140 Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas – Jika kita pergi ke tempat wisata atau toko handycraft, banyak sekali kerajinan tangan yang dipajang untuk di jual dengan berbagai bentuk dan keunikannya masing-masing. Tak sedikit dari kerajinan tangan memiliki harga yang cukup mahal.

Hal yang menjadikan kerajinan tangan menjadi mahal adalah tingkat kerumitan dan keunikan kerajinan tangan tersebut. Sedangkan bahan yang digunakan belum tentu mahal meskipun harga kerajinan tangan tesebut cukup mahal.

Karena kerajinan tangan yang memiliki harga mahal ternyata bisa juga dibuat dengan bahan yang sederhana dan mudah didapatkan. Bahkan, kerajinan tangan seperti itu bisa dibuat dengan bahan-bahan bekas yang sudah tidak digunakan lagi.

Nah, bagi kamu yang memiliki barang-barang bekas di rumah dan bingung mau diapakan barang bekas tersebut, alangkah baiknya barang bekas tersebut kamu manfaatkan menjadi kerajinan tangan, contohnya saja seperti kerajinan tangan dari kain flanel, kerajinan tangan dari botol bekas, dan kerajinan tangan dari sedotan .

Daripada kamu membeli kerajinan tangan dengan harga yang mahal, alangkah baiknya kamu membuat sendiri kerajinan tangan tersebut. Selain tidak membutuhkan banyak biaya, yaitu dengan memanfaatkan barang bekas di rumah, membuat sendiri kerajinan tangan dari barang bekas juga memberikan tingkat kepuasan sendiri setelah kerajinan tangan tersebut sudah selesai dibuat.

Untuk itu, artikel ini akan memberikan berbagi macam contoh kerajinan tangan dari barang bekas yang mungkin bisa menjadi inspirasi kamu dalam membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah kamu. Berikut 140 kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membuat kerajinan tangan dari barang bekas.

Hiasan Dinding dari Kepingan CD

icreativeideas.com
icreativeideas.com

Bosan dengan suasana kamar yang begitu-begitu saja! Saatnya kamu memberikan sentuhan seni di dinding kamar kamu agar kamu tidak merasa bosan.

Kamu bisa menghias dinding kamar kamu menggunakan kepingan-kepingan CD bekas. Setelah kamu membuat hiasan dengan kepingan CD bekas, kamu tentu tidak akan merasa bosan lagi dengan suasana kamarmu.

Lampu Hias dari Kepingan CD

earthporm.com
earthporm.com

Untuk menikmati suasana yang romantis, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Cukup dengan sedikit inovasi, kamu bisa merasakan suasana romantis tersebut dengan memanfaatkan kepingan CD bekas. Bagaimana bisa CD bekas menjadikan rumah terasa romantis? Tentu kamu harus membuat lampu hias dengan bahan utama kepingan CD bekas. Dengan lampu hias yang terbuat dari kepingan CD bekas, suasana rumah kamu akan semakin gemerlap dan terasa romantis.

Baca juga : 20+ Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Bisa Kamu Buat Di Rumah

Meja Kaca Hias

earthporm.com
earthporm.com

Jika kamu memiliki meja kaca di rumah, tidak ada salahnya memberikan hiasan pada meja kaca kamu. Dengan memanfaatkan kepingan CD bekas dan sentuhan seni, meja kaca kamu akan terlihat jauh lebih unik dan menarik.

Tas Unik dengan Kepingan CD

earthporm.com
earthporm.com

Mau terlihat modern dan trendy tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang-barang yang brended. Kamu cukup memberikan hiasan pada tas kamu menggunakan kepingan CD bekas, tas kamu akan terlihat sangat unik dan menarik. Tentu orang yang melihat tas kamu yang sudah dihias akan tertarik dengan tas yang kamu miliki.

Tempat Tisu dari CD Bekas

earthporm.com
earthporm.com

Apakah kamu merasa bosan dengan barang yang kamu miliki termasuk tempat tisu di rumah? Jika iya, kamu bisa merubah sedikit barang-barang yang sudah kamu miliki. Jadi, kamu tidak perlu membuang dan membeli barang baru.

Dengan memberikan sedikit sentuhan kreatif, kamu tidak akan merasa bosan lagi dengan barang-barang yang sudah kamu miliki. Sebagai contoh adalah gambar di atas, yaitu tempat tisu diberi hiasan menggunakan kepingan CD bekas. Dengan ini, tempat tisu tersebut terlihat baru di rumah kamu dan kamu tidak akan merasa bosan lagi.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas

Topi Unik dari CD Bekas

earthporm.com
earthporm.com

Ingin tampil beda? Tenang saja. Bagi kamu yang suka mengenakan topi, kamu bisa memberikan hiasan pada topi kamu. Tenang saja. Hiasan yang kamu berikan tidak akan membuat kamu terlihat norak. Justru dengan memanfaatkan kepingan CD bekas yang kamu jadikan bahan untuk membuat hiasan di topi kamu, maka topi kamu terlihat sangat unik dan kamu tampil beda dengan lainnya. Orang yang melihat topi yang kamu kenakan pasti akan tertarik dengan topi kamu tersebut.

Jam Dinding dari Koran Bekas

ggpht.com
ggpht.com

Memang, koran memiliki manfaat, yaitu memberikan informasi terbaru mengenai berbagai hal. Namun, setelah beberapa hari, koran-koran tersebut hanya menjadi tumpukan di rumah dan cukup menggangu. Karena kelihatannya rumah berantakan jika ada koran bekas. Oleh karena itu, manfaatkan koran-koran bekas tersebut menjadi kerajinan tangan.

Salah satu kerajinan tangan yang bisa kamu buat menggunakan koran bekas adalah jam dinding. Cukup menyediakan beberapa bahan yang dibutuhkan, kamu akan memiliki jam dinding yang unik dan menarik yang bisa menambah nilai seni di rumah kamu.

Burung Merak dari Sedotan

drawingforkids.org
drawingforkids.org

Jika diamati gambar diatas, kerajinan tersebut nampak bagus, tapi cukup rumit. Memang, membuat kerajinan tersebut membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Karena kamu harus menyusun ratusan sedotan agar bisa membentuk burung merak.

Selain ketekunan dan kesabaran, kamu juga harus pandai memilih warna yang bagus dan cocok agar kerajinan tangan berbentuk burung merak menggunakan sedotan tersebut nampak cantik dan indah.

Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

d2g0owqzt9gfoh.cloudfront.net
d2g0owqzt9gfoh.cloudfront.net

Memang, stik es krim bukan salah satu barang bekas yang seringkali ada di rumah. Namun, sebagian rumah tentu memiliki bekas stik es krim. Rumah yang terdapat banyak stik es krim adalah rumah yang penghuninya memiliki anak kecil. Karena anak kecil sangat suka dengan es krim.

Nah, jika ternyata rumah kamu banyak stik es krim, alangkah baiknya stik es krim tersebut tidak dibuang, melainkan dijadikan kerajinan tangan.

Salah satu kerajinan tangan yang bisa dibuat menggunakan stik es krim adalah miniatur rumah. Miniatur rumah seperti pada gambar diatas jika dijual memiliki harga yang cukup mahal.

Baca juga : Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel yang Unik dan Menarik Untuk Hiasan Rumah

Bunga Sederhana dari Botol Bekas

recycledreadsaustin.wordpress.com
recycledreadsaustin.wordpress.com

Tidak sulit untuk menemukan kerajinan tangan berbentuk bunga. Karena kerajinan tangan berbentuk bunga ini sangat banyak di pasaran. Berbagai bahan kerajinan tangan berbentuk bunga ini bisa kita temukan. Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan berbentuk bunga adalah botol bekas.

Botol bekas ini bisa kamu manfaatkan menjadi kerajinan tangan berbentuk bunga dengan memotong bagian bawah botol. Lalu, potong menjadi lima bagian untuk dijadikan kelopak bunga. Jangan sampai bagian bawah botol tersebut terputus setelah dipotong menjadi lima bagian.

Agar terlihat lebih bagus, berikan warna pada kelopak bunga tersebut dan agar terlihat mirip seperti bunga, berikan tangkai bunga dan putik dengan menggunakan pita.

Pot Bunga dari Botol Bekas

fabartdiy.com
fabartdiy.com

Salah satu barang bekas seringkali ada di rumah adalah botol bekas air mineral. Jika jumlahnya hanya satu atau dua, hal ini tidak menjadi masalah. Namun, bagaimana jika jumlahnya sangat banyak? Tentu hal ini akan menjadi masalah.

Nah, biasanya yang sering terlintas dibenak kita adalah menjual botol-botol bekas tersebut di tukang rosokan. Namun, tentu saja harga dari botol-botol bekas tersebut sangat murah.

Daripada botol-botol bekas tersebut dijual dengan murah, alangkah baiknya botol-botol bekas tersebut dijadikan pot bunga dengan berbagai warna.

Kamu bisa membuat pot bunga dari botol bekas tersebut. Cara pembuatannya juga cukup mudah, yaitu dengan menyediakan botol bekas, gunting/pisau, dan cat dengan berbagai warna.

Setelah bahan-bahan yang diperlukan sudah dikumpulkan, langkah pertama adalah membentuk botol bekas seperti pada di gambar. Kamu bisa membentuknya dengan memanfaatkan gunting. Selanjutnya, botol tersebut di cat sesuai dengan keinginan kamu. Hasilnya bagus atau tidak tergantung dari tingkat kekereatifan kamu.

Burung Hantu dari Kardus Bekas

bahan-membuat.com
bahan-membuat.com

Selain botol bekas air mineral, barang bekas yang seringkali ada di rumah adalah kardus bekas. Sama halnya dengan botol bekas, kardus bekas juga jika dijual harganya sangat murah. Jadi, sangat disayangkan jika kardus bekas tersebut dijual.

Alangkah baiknya jika kardus bekas tersebut dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan. Salah satu kerajinan tangan dari kardus bekas yang bisa kamu buat adalah burung hantu.

Kerajinan burung hantu dari kardus bekas tersebut bisa kamu jadikan hiasan di rumah dan cara membuatnya juga cukup mudah.

Hal-hal yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan tangan burung hantu dari kardus bekas adalah kardus bekas, gunting/cutter, lem, kelereng, dan cat (opsional).

Setelah bahan-bahan tersebut terkumpul, langkah pertama dalam membuat kerajinan tangan burung hantu dari kardus bekas adalah memotong kardus dengan gunting/cutter menjadi lembaran-lembaran tipis. Gulung lembaran-lembaran tersebut menjadi badan dan mata burung hantu seperti pada gambar di atas. Agar gulungan tersebut tidak copot, lekatkan menggunakan lem. Jika diperlukan, tambahkan kelereng di bagian tengah mata agar terlihat lebih bagus.

Lampu Hias dari Kardus Bekas

arq4design.com
arq4design.com

Selain burung hantu, kardus bekas juga bisa dibuat menjadi tempat lampu. Jika memperhatikan gambar, lampu hias seperti itu cukup mahal harganya jika dijual. Namun, jika kamu memiliki waktu luang, alangkah baiknya membuat sendiri di rumah.

Selain hemat biaya, rumah kamu juga bisa tampak lebih bagus dan indah dengan hadirnya lampu hias seperti itu. Cukup dengan sedikit sentuhan tangan kreatif, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Tempat Aksesoris dari Botol Bekas

wirasejati.com
wirasejati.com

Bingung meletakkan koleksi aksesoris? Takut koleksi aksesorisnya hilang karena tidak memiliki tempat khusus. Tenang saja. Kamu bisa membuat tempat aksesoris kamu menggunakan botol bekas kok. Cara membuatnya juga tidak begitu sulit.

Kamu cukup mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti botol bekas, gunting, mur, dan besi kecil untuk berdiri. Setelah bahan-bahan tersebut terkumpul, kamu bisa langsung memotong bagian bawah botol bekas tersebut. Lubangi bagian bawah tersebut dan gunakan besi untuk menyatukannya. Susun seperti pada gambar di atas.

Tempat aksesoris dari botol bekas sudah bisa kamu gunakan untuk meletakkan koleksi aksesoris kamu. Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika aksesoris kamu hilang. Karena kamu sudah memiliki tempat khusus untuk meletakkan koleksi aksesoris kamu.

Tempat Tisu dari Kaleng Bekas

nyamplungotnay.blogspot.com
nyamplungotnay.blogspot.com

Setelah lebaran, banyak orang yang memiliki kaleng bekas di rumahnya. Kaleng-kaleng tersebut merupakan kaleng bekas jajanan untuk suguhan tamu di hari lebaran.

Nah, biasanya orang membuang kaleng tersebut begitu saja atau dijadikan tempat untuk makanan lainnya. Namun, jika jumlahnya tidak hanya satu, tentu saja dibuang. Karena dijualpun harganya sangat murah.

Bagi kamu yang bingung mau dijadikan apa kaleng-keleng bekas tersebut, alangkah baiknya kamu buat kaleng tersebut menjadi tempat tisu. Daripada membeli tempat tisu dengan harga yang mahal, alangkah baiknya membuat sendiri dengan memanfaatkan kaleng bekas.

Cara membuat kerajinan tangan dari kaleng berbentuk tempat tisu sangatlah mudah. Kamu cukup mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti kaleng bekas, cat, koas, paku, dan palu.

Langkah pertama adalah lubangi tutup kaleng untuk tempat mengambil tisu. Setelah tutup kaleng dilubangi, cat kaleng tersebut sesuai dengan keinginan. Semakin bagus kamu mengecat kaleng tersebut, semakin menarik tempat tisu tersebut. Setelah di cat, jemur kaleng tersebut hingga cat mengering. Tempat tisu dari kaleng bekas sudah bisa digunakan.

Tas dari Sedotan

spirit-boutique.com
spirit-boutique.com

Mungkin tidak ada yang menyangka bahwa tas pada gambar di atas terbuat dari sedotan. Karena jika hanya dilihat saja, tidak terkesan bahwa tas tersebut terbuat dari sedotan.

Hal tersebut menunjukkan kepada kita bahwa barang-barang bekas bisa dijadikan barang mewah dan mahal. Namun, tentu membutuhkan tangan-tangan kreatif dan pengalaman agar barang-barang bekas tersebut memiliki seni yang bisa menjadikan barang bekas memiliki nilai yang tinggi.

Gitar Unik dari CD Bekas

earthporm.com
earthporm.com

Selain berbentuk burung, kepingan CD juga bisa dibuat dengan bentuk gitar. Hal ini sangat menarik bagi kamu yang pecinta musik, apalagi kamu termasuk pemain gitar. Jadi, jika kamu termasuk pemain gitar dan pencinta musik, jangan sia-saiakan CD bekas di rumah kamu berserakan begitu saja. Rubah CD bekas tersebut menjadi kerajinan tangan berbentuk gitar dan jadikan sebagai hiasan di kamar kamu.

Pot Keramik dari CD Bekas

earthporm.com
earthporm.com

Mungkin kamu akan berpikir ulang untuk membuang kepingan-kepingan CD yang berserakan di gudang rumah kamu setelah melihat gambar di atas. Ya, kepingan CD bekas kamu bisa dimanfaatkan menjadi pot keramik. Apalagi jika kamu memiliki keramik atau piring yang sudah pecah dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, tentu kamu bisa jadikan piring atau keramik tersebut menjadi kerajinan tangan yang bisa kamu pajang di rumah dengan memanfaatkan kepingan CD bekas.

Keranjang dari Koran Bekas

kufer.co.uk
kufer.co.uk

Salah satu kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan koran bekas adalah keranjang. Keranjang ini bisa digunakan untuk berbagai macam asalkan tidak untuk barang yang basah-basah.

Membuat keranjang seperti gambar diatas juga membutuhkan ketekunan. Namun pada dasarnya tidak begitu rumit. Kamu cukup menyiapkan koran atau majalah bekas, lem, dan gunting.

Gulung-gulung koran bekas tersebut menjadi banyak. Lalu, susun hingga membentuk keranjang. Agar susunan tersebut kuat, gunakan lem perekat dari satu gulungan ke gulungan lainnya. Jika ingin terlihat lebih bagus, gunakan pewarna untuk menghiasnya dan jemur agar kerajinan tangan dari koran berbentuk keranjang tersebut lebih kuat.

Kalung dari Tutup Bekas

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Jika kamu menginginkan kerajinan tangan yang unik dan kreatif serta terihat bagus degan biaya yang sangat murah, kamu bisa memanfaatkan tutup botol minuman.

Tutup botol minuman ini seringkali dibuang begitu saja. Padahal jika kita sedikit jeli dan memberikan setikit sentuhan kreatif, tutup botol tersebut bisa menjadi kerajinan tangan yang sangat unik.

Kamu bisa membuat tutup botol tersebut menjadi kalung pernak-pernik yang bagus. Cara membuat kalung pernak-pernik dengan tutup botol tersebut cukup gampang. Bahkan kamu bisa membuatnya sendiri tanpa keahlian khusus.
Langkah pertama adalah menyediakan bahan yang dibutuhkan, yaitu tutup botol, rung untuk mengaitkan tali dan tutup botol, pita untuk tali kalung, gambar kartun, paku, dan palu.

Rangkai bahan-bahan tersebut menjadi kalung pernak-pernik yang unik dan menarik. Kalung seperti itu juga bisa kamu jadikan souvenir ulang tahun loh….

Rak dari Kardus Bekas

bintang.com
bintang.com

Jika kamu memiliki kardus bekas di rumah, apa yang akan kamu lakukan degan kardus bekas tersebut? Kebanyakan orang akan membuang kardus bekas tersebut. Padahal kardus bekas tersebut bisa kamu jadikan tempat buku-buku kamu yang seringkali berserakan.

Laptop Stand dari Kardus Bekas

www.mobgenic.com
www.mobgenic.com

Seringkali laptop menjadi sangat panas karena diletakkan di bawah tanpa tatakan. Sehingga, udara panas yang dikeluarkan oleh laptop sulit keluar. Hal ini menjadikan laptop cepat panas dan menyebabkan laptop cepat rusak. Oleh karena itu, perlu diberi tatakan agar laptop tidak cepat panas. Nah, untuk memberikan tatakan ini, kamu tidak perlu beli tatakan laptop yang harganya mahal. Karena cukup memanfaatkan kardus bekas, kamu bisa memiliki tatakan laptop yang unik dan menarik.

Cara membuatnya juga cukup gampang. Kamu hanya perlu menyediakan kardus yang tebal lem, dan gunting/cutter. Potong kardus menyerupai bentuk yang ada di gambar. Lalu, rekatkan dengan lem agar sambungannya jauh lebih kuat.

Celengan dari Kardus Bekas

www.instructables.com
www.instructables.com

Cara yang cukup efektif untuk mengajari anak kecil berhemat dan mau menabung adalah dengan memberikan celengan yang unik dan menarik bagi anak-anak. Oleh karena itu, tidak sedikit ibu-ibu membelikan anaknya celengan dengan berbagai bentuk guna merangsang anak untuk mau menabung.

Nah, agar daya minat si anak lebih tinggi lagi, alangkah baiknya si anak di ajak membuat celengan sendiri di rumah. Dengan membuat celengan sendiri, si anak bisa lebih semangat untuk menabung.

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat celengan adalah kardus bekas. Kamu cukup menyediakan kardus bekas, gunting/cutter, dan tali.

Bentuk kardus bekas menggunakan cutter seperti pada gambar di atas. Buat tekukan agar kardus yang sudah dipotong tersebut bisa menjadi kotak. Jangan lupa juga buatkan lubang untuk tempat memasukkan uangnya. Bentuk kardus seperti pada gambar di atas dan berikan tali di setiap pojok kotak tersebut. Celengan dari kardus bekas bisa kamu berikan kepada si anak dan dengan cara ini, keinginan anak untuk menabung semakin tinggi.

Taplak Meja dari Sedotan

ohrumahminimalis.com
ohrumahminimalis.com

Memiliki taplak meja dari kain itu hal yang biasa. Hal yang luar biasa jika taplak meja kamu terbuat dari sedotan. Loh, kok bisa sedotan dijadikan taplak meja? Nah, itu dia. Jika barang-barang bekas berada di tangan orang-orang kreatif, barang-barang bekas tersebut bisa dijadikan barang yang unik dan mahal. Begitu juga dengan sedotan tersebut.

Sebenarnya, membuat taplak meja menggunakan sedotan bisa dilakukan oleh semua orang. Asal mau belajar dan tekun berlatih. Karena cara pembuatannya juga tidak begitu rumit. So, jika kamu ingin memiliki taplak meja dari sedotan. Coba saja membuat di rumah sendiri. Tentu kamu juga bisa membuatnya sendiri.

Tas Wanita dari Koran Bekas

pinterest.com
pinterest.com

Jika kamu ingin barang-barang yang lebih unik lagi, kamu bisa membuat tas dari koran bekas. Saya jamin tidak ada yang menyamai tas unik kamu ini.

Cara membuatnya juga sangat gampang. Kamu cukup menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti koran bekas, gunting, tali, dan lem. Langkah pertama dalam membuat kerajinan tangan dari koran bekas berbentuk tas adalah dengan melipat-lipat koran bekas membentuk panjang. Setelah dilipat-lipat, gulung-gulung lipatan tersebut menjadi lingkaran. Buat lingkaran tersebut yang banyak.

Agar gulungan tersebut kuat, gunakan lem untuk merekatkannya. Setelah tersedia banyak gulungan koran bekas, kamu bisa menyatukan gulungan-gulungan tersebut membentuk tas. Menyatukannya menggunakan lem dan tali. Gunanya tali ini adalah agar gulungan-gulungan tersebut jauh lebih kuat dan agar terlihat lebih bagus lagi.

Bunga dari Sedotan Bekas

zhahab.blogspot.com
zhahab.blogspot.com

Salah satu bentuk kerajinan tangan yang mudah dibuat dan mudah ditemukan adalah kerajinan tangan berbentuk bunga. Kerajinan tangan berbentuk bunga ini bisa dibuat dengan berbagai bahan, seperti sedotan.
Dengan memanfaatkan sedotan yang berserakan di jalanan, kamu bisa membuat kerajinan tangan berbentuk bunga yang indah dimana bisa kamu pajang di rumah dan menjadi hiasan yang sangat menarik bagi rumah kamu.

Tempat Tisu dari Koran Bekas

candrapambudi86.blogspot.com
candrapambudi86.blogspot.com

Selain dari kaleng bekas, tempat tisu juga bisa dibuat menggunakan koran bekas. Cara membuatnya juga tidak begitu sulit. Hanya membutuhkan ketekunan saja.

Jika kamu tertarik membuat tempat tisu dari koran bekas, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan tersebut antara lain: koran bekas, gunting, dan lem.

Hanya tiga bahan tersebut, kamu bisa memiliki tempat tisu yang unik dan menarik serta hemat biaya. Caranya adalah gulung-gulung koran bekas tersebut. Lalu, susun membentuk tempat tisu. Berikan lem untuk merekatkan gulungan koran tersebut.

Lampu Belajar dari Kardus Bekas

 instructables.com
instructables.com

Jika kamu menginginkan suasana yang berbeda saat belajar, kamu bisa membuat hal yang baru, seperti membuat lampu belajar sendiri dengan memanfaatkan kardus bekas. Namun, tentu saja membuat lampu belajar dengan kardus bekas yang terlihat bagus tidaklah mudah. Karena hanya untuk membuat desainnya saja diperlukan software CAD 123D.

Mainan Labirin dari Sedotan

www.pinterest.com
www.pinterest.com

Sedotan bekas juga bisa dijadikan bahan untuk membuat mainan labirin. Hal ini bisa kamu terapkan di rumah untuk mengisi waktu luang kamu. Sehingga waktu luang kamu bisa bermanfaat dan kamu juga bisa menjadikan labirin buatan kamu sebagai hiasan di kamar tidur kamu.

Bros dari Kain Perca

dessy-deris.blogspot.com
dessy-deris.blogspot.com

Jika kamu seorang penjahit baju atau memiliki family penjahit baju, tentu di rumahnya banyak berserakan potongan kain yang sudah tidak digunakan lagi. Nah, kain-kain tersebut bisa kamu manfaatkan menjadi kerajinan tangan.
Salah satu jenis kain yang cukup bagus digunakan sebagai kerajinan tangan adalah kain perca. Kain pera ini bisa kamu jadikan bahan untuk membuat bross.

Nah, dengan sedikit sentuhan, kain perca tersebut bisa kamu jadikan bros. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk membeli bros. Karena kamu juga bisa membuat sendiri di rumah dengan memanfaatkan kain perca bekas.

Bingkisan dari Botol Bekas

debrianruhut.blogspot.com
debrianruhut.blogspot.com

Bingung mau memberikan bingkisan apa saat hari ulang tahun atau acara besar lainnya? Tenang saja. Kamu bisa memanfaatkan botol bekas menjadi tempat bingkisan yang sangat menarik.

Dengan memanfaatkan botol bekas menjadi tempat bingkisan dan nantinya di isi dengan beberapa barang yang berukuran kecil, maka bingkisan kamu terlihat sangat unik dan tentu orang yang menerima tersebut sangat senang.

Boneka dari Sisa Kain Perca

kerajinantangansip.blogspot.com
kerajinantangansip.blogspot.com

kain perca tidak hanya bisa dibuat bros, namun bisa juga digunakan sebagai boneka. Nah, jika kamu memiliki banyak sisa kain perca yang tidak di pakai kamu bisa menjadikan sisa kain perca tersebut menjadi boneka. Kain perca yang potongannya kecil-kecil dan tidak beraturan bisa dijadikan bahan isian boneka. Sedangkan, kain perca yang masih cukup bagus dan lebar bisa dijadikan cover boneka. Sangat menarik, bukan?

Sandal Hias dari Kain Perca

pondokibu.com
pondokibu.com

Sisa kain perca juga bisa kamu jadikan sebagai alas sendal kamu agar sendal kamu terlihat jauh lebih menarik. Namun, jika kamu menggunakan kain perca sebagai hiasan sandal kamu, perlu diperhatikan agar kamu menghindarkan sandal kamu dari air. Karena lapisan menggunakan kain perca tersebut akan cepat rusak jika terkena air.

Hiasan Rumah dari Sedotan

sarungpreneur.com
sarungpreneur.com

Ingin rumah terlihat bagus dan menarik? Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuat rumah kamu jauh lebih menarik dari sebelumnya. Karena kamu bisa memanfaatkan sedotan sebagai bahan untuk membuat kerajinan yang nantinya bisa menjadi hiasan rumah kamu. Jadi kamu akan menghemat banyak biaya untuk menghias rumah menjadi menarik.

Tempat untuk Mengisi Baterai Ponsel

hacksnavida.com
hacksnavida.com

Jika kamu memiliki tempat botol oli atau karbol toilet, jangan dibuang terlebih dahulu. Karena barang-barang tersebut sangat bermanfaat untuk kerajinan tangan.

Dengan menggunakan tambahan peralatan sederhana, kamu bisa merubah botol oli atau karbol toilet menjadi tempat cas HP yang unik. Cara membuatnya juga cukup mudah. Kamu tentu bisa membuatnya sendiri dengan mengamati gambar di atas.

Boneka Lucu Bekas Pewangi Pakaian

www.imagui.com
www.imagui.com

Botol bekas pewangi pakaian juga bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan. Selain botol bekas pewangi pakaian, botol bekas yang serupa juga bisa digunakan, seperti botol bekas oli, atau botol bekas obat kumur mulut. Botol-botol tersebut dapat disulap menjadi kerajinan tangan dari botol bekas berbentuk boneka lucu. Jadi, dengan memanfaatkan botol-botol bekas tersebut, kamu tidak perlu mahal-mahal membeli boneka di toko. Kamu juga bebas mau membuat boneka seperti apa sesuai dengan karakter kartun kesayangan kamu.

Miniatur Rumah Mini Untuk Kandang Kucing

marthastewart.com
marthastewart.com

Apakah kamu termasuk penyayang kucing dan memiliki kucing peliharaan di rumah? Jika iya, tentu kamu sangat perhatian dengan kucing peliharaan kamu. Nah, salah satu perhatian yang bisa kamu berikan kepada kucing peliharaan kamu adalah dengan membuatkan kandang sendiri.

Bahan yang bisa dijadikan kandang kucing dan bisa menjadikan kandang tersebut terlihat menarik dan unik adalah dengan menggunakan kardus bekas.

Meskipun bahan yang digunakan adalah kardus bekas, bukan berarti murahan. Karena kandang kucing ini justru terlihat sangat unik dan menarik. Sangat beda dengan kandang kucing lainnya.

Lampu Kristal dari Sedotan Bekas

Liputan6.com
Liputan6.com

ingin memiliki lampu kristal mewah tapi dana belum cukup? Tenang saja. Kamu bisa membuat lampu kristal replika kok dan tidak kalah bagus dengan lampu kristal sungguhan. Coba saja lihat gambar di atas. Terlihat bagus bukan lampu kristalnya.

Lampu kristal tersebut sebenarnya terbuat dari sedotan bekas loh. Kok bisa bagus begitu? Tentu saja. Dengan memberikan sedikit sentuhan seni, sedotan bekas yang selama ini berserakan di jalanan bisa disulap menjadi lampu kristal yang tentu saja jika dilihat tidak kalah dengan lampu kristal sunggguhan.

Tempat Pensil dari Botol

boredpanda.com
boredpanda.com

Apakah kamu tipe orang yang suka meletakkan barang sembarangan, termasuk pensil? Jika iya, maka kamu perlu membuatkan tempat untuk barang-barang kamu. Dan, biasanya barang yang seringkali lupa meletakkan, namun fungsinya cukup besar adalah pensil dan pulpen. Oleh karena itu, kamu perlu membuatkan tempat tersendiri untuk pensil kamu.

Salah satu bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat tempat pensil adalah botol bekas. Kamu pasti bisa membuatnya sendiri dengan memperhatikan gambar di atas.

Kerajinan dari CD Bentuk Burung

earthporm.com
earthporm.com

Apakah kamu termasuk orang yang dulunya suka mengoleksi lagu-lagu yang disimpan dalam kepingan CD? Jika iya, maka tentu kamu memiliki banyak sekali CD yang sudah tidak dapat digunakan lagi.

Nah, kepingan-kepingan CD tersebut bisa kamu manfaatkan menjadi kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan kepingan CD adalah kerajinan tangan berbentuk burung.

Dengan mengamati gambar di atas, tentu kamu langsung bisa membuat sendiri di rumah dengan memanfaatkan kepingan CD bekas kamu di rumah dan memanfaatkan peralatan sederhana lainnya.

Kanopi dari Botol Bekas

 

Kamu membutuhkan banyak uang jika kamu membeli kanopi. Namun, kamu akan menghemat banyak uang jika kamu memanfaatkan botol bekas. Ya, botol-botol bekas tersebut bisa dijadikan kanopi yang sangat bagus dan menarik.

Dengan kanopi tersebut, kamu bisa menghemat banyak uang dan tentu saja kanopi kamu bisa menjadi perhatian banyak orang karena terlihat sangat unik.

Lukisan Mozaik dari Tutup Botol

wirasejati.com
wirasejati.com

Jika tutup botol disusun secara rapi dan diberi sedikit sentuhan seni, maka bisa tutup botol tersebut bisa terlihat indah dan enak dipandang. Seperti halnya gambar di atas. Gambar di atas memperlihatkan lukisan mozaik yang terbuat dari tutup botol. Untuk bisa membuat seperti itu, tentu dibutuhkan jam terbang yang tinggi. Selain itu, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya.

Keranjang Tempat Buah dari Stik Es Krim

https://loexie.wordpress.com/
https://loexie.wordpress.com/

Ada beberapa perabotan rumah yang membutuhkan sedikit sentuhan seni agar terlihat lebih bagus. Salah satunya adalah tempat buah.

Tempat buah yang bagus dan menarik sangat cocok dan pantas dijadikan tempat buah untuk suguhan para tamu.
Nah, jika kamu menginginkan hal demikian, kamu tidak perlu mencari di pasaran. Karena kamu juga bisa membuat sendiri di rumah. Cara membuatnya juga sangat mudah.

Kamu cukup meyediakan stik es krim, gunting, dan lem. Langkah pertama adalah susun stik es krim sesuai pada gambar. Kemudian, gunakan lem untuk merekatkannya. Ada bagian tertentu yang membutuhkan stik es krim lebih pendek. Nah, gunakan gunting untuk memotongnya. Keranjang buah dari stik es krim sudah bisa kamu gunakan.

Stik Es Krim Jadi Tempat Lampu

tecnicasdemarcenaria.blogspot.com
tecnicasdemarcenaria.blogspot.com

Selain tempat buah, stik es krim juga bisa kamu manfaatkan menjadi tempat lampu yang sangat menarik. Jika tempat lampu dari stik es krim ini kamu jual, maka harganya bisa ratusan ribu bahkan jutaan.

Hal ini tidak berlebihan. Karena kerajinan tangan dari stik es krim yang berbentuk tempat lampu ini terlihat sangat bagus dan menarik orang yang melihatnya. Tentu orang yang melihat tempat lampu tersebut tertarik untuk memilikinya.

Pot Mini dari Cangkang Telur, Kreatif

mastphotos.com
mastphotos.com

bagi kamu pencinta tanaman, tentu setelah melihat gambar di atas kamu langsung tertarik untuk membuatnya di rumah. Ya, memang sangat menarik sekali pot bunga dari cangkang telur ini. Selain menarik, pot bunga ini sangat unik.

Nah, kamu bisa membuatnya di rumah. Kamu cukup meyediakan cangkang telur, tempat pot, tanaman dan pupuk serta lem untuk merekatkan cangkang telur dengan tatakan di bawahnya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat pot dari cangkang telur adalah kehati-hatian. Karena bagaimanapun cangkang telur gampang sekali pecah. Sehingga kamu perlu hati-hati dan pelan-pelan saat meletakkan pupuk dan tanaman di dalam cangkang telur.

Sedotan yang Disulap Jadi Hiasan Lampu

kerajinantanganbagus.blogspot.com
kerajinantanganbagus.blogspot.com

Tempat lampu tidak hanya bisa dibuat dengan stik es krim dan kardus bekas. Sedotan juga bisa dimanfaatkan menjadi tempat lampu. Tentu diperlukan bahan lain selain sedotan, yaitu rangka besi. Sedotan ini berfungsi untuk penutup dan hiasan agar tempat lampu jauh lebih indah dan menarik.

Ban Bekas Disulap Jadi Pot Ceria

unknown-source
unknown-source

Jika kamu memiliki taman di depan rumah, kamu bisa memanfaatkan ban bekas menjadi pot agar taman kamu terlihat jauh lebih menarik. Ingat, tidak hanya indah di lihat, tapi juga taman depan rumah kamu bisa menjadi menarik.

Cara membuatnya juga sangat gampang. Yang perlu kamu siapkan adalah beberapa ban bekas, tanaman, pupuk, cat, dan koas. Apakah bagus atau tidak tergantung bagaimana kamu mengecat ban bekas tersebut. Jika kamu memberikan beberapa sentuhan seni tidak hanya warna, melainkan gambar atau tulisan tertentu yang berkaitan dengan tanaman, tentu saja pot bunga tersebut terlihat jauh lebih bagus dan menarik.

Kerajinan Tangan Bentuk Bingkai Kaca

earthporm.com
earthporm.com

Kamu juga bisa memanfaatkan kepingan CD bekas menjadi bingkai kaca. Ya, dari pada kepingan CD tersebut kamu buang begitu saja, alangkah baiknya kepingan-kepingan CD tersebut diberi sedikit sentuhan seni menjadi barang yang memiliki nilai tinggi dan memiliki seni yang tinggi pula.

Mainan Anak dari Botol Kemasan

playideas.com
playideas.com

ingin memberikan mainan pada anak? Jika iya, kamu tidak perlu memberikan mainan yang mewah dan harganya mahal. Cukup membuatkan mainan sederhana dengan mengajak anak berkontribusi dalam membuat mainannya akan membuat anak bahagia.

Salah satu mainan yang bisa kamu buat adalah mainan roket. Mainan roket ini bisa kamu buat dengan memanfaatkan botol bekas. Meskipun sangat sederhana, namun hal ini bisa membuat anak menjadi bahagia dan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi.

Tempat Makanan Burung

boredpanda.com
boredpanda.com

Nah, kalau yang satu ini sudah sangat umum. Memang biasanya botol bekas dimanfaatkan untuk tempat makan dan minum burung. Namun, saat ini sudah cukup jarang ditemukan. Karena kebanyakan mereka membeli tempat makan dan minum burung di toko. Padahal hal ini bisa menghemat biaya dan bisa memanfaatkan limbah.

Lampu Geometric dari Kardus

instructables.com
instructables.com

kamu bisa memanfaatkan kardus bekas di rumahmu menjadi tempat lampu seperti pada gambar di atas. Dengan memberikan sedikit sentuhan seni ditambah dengan penggunakan lampu geometri dengan warna-warni, kamu akan memiliki ruangan yang memberikan suasana yang tenang.

Bunga Plastik dari Sedotan

hative.com
hative.com

Daripada membelikan bunga di toko bunga dengan harga yang mahal, lebih baik kamu mencoba membuatnya sendiri untuk pasangan kamu. Kamu bisa memanfaatkan sedotan sebagai bahan utamanya dalam membuat bunga tersebut. Coba saja lihat gambar di atas, tampak bagus bukan bunga dari sedotan tersebut?

Membuat Panah Cinta

honeywerehome.com
honeywerehome.com

Bagi kamu yang tidak tahu bagaimana caranya mengungkapkan isi hati kepada wanita yang kamu cintai, kamu bisa mencoba untuk membuat hiasan panah dari sedotan. Tenang, panah ini tidak berbahaya kok. Panah ini digunakan untuk mengungkapkan isi hati kamu kepada wanita pujaan. Dengan cara ini, mungkin saja wanita pujaan kamu bersedia dan mau menikah denganmu.

Kap Lampu Model Klasik

etsy.com
etsy.com

Ingin memiliki kap lampu yang unik dan memberikan suasana klasik pada ruangan rumah kamu? Tenang saja. Kamu bisa menciptakan hal tersebut dengan memanfaatkan kardus bekas yang ada di rumah kamu.

Dengan sentuhan tangan kreatif, kamu akan mendapatkan apa yang kamu inginkan. Memang, untuk membuat kap lampu model klasik tersebut tidaklah mudah. Namun, kamu bisa mencoba membuatnya dengan melihat gambar di atas atau melihat video tutorial di youtube.

Rak Dinding

magazinuldecase.ro
magazinuldecase.ro

Apakah kamu sering membuang kardus yang ada dibagian dalam lakban? Jika iya, itu hal yang sangat disayangkan. Karena kardus yang berbentuk bulat itu bisa dijadikan rak dinding.

Rak dinding tersebut bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang. Selain itu, rak dinding tersebut akan terlihat sangat unik dan menarik untuk dilihat. Apalagi jika rak tersebut diberi sedikit hiasan agar menambah daya tarik.

Kardus Geometric Sculpture

buzzfeed.com
buzzfeed.com

sebuah seni geometrik dengan berbagai bentuk yang unik bisa kamu ciptakan dengan hanya memanfaatkan kardus bekas. Namun, untuk membuat hal tersebut, kamu membuatuhkan latihan agar yang kamu buat terlihat bagus dan memuaskan.

Rumah Bermain Anak

naiise.com
naiise.com

Yang namanya anak kecil sangat suka sekali bermain. Apapun bisa dijadikan mainan oleh anak kecil. Oleh karena itu, kamu bisa membuatkan rumah bermain bagi anak agar barang-barang lainnya tidak dijadikan mainan.

Jam Analog 2D

cardboard-crafts.blogspot.com
cardboard-crafts.blogspot.com

Jika kamu membutuhkan hiasan untuk dinding rumah kamu, kamu tidak perlu membeli hiasan dinding yang harganya mahal. Dengan cukup memanfaatkan kardus bekas, kamu bisa mendapatkan hiasan dinding yang unik dan menarik. Salah satunya adalah jam analog yang ada pada gambar di atas. Kamu juga bisa menjadikan hiasan jam analog tersebut sesuai dengan fungsinya, yaitu dengan memberikan mesin jam dibagian belakangnya.

Miniatur dari Kardus

oddee.com
oddee.com

Jika kamu bingung untuk memberikan kado kepada teman kamu yang akan melaksanakan acara pernikahan, kamu bisa membuatkan miniatur dengan menafaatkan kardus sebagai bahan utamanya. Teman kamu tentu akan merasa sangat bahagia dengan kado yang kamu berikan itu.

Miniatur Mesin SPBU

declutterorganizerepurpose.wordpress.com
declutterorganizerepurpose.wordpress.com

Jika kamu ingin memberikan edukasi kepada anak-anak, alangkah baiknya dengan memberikan mainan yang memberikan edukasi kepada anak. Hal ini cukup efektif karena anak kecil memang sangat suka mainan. Salah satu mainan edukasi adalah miniatur mesin SPBU.

Untuk membuat miniatur mesin SPBU, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Kamu cukup memanfaatkan kardus dan beberapa peralatan sederhana lainnya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Mainan Robot dari Kardus

gilt.com
gilt.com

Jika kita lihat di toko mainan, mainan robot harganya sangat mahal. Harga mainan tersebut bisa sampai ratusan ribu bahkan jutaan. Padahal, mainan robot-robotan bisa kamu buat sendiri dengan memanfaatkan kardus bekas. Hasil dari mainan robot yang terbuat dari kardus bekas juga tidak kalah dengan mainan yang ada di toko.

Tirai Jendela dengan Bunga

desainer.it
desainer.it

Menghias kamar tidur membuat suasana kamar tidak membosankan. Yang bisa kamu hias adalah jendela yang ada di kamar tidur kamu. Kamu bisa memberikan tirai yang terbuat dari sedotan dan dirangkai dengan ornamen bunga bisa membuat kamar kamu begitu menyenangkan.

Hiasan Bunga dari Sedotan Plastik

mbribik.com
mbribik.com

selain tirai jendela, kamu juga bisa memanfaatkan sedotan sebagai hiasan dinding rumah agar terlihat menarik. Dengan memanfaatkan dua warna yang berbeda dari sedotan, dinding kamu terlihat sangat unik dan menarik. Agar terlihat lebih menarik lagi, kamu bisa memanfaatkan pita dengan berbagai warna untuk hiasan dinding yang terbuat dari sedotan.

Kreasi Lampu Gantung dari Sedotan

montecina.net
montecina.net

Jika kamu memiliki lampu gantung, kamu bisa menghias lampu gantung tersebut dengan sedotan. Tapi, gunakan warna sedotan yang tembus cahaya. Dengan cara ini, maka lampu gantung kamu telihat jauh lebih menarik dan tidak monoton lagi.

Merakit Mainan dari Sedotan

tandapagar.com
tandapagar.com

Saat ini sudah jarang sekali anak kecil membuat mainan sendiri. Mereka lebih suka dibelikan mainan yang ada di toko. Padahal, dulu seringkali anak kecil membuat mainan sendiri tanpa mengeluarkan uang yang besar.

Membuat mainan sendiri juga bisa meningkatkan kecerdasan anak. Karena anak akan berusaha untuk berfikir seperti apa mainan yang diinginkan. Oleh karena itu, sebaiknya ajak anak kecil untuk merakit mmainannya sendiri dengan memanfaatkan sedotan sebagai bahan utamanya. Salah satu mainan yang bisa dibuat adalah mainan yang ada di gambar.

Miniatur Helikopter dai Sedotan

wonderfuldiy.com
wonderfuldiy.com

tidak perlu mahal-mahal membeli mainan halikopter. Karena kamu bisa membuat mainan tersebut sendiri dengan memanfaatkan bahan sederhana, seperti botol, sedotan, dan bola pingpong.

Hal pertama dalam membuat mainan halikopter adalah dengan memotong beberapa bagian dari botol. Lalu, menyatukannya dengan bahan lain menggunakan lem. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar di atas.

Thermometer dari Sedotan

bikinide.com
bikinide.com

tahukah kamu bahwa termometer unik tersebut terbuat dari sedotan? Ya, dengan sentuhan tangan kreatif, termometer tersebut disulap menjadi termometer yang unik dan menarik.

Perahu Rakit dari Sedotan

bloglovin.com
bloglovin.com

Jika kamu memiliki anak dan saat ini memiliki waktu luang, tidak ada salahnya membuatkan mainan untuknya. Dengan membuat perahu rakit dari sedotan, maka dia akan merasa sangat senang. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menyenangkan anak, bukan?

Seruling Musik dari Sedotan

pequeocio.com
pequeocio.com

Percaya tidak bahwa sedotan bisa digunakan untuk membuat seruling? Kamu pasti sebelumnya tidak percaya mengenai hal tersebut. Padahal, sedotan ini ternyata bisa digunakan untuk membuat seruling loh. Kamu cukup menyusun beberapa sedotan, lalu mencocokkan nada agar bunyi yang dikeluarkan sesuai, maka seruling dari sedotan bisa kamu gunakan.

Kupu-kupu Lucu

pequeocio.com
pequeocio.com

Ingin memiliki aksesoris yang murah meriah? Kamu bisa membuat aksesoris berbentuk kupu-kupu di rumah kamu. Dengan memanfaatkan jepitan baju dan sedotan, kamu bisa memiliki aksesoris yang sangat menarik berbentuk kupu-kupu.

Bola Dunia dari Sedotan

ehow.com
ehow.com

Sedotan ternyata juga bisa dikreasikan menjadi bola dunia loh. Meskipun tidak begitu mirip dengan bola dunia sebenarnya, namun bola dunia dari sedotan ini nampak bagus untuk dijadikan hiasan di rumah.

Nah, jika kamu memiliki waktu luang, coba saja membuatnya di rumah untuk mengisi waktu luang kamu dan kamu juga akan memiliki hiasan rumah dengan biaya yang sangat murah.

Hiasan Gantung dari Sedotan

unifyhandmade.blogspot.co.id
unifyhandmade.blogspot.co.id

Jika kamu sudah merasa bosan dengan suasana kamar tidurmu, alangkah baiknya kamu membuat sedikit perubahan dengan kamar tidur kamu tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Caranya bagaimana? Caranya dengan membuat hiasan-hiasan yang dapat di gantung atau di tempel di tembok.

Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membuat hiasan yang murah meriah adalah sedotan. Coba saja kamu perhatikan hiasan dari sedotan yang ada di gambar tersebut. Tampak jauh lebih indah, bukan?

Video Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Lainnya

bisnis kerajinan
pondokibu.com
blogoinformasi.com
blogoinformasi.com
gambarkerajinantangannet.blogspot.com
gambarkerajinantangannet.blogspot.com
www.bisnisborneo.com
www.bisnisborneo.com
Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Pelat Nomor Kendaraan
kerajinantanganmu.blogspot.com
zhahab.blogspot.com
zhahab.blogspot.com
kerajinan tangan kapal layar
keripik.co.id
zhahab.blogspot.com
zhahab.blogspot.com
Kerajinan Tangan
www.youtube.com
Kerajinan
pixabay.com
www.youtube.com
www.youtube.com
kursusjahityogya.blogspot.com
kursusjahityogya.blogspot.com
kursusjahityogya.blogspot.com
kursusjahityogya.blogspot.com
www.youtube.com
www.youtube.com
kerajinantangantutorial.wordpress.com
kerajinantangantutorial.wordpress.com
www.satujam.com
www.satujam.com
kerajinansampahmalang.blogspot.com
kerajinansampahmalang.blogspot.com
www.youtube.com
www.youtube.com
www.teropongbisnis.com
www.teropongbisnis.com
www.youtube.com
www.youtube.com
sinauwerno-werno.blogspot.com
sinauwerno-werno.blogspot.com
infodaurulang81.blogspot.com
infodaurulang81.blogspot.com
www.bisnisborneo.com
www.bisnisborneo.com
wallpart.com
wallpart.com
welcometreeoflife.net
welcometreeoflife.net
edukreatif.com
edukreatif.com
pondokibu.com
pondokibu.com
blogoinformasi.com
blogoinformasi.com
caraqoo.blogspot.com
caraqoo.blogspot.com
www.satujam.com
www.satujam.com
dimas-miniatur.blogspot.com
dimas-miniatur.blogspot.com
www.youtube.com
www.youtube.com
1080.plus
1080.plus
www.youtube.com
www.youtube.com
www.youtube.com
www.youtube.com
www.bisnisborneo.com
www.bisnisborneo.com
www.youtube.com
www.youtube.com
www.satujam.com
www.satujam.com
kerajinantanganbagus.blogspot.com
kerajinantanganbagus.blogspot.com
www.mobgenic.com
www.mobgenic.com
www.satujam.com
www.satujam.com
blogoinformasi.com
blogoinformasi.com
kursusjahityogya.blogspot.com
kursusjahityogya.blogspot.com
kursusjahityogya.blogspot.com
kursusjahityogya.blogspot.com
dessy-deris.blogspot.com
dessy-deris.blogspot.com
happylilheart.blogspot.com
happylilheart.blogspot.com
aghniatailor.wordpress.com
aghniatailor.wordpress.com
www.youtube.com
www.youtube.com
www.satujam.com
www.satujam.com
bisnisukm.com
bisnisukm.com
kursusjahityogya.blogspot.com
kursusjahityogya.blogspot.com
santrigaul.net
santrigaul.net
umkmjogja.com
umkmjogja.com
www.satujam.com
www.satujam.com
www.satujam.com
www.satujam.com
www.youtube.com
www.youtube.com
www.tokopedia.com
www.tokopedia.com
www.beritabaru.info
www.beritabaru.info
liliekriyanto.blogspot.com
liliekriyanto.blogspot.com
www.bisnisborneo.com
www.bisnisborneo.com
www.tokopedia.com
www.tokopedia.com
modelrumahsederhana.xyz
modelrumahsederhana.xyz
www.bisnisborneo.com
www.bisnisborneo.com

Penutup

Nah itulah sedikit banyak kerajinan tangan dari barang bekas ala ruangtanya.com. Semoga bermanfaat sekian..

Leave a Comment