

Seringkali kita lihat di kaca mobil terdapat hiasan. Tak sedikit orang membeli hiasan untuk kaca mobil dengan harga yang mahal. Padahal, jika kamu mau, kamu bisa membuat hiasan untuk kaca mobil sendiri dengan memanfaatkan kain flanel. Mungkin, gambar di atas bisa kamu jadikan inspirasi hiasan seperti apa yang akan kamu buat untuk mobil kamu.

Telur Hias Berbagai Motif dari Kain Flanel

www.satujam.com

www.satujam.com

Jika kamu ingin mempercantik rumah dengan hiasan kerajinan tangan, telur hias berbagai motif yang terbuat dari kain flanel ini bisa menjadi pilihan. Kamu bisa meletakkan di sudut ruang tamu untuk menambah daya tarik ruangan kamu.

Baca juga: Kerajinan Tangan dari Sedotan

Aneka Boneka dengan Karakter Lucu dari Kain Flanel

www.satujam.com

www.satujam.com

Sebagian besar anak perempuan menyukai boneka. Tak hanya anak kecil saja, namun para perempuan dewasa juga menyukai boneka. Mereka mengoleksi berbagai jenis boneka dan salah satu boneka yang bisa dijadikan koleksi kamu adalah boneka dari kain flanel.

Kain flanel memiliki tekstur yang lembut dan halus, sehingga kain ini sangat cocok digunakan untuk membuat boneka. Kamu bisa mengoleksi aneka boneka dari kain flanel dengan karakter-karakter lucu. (Baca juga: Kerajinan Tangan dari Barang Bekas)

Donat Imitasi dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Gambar diatas adalah gambar donat. Yaa… memang benar sih, tapi bukan donat untuk dimakan loh ya. Gambar diatas adalah salah satu contoh kerajinan tangan yang terbuat dari kain flanel. Mirip sama aslinya kan?. Warna yang menarik dari kain flanel yang membuat donat diatas mirip sama dotat yang dimakan.

Tertarik untuk membuat donat diatas? Atau mungkin tertarik untuk memakan donat diatas? Haha. Kalau donat yang dimakan mending beli aja dipinggir-pinggir jalan. Setelah masuk mulut, habis deh, selesai tak berbekas barang yang telah kamu beli itu. (Baca juga: Kerajinan Tangan dari Botol Bekas)

Tapi kalau kamu membuat donat yang terbuat dari kain flanel, donat ini bisa sampai bertahun-tahun. Gak akan basi walau tanpa bahan pengawet. Karena donat yang satu ini bukan untuk dimakan. Tapi donat ini adalah sebuah hiasan karya tangan kreatif.

Donat imitasi ini bisa digunakan sebagai gantungan kunci. Tinggal menambahkan gantungan pada donat imitasi tersebut pada donat yang kamu buat.

 

Bunga dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Kain flanel bisa dibuat menjadi bunga. Kerajinan ini banyak diminati oleh masyarakat. Bentuknya yang lucu dan berwarna warni membuat kerajinan ini banyak disukai para peminatnya.

Selain itu teksturnya yang lembut dan mudah dibuat juga menambah lengkap para pecinta bunga dari kain flanel untuk mengoleksi atau juga menarik untuk membuat kerajinan ini.

Amplop dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Kain flanel juga bisa dibuat menjadi amplop. Dengan memakai kain flanel, kamu juga dapat membuat sebuah amplop yang cantik dan menarik yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu kegunaannya adalah untuk membungkus sebuah kartu ucapan atau surat ke seseorang yang kamu anggap spesial.

Dengan menaruh isi dari surat atau kartu ucapan dalam amplop yang terbuat dari kain seperti ini, akan membuat lebih si penerima terkesan saat mendapatkan amplop tersebut, karena dibungkus dengan amplop yang tidak biasa dan menarik.

Dengan memberikan sebuah nama pada amplop yang telah kamu buat, akan menambahkan kesan lebih mendalam kepada si penerima amplop tersebut.

Bukan hanya pada amplopnya saja yang bisa dihias, isi amplonya juga bisa kamu hiasi menggunakan pernak-pernik dari kain flanel. Seperti yang telah dicontohkan pada gambar di atas, kertas ucapannya ditempel dengan menggunakan sebuah ikon hati, sehingga akan menambah kesan romatis.

Bentuk amplop lainnya yang bisa dibuat adalah seperti gambar yang ini. Sama persis lipatan seperti amplop pada umumnya dengan memberikan garis putus-putus memakai benang yang akan menambah nilai seni amplop yang dibuat dari kain flanel ini.

Sarung Hape dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Kain flanel juga bisa dibuat menjadi sarung handphone. Sarung hape yang terbuat dari kain flanel seperti ini cukup mudah dibuat. Hanya dengan beberapa lempar kain flanel saja sudah dapat menjadikan sarung hape.

Pada sisi bagian luar pun bisa kamu hiasi. Tinggal menghiasi apa saja yang kamu suka seperti contoh memberikan ikon kupu-kupu, bunga, apel atau ikon-ikon lucu lainnya juga bisa.

Tempat untuk Pensil atau Kacamata dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Kain flanel juga bisa dibuat menjadi wadah pensil ataupun wadah kacamata. Kamu juga dapat membuat kerajinan seperti ini. Sangat mudah sekali dibuat karena bentuk yang sederhana tapi juga menarik. Kamu juga bisa menambahkan gambar hewan dibagian bawahnya bila kamu mau.

Kerajinan seperti ini masih jarang sekali pembuatnya. Dengan sedikit usaha dan ketelatenan maka kamu dapat menjadikan kerajinan ini sebagai usaha sampingan. Mungkin kamu yang masih di bangku sekolah atau juga yang sudah menjadi mahasiswa/i, kerajinan ini cocok untuk dijadikan usaha.

Hitung-hitung menambah uang saku sendiri. Hanya butuh sedikit usaha dan kemauan yang tinggi maka kamu sudah dapat menghasilkan uang sendiri. Membuatnyapun tidak sulit, tidak juga butuh biaya yang besar dan juga tidak butuh ijasah S3. Yaitu SD, SMP, dan SMA kan. Jadi mari kita membuat.

Dompet dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Dompet lucu diatas ini terbuat dari kain flanel juga lho. Bentuknya sama seperti dompet pada umumnya, tapi dompet yang satu ini terbuat dari kain flanel.

Bila kita membuat dompet dari kain flanel, kita dapat menghias sesuka hati kita pada sisi luar dompet itu sendiri. Bisa dengan dijahit ataupun juga dengan cara dilem. Jadi sangat menyenangkan sekali bila memiliki dompet yang terbuat dari kain flanel.

Kerajinan tangan yang terbuat dari kain flanel yang satu ini, dapat dikatakan jarang sekali ditemui. Mungkin karena jarang sekali ada yang membuat dan memakai dompet dari kain flanel.

Tidak heran juga kalau jarang yang mau membuat dompet ini, walaupun itu untuk pribadi. Karena pada umumnya dompet yang didapat dipasar jauh lebih bagus. Kebutuhan untuk membuat dompet dari bahan kain flanel memanglah tidak semenarik kerajinan tangan yang lainnya.

Tempat Tisu Pelangi dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Kain flanel juga dapat digunakan menjadi penghias tempat tisu. Wadah tisu kamu akan lebih cantik dan menarik bila kamu hias dengan kain flanel. Belum lagi ditambah dengan hiasan bunga, maka tempat tisu kamu akan menjadi lebih cantik.

Dompet Hape dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Kain flanel juga dapat dijadikan sebagai dompet hape. Dompet hape merupakan salah satu kerajinan tangan yang banyak menarik perhatian. Mudah untuk dibuatnnya dan juga bisa langsung dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

Kalau Untuk membuat dompet hape dari bahan kain flanel tidaklah rumit, cukup hanaya dengan beberapa lembar bahan kain flanel saja, kamu sudah dapat membuat dompet yang cantik.

Agar lebih terlihat lucu kamu dapat menambahkan karakter pada bagian sisi dompet. Coba lihat contoh gambar diatas. Mudah kan?

Dompet hape dari kain flanel dapat kamu gunakan sebagai pelindung hape dari benturan atau jatuh atau juga goresan saat dimasukkan ke dalam tas atau saku.

Dengan menggunakan dompet yang terbuat dari bahan kain flanel ini, kamu tidak perlu khawatir lagi bila terjadi berbagai benturan dengan benda keras lainnya yang berada dalam satu wadah. Tertarik untuk membuat dompet ini.

Sepatu dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Kain flanel juga dapat dijadikan menjadi sebuah sepatu anak yang lucu. Bahannya yang lembut dan teksturnya yang halus, sepatu ini sangat cocok untuk dipakai oleh sang buah hati.

Kamu juga bisa membuat sepatu untuk dipakai si kecil dengan berbagai desain yang kamu suka. Caranya membuatnya juga tidak sesulit membuat sepatu dewasa pada umumnya.

Untuk membuat sepatu seperti jenis ini tidak terlalu rumit, yang terpenting adalah bagaimana sepatu tersebut nyaman bagi si kecil saat dipakai. Bukan hanya itu saja, sepatu yang terbuat dari kain flanel juga mempunyai kelebihan. Di antara kelebihannya adalah bisa dijadikan custom desain.

Cukup hanya dibutuhkan kain flanel, gunting, benang dan jarum saja untuk membuat sepatu ini. Potonglah polanya sama seperti dengan ukuran kaki anak, lalu jahit dengan memakai jarum dan benang yang sudah kamu siapkan. Kemudian tambahkanlah beberapa hiasan yang dapat mempercantik sepatu.

Terakhir, lihat kembali apakah ada jahitan yang kurang rapih atau jahitan yang tertinggal. Setelah itu semua selesai, kerajinan kain flanel berbentuk sepatu si kecil siap untuk digunakan.

Makanan Imitasi dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Kerajinan yang terbuat dari kain flanel lainnya adalah makanan imitasi. Makanan imitasi ini tergolong memiliki nilai jual tinggi. Mungkin kamu berminat untuk membuat dan memperjualkannya, maka sangat cocok sekali ide untuk membuat makanan imitasi ini.

Apalagi pada zaman sekarang yang serba mudah dengan online kamu dapat memasarkannya ke daerah-daerah luar kotamu. Apalagi kalau bisa sampai luar negeri. Padahal kamu jual dan membuatnya dirumah. Gak kebayang kan..

Boneka Jari dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Kain flanel juga dapat dibuat menjadi boneka jari seperti pada contoh gambar diatas. Coba lihat, lucu-lucu bukan?. Membuatnya pun tidak sulit, karakternya juga dibuat dengan mudah dan imut.

Kamu bisa mendongeng pada anak-anak dengan menggunakan boneka yang terbuat dari kain flanel tersebut. Jadi waktu bersama anak akan lebih mengasikkan.

Kamu dapat menceritakan dongeng si Kancil yang sangat cerdik, Sang Raja Hutan dan cerita-cerita lainnya, bahkan juga bisa mengarang cerita kamu sendiri untuk mendongeng pada anak-anak. Dengan boneka dari kain flanel ini kamu dapat mengasah dan tidak akan kekurangan ide pastinya untuk mengarang cerita pada si kecil.

Dadu dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Kain flanel juga dapat dijadikan sebagai dadu. Dadu yang terbuat dari kain flanel ini difungsikan untuk mainan balita. Karena tekstur dan bahannya yang lembut, membuat mainan dadu ini sangat aman untuk dimainkan bagi anak-anak. Apalagi buat bayi yang masih umur dibawah dua tahun, yang sering sekali memasukkan benda-benda ke dalam mulut.

Jadi buatlah dadu dari kain flanel yang mempunyai ukuran lebih besar dari mulut si kecil, maka bunda tak perlu khawatir akan tertelen mainan tersebut.

Bros Bunga dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Kain flanel juga bisa dibuat menjadi bros bunga. Bros bunga yang terbuat dari kain flanel ini juga menjadi salah satu bros primadona bagi para wanita yang memakai hijab. Karena kalau dilihat, bros bunga ini akan menambah keanggunan bagi pemakainya.

Dengan menambahkan bros bunga dari kain flanel seperti ini juga bisa tambah feminim dari si pemakai. Untuk cara membuat bros bunga dari kain flanel ini juga tidak terlalu sulit. Banyak tutorial yang bisa kamu dapatkan di youtube hanya dengan mengetik “cara membuat bros dari kain flanel”.

Bros Kupu-kupu dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Kain flanel juga bisa dibuat menjadi bros kupu-kupu. Kerajinan tangan yang satu inilah kerajinan dari kain flanel yang paling saya suka. Cara membuatnya pun juga tidak terlalu sulit.

Hanya tinggal bermodal dua lembar bahan kain flanel yang berbeda warna, lem dan gunting juga benang dan mata mainan. kamu sudah dapat membuat bros kupu-kupu seperti pada cantoh gambar.

Cara membuat pun tidak terlalu sulit. Bila Dilihat dari bentuknya saja, pasti tahu kan cara untuk membuatnya seperti apa.

Nah, apalagi bila kamu ingin menjadikannya untuk sebuah usaha. Pasti akan sangat menguntungkan. Biasanya orang kalo beli barang seperti ini itu bukan beli satu atau dua biji, mereka akan beli sampai puluhan bahkan ratusan karena biasanya untuk aksesoris hadiah tamu. So, berminat untuk membuatnya?

Bros Ikon Hijab dari Kain Flanel

fatinia.com

fatinia.com

Satu lagi nih kerajinan yang terbuat dari kain flanel, yaitu bros ikon hijab. Jadi hijab kamu dapat dikasih bros yang lucu. Akan menambah keanggunan kamu deh pastinya.

Selain lucu dan unik kamu juga akan terlihat tampil beda. Soalnya kerajinan yang satu ini sangat jarang sekali pembuatnya. Mungkin juga kamu bisa menjadi pembuatnya, tapi butuh keahlian yang tinggi kalau membuat kerajinan yang satu ini. Minimal sudah sering membuat kerajinan dengan menggunakan kain flanel. Karena detailnya yang rumit dan butuh keahlian menjadikan bros ini jarang sekali ada yang membuatnya.

Gantungan Kunci dengan Karakter Boneka Lucu dari Kain Flanel

www.satujam.com

www.satujam.com

Satu lagi gantungan dari kain flanel yang bisa kamu miliki. Gantungan ini berbentuk boneka dengan berbagai karakter. Namun, jika kamu memiliki karakter favorit sendiri, kamu bisa membuatnya sendiri dengan berbagai warna.

Jika kamu tidak mau bersusah payah membuatnya, kamu juga bisa memesan kepada yang sudah ahli untuk membuatkannya. Kamu cukup membayar upahnya saja dan tunggu pesanan jadi. Setelah produknya jadi, kamu tinggal pakai deh.

Gampang kan!

Video Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>