Cara Membuat Slime Tanpa Bahan Berbahaya Beserta Videonya

Cara Membuat Slime – Adakah yang tahu apa itu Slime? Belakangan ini, istilah yang satu ini cukup booming di kalangan anak-anak. Lalu, sebagai orang tua, tahukah Anda apa istilah yang sedang ramai diperbincangkan anak-anak ini?

Jika belum, silahkan ikuti terus uraian artikel berikut ini, Pada kesempatan ini, akan dijelaskan secara detail mengenai apa itu slime dan hal-hal lain yang terkait dengan cara membuat slime. Untuk Anda yang sudah penasaran? Langsung saja simak uraian berikut ini.

Slime adalah sebuah cairan yang pekat dan bertekstur lengket layaknya lendir. Sebelum populer seperti sekarang, slime dulunya hanya ada pada acara-acara istimewa anak, seperti ulang tahun. Mainan anak ini setidaknya mulai populer sebagai sebuah permainan sejak pertengahan 2015. Asal Anda tahu, slime itu berbeda dengan lilin malam. Bahkan keduanya pun dibuat dari bahan-bahan yang berbeda. Pada ulasan ini, selain membahas segala hal terkait slime, akan dijelaskan juga bagaimana cara membuat slime. Simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Murah Membuat Slime dengan Bahan yang Tidak Berbahaya

Pada uraian di atas, telah dijelaskan sedikit mengenai slime. Cairan lengket yang mirip lendir ini adalah mainan anak yang cukup populer belakangan ini. Bagi orang dewasa, mainan anak ini memang terlihat sangat menjijikkan. Akan tetapi, bagi anak-anak, memainkan slime akan membuat mereka menjadi nyaman dan bahagia. Untuk dapat memainkan permainan unik ini, anak Anda tidak perlu menunggu temannya berulang tahun. Cara membuat slime yang akan dijelaskan berikut ini bisa Anda praktikkan untuk membuat slime yang aman dan lucu. Langsung saja simak uraiannya berikut.

Cara Membuat Slime dengan Tepung Kanji

www.youtube.com

www.youtube.com

Tepung kanji atau sering disebut sebagai tepung pati atau tepung tapioka merupakan tepung yang dibuat dari bahan ketela pohon. Tepung jenis ini tersedia di mana-mana dan harganya juga tergolong sangat murah. Saat diseduh air, tekstur tepung kanji lebih lengket dibandingkan dengan tepung biasa.

Oleh karena itu, tepung ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai bahan pembuat slime. Bagaimana cara membuat slime dengan mudah dengan tepung kanji? Lihat penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bahan membuat slime dari tepung kanji adalah siapkan tepung kanji sebanyak 2 gelas tepung, 400 ml air bersih, minyak goreng sebanyak setengah gelas, dan juga pewarna makanan sekitar 2 sendok teh. Cara membuat slime sangat mudah. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan.

Cara bikin slime pertama-tama, siapkan wadah plastik dengan ukuran sedang, bersihkan terlebih dahulu kemudian keringkan. Selanjutnya, masukkan tepung kanji ke dalam wadah kemudian ratakan agar mudah diuleni. Kemudian tuangkan air secara perlahan sambil aduk adonan terus menerus agar tepung tidak menggumpal.

Setelah adonan sudah diaduk dengan rata, kemudian masukkan minyak sayur ke dalam adonan. Aduk kembali hingga merata. Setelah itu, ukur kekentalan adonan, jika dirasa masih terlalu kental, tambahkan sedikit air dan juga tambahkan minyak sayur lagi.

Setelah teksturnya pas, tinggal tambahkan pewarna sesuai dengan keinginan Anda. Masukkan adonan slime ke dalam plastik kemudian ikat dengan kuat sebelum slime digunakan untuk bermain.

Cara Membuat Slime dengan Sabun

www.youtube.com

www.youtube.com

Campuran dari beberapa jenis sabun, detergen, dan tepung terigu ternyata bisa juga dijadikan sebagai bahan membuat slime. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah detergen bubuk sebanyak setengah gelas, sekitar 400 ml air bersih, tepung terigu, 3 sendok makan sabun cuci piring, 3 sendok makan sabun cair anak, dan pewarna makanan sebanyak sekitar 2 – 3 sendok teh.

Cara buat slime sangat mudah, seperti cara yang pertama, Anda perlu menyiapkan wadah plastik kering berukuran sedang. Pada cara kedua ini, wadah plastik yang digunakan adalah wadah yang ada tutupnya. Setelah itu, masukkan detergen bubuk, tepung terigu, sabun cuci piring, dan sabun cair anak lalu aduk hingga merata. Setelah cukup rata, silahkan tuangkan air ke dalam wadah yang berisi adonan. Aduk terus sampai semua bahan rata. Jika masih terlalu kental, tambahkan lagi airnya. Jika terlalu encer, Anda bisa menambahkan tepung terigu. Atur kekentalan slime sesuai selera.

Jika adonan slime ini sudah memiliki tingkat kekentalan yang pas, saatnya Anda memasukkan pewarna makanan yang telah Anda siapkan. Aduk kembali hingga semua bahan membuat slime pewarna menyatu dengan sempurna. Setelah semua rata, tutup adonan tersebut kemudian dinginkan di kulkas dalam waktu 10 – 1 menit. Setelah itu, slime pun bisa dimainkan.

Cara Membuat Slime dengan Susu

santaisaja.net

santaisaja.net

Slime yang satu ini benar-benar terbuat dari bahan yang tidak berbahaya dan bahkan bisa dimakan. Slime yang terbuat dari susu cair dan tepung maizena ini cocok untuk anak-anak balita yang terkadang suka memasukkan makanannya ke dalam mulut. Bahan pembuat slime ini tidak berbahaya sehingga jika termakan pun tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya bagi buah hati Anda. lalu, apa saja bahannya dan bagaimana cara membuat slime?

Cara membuat slime yang bisa dimakan ini sangat mudah. Sebelumnya, silahkan siapkan beberapa bahan berikut ini. Satu kotak susu cair atau susu kental manis yang sudah ditambahkan air. Bahan yang kedua adalah 2 sendok makan tepung jagung atau tepung maizena, bubuk vanili, dan pewarna makanan secukupnya.

cara membuat slime adalah dengan menyiapkan panci berukuran sedang. Masukkan susu cair atau susu kental manis yang sudah ditambahkan air ke dalam panci tersebut, kemudian panaskan di atas kompor dengan api kecil saja. Biarkan sampai sedikit panas, dan jangan sampai mendidih. Tujuan utama merebus susu ini adalah untuk mematikan bakteri yang ada di dalam susu. Hal ini disebabkan oleh slime kemungkinan besar akan termakan oleh balita Anda, sehingga harus steril.

Setelah susu sedikit panas, silahkan tambahkan bubuk vanili ke dalam adonan. Aduk terus agar tidak menggumpal. Kemudian tambahkan tepung maizena dan aduk terus sampai rata. Sama seperti cara membuat slem di atas, atur sendiri tingkat kekentalan tepung ini.

Jika masih kurang kental, silahkan tambahkan tepung maizena. Setelah adonan sedikit mendidih, angkat adonan dan dinginkan. Setelah dingin, baru masukkan pewarna makanan yang telah disiapkan tadi. Aduk kembali sampai warna merata.

Terakhir, simpan adonan di dalam wadah yang tertutup. Cara membuat slime dengan bahan susu dan tepung maizena ini sangat mudah bukan? Selanjutnya, agar susu tidak rusak, upayakan slime ramah lingkungan ini tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Cara Membuat Slime dengan Tepung Maizena

www.youtube.com

www.youtube.com

Jika kebetulan Anda tidak memiliki susu untuk membikin slime yang bisa dimakan, bahan tepung maizena pun bisa diandalkan untuk membikin slime. Cara membuat selm ini hampir sama dengan ketika buat slime menggunakan tepung kanji. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 475 ml minyak sayur, 175 ml tepung maizena, gabus berukuran 15 x 5 cm dan pewarna makanan secukupnya.

Cara membuat slime ini terdiri dari beberapa langkah. Langkah pertama, masukkan tepung maizena dan juga minyak sayur ke dalam baskom sedang sambil diaduk sampai rata. Kemudian masukkan adonan bakal slime ini ke dalam kulkas selama setidaknya 24 jam.

Kemudian langkah kedua, setelah 24 jam, keluarkan adonan dan letakkan ke ruangan yang memiliki suhu norma. Setelah sekitar 1 – 2 menit adonan keluar dari kulkas, akan tampak adonan yang tidak menyatu. Aduk kembali adonan sampai rata dan menyatu.

Tambahkan pewarna makanan secukupnya. Aduk kembali sampai warna merata. Setelah itu, siapkan gabus yang telah digosok-gosokkan ke karpet. Tuangkan adonan ke gabus tadi. Adonan slime sudah siap untuk digunakan.

Berbeda dengan cara-cara yang lainnya, cara yang satu ini memiliki kelemahan. Kelemahannya adalah slime yang telah dihasilkan tidak dapat awet alias cepat pudar.

Cara Membuat Slime dengan Bahan Lem

Lem Povinal

www.ytv.com

www.ytv.com

Slime yang satu ini dibuat dari bahan dasar lem povinal. Lem povinal sendiri merupakan salah satu jenis lem yang dipakai untuk merekatkan kayu. Bahan dasar lem ini adalah tepung kanji yang telah dicampur dengan bahan gom. Oleh karena itu, jika Anda malas membikin slime dengan bahan tepung kanji seperti yang telah dijelaskan di atas, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan lem povinal.

Cara membuat slime dengan bahan lem povinal adalah sebagai berikut. Pertama-tama, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah 5 lem povinal, seperempat gelas air bersih, ragi roti, dan pewarna makanan.

Kedua, cara membuat slime dimulai dari menyiapkan wadah berukuran sedang, pastikan wadah ini kering dan bersih. Setelah itu, masukkan bahan dasar slime, lem povinal dengan baking powder ke dalam wadah dan aduk sampai semua bahan rata.

Tuangkan perlahan air bersih ke dalam adonan dan aduk terus sampai rata. Kira-kira sendiri tekstur dari slime ini. Tingkat kekentalannya bisa disesuaikan dengan selera Anda. Setelah tingkat kekentalan pas, selanjutnya taburkan pewarna makanan ke dalam adonan.

Aduk terus sampai warnanya rata dan menyatu dengan adonan slime. Silahkan cek lagi tingkat kekentalannya, apakah sudah sempurna atau belum. Pastikan kekentalan slime sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah adonan selesai, masukkan adona ke sebuah wadah tertutup. Sebelum digunakan, diamkan adonan selama setengah jam. Adonan slime akan mengembang setelah 30 menit. Slime pun sudah bisa dibuat main oleh buah hati Anda. Cara membuat slime dengan menggunakan lem sangat bagus.

Lem UHU

www.youtube.com

www.youtube.com

Lem UHU menjadi salah satu lem yang cukup akrab dengan masyarakat. Lem UHU ternyata bisa juga dijadikan sebagai bahan utama untuk buat slime. Dengan lem UHU, Anda bisa sedikit menghemat bahan karena hanya menggunakan satu buah lem UHU saja. Beda dengan lem Povinal yang harus lima buah. Langsung saja simak bagaimana cara membuat slime dengan lem UHU berikut ini.

Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan untuk cara membuat slime dengan menggunakan lem adalah Lem UHU satu buah, pewarna makanan, dan sabun cuci piring yang cair sekitar 10 sendok makan. Siapkan wadah baskom kering untuk buat slime.

Cara membuat slime adalah dengan memasukkan lem uhu, sabun cuci piring, dan pewarna makanan ke dalam satu wadah yang telah anda siapkan tadi. Aduk terus hingga lem mengental dan terlihat terpisah dengan sabun cuci piring.

Jika sudah seperti ini, slime sudah setengah jadi. Ambil adonan slime tersebut kemudian peras dengan lap kering atau tisu kering. Hal ini bertujuan agar cairan lengket dari sabun cuci piring yang belum tercampur dapat hilang. Hasilnya, slime akan nyaman ketika dimainkan.

Setelah itu, silahkan cek adonan slime yang telah Anda buat dengan cara menekan-nekan dan menariknya. Kalau slime bisa ditekan dan ditarik, berarti slime dari lem uhu ini telah berhasil dibuat dan hasilnya pun maksimal. Buah hati Anda pun bisa memainkannya.

Lem Fox PVAC

www.youtube.com

www.youtube.com

Jika Anda ingin sebuah slime yang kenyal dan strachy, bahan yang Anda perlukan adalah lem FOK PVAC. Lem ini termasuk satu-satunya bahan terbaik untuk buat slime. Bahkan, lebih baik jika dibandingkan dengan lem povinol dan lem UHU. Tak hanya itu, Lem Fox PVAC juga aman untuk anak-anak karena tidak menggunakan activator. Cara membuat slime dengan Lem Fox PVAC akan dijelaskan pada uraian berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah lem fox putih sebanyak 3 sendok makan, air bening sebanyak 3 sendok teh, obat tetes mata, ragi roti satu sendok teh, baby oir sebanyak seperempat sendok teh, sabun cair sebanyak seperempat sendok teh, dan juga pewarna makanan.

Cara membuat slime sangat mudah. Video cara membuat slime pun banyak tersebar di internet. Pertama, masukkan lem fox putih dan air ke wadah toples atau wadah baskom kering yang sudah disiapkan. Aduk hingga lem dan air menyatu.

Kemudian masukkan ragi roti dan aduk terus hingga bahan-bahan tercampur semua. Setelah itu, masukkan juga obat tetes mata sebanyak 8 tetes kemudian sabun cair, dan pewarna makanan secukupnya. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur sempurna.

Setelah semua bahan tercampur, tingkat kekenyalan adonan slime akan terlihat. Silahkan tekan-tekan lagi adonan, jika sudah strachy, tambahkan lagi baby oil ke dalam adonan dan aduk terus hingga merata. Setelah jadi, silahkan masukkan slime ke wadah yang tertutup kemudian simpan adonan selama 30 menit sebelum dimainkan.

Manfaat Slime untuk Anak-Anak

Mainan yang terasa menjijikkan, tetapi disukai anak ternyata memiliki beberapa manfaat yang cukup baik bagi tumbuh kembang buah hati tercinta Anda. Mainan ini bisa merangsang otak anak untuk bekerja lebih kreatif dan lebih baik. Dalam hal ini, manfaat slime bisa disebutkan dengan beberapa poin berikut.

  1. Slime dijadikan sebagai sarana penyaluran emosi anak.
  2. Membuat anak-anak merasa lebih senang dan bahagia.
  3. Meningkatkan konsentrasi.
  4. Sebagai sarana ekspresi anak.
  5. Sebagai sarana pelepas bosan dan jenuh.
  6. Membuat anak lebih kreatif.

Banyaknya manfaat tersebut memaksimalkan buah hati Anda dalam tumbuh kembangnya. Cara membuat slime pun sangat mudah dan bisa Anda buat sendiri di rumah.

Cara Menyimpan Slime

Setelah menguraikan beberapa cara membuat slime di atas, saatnya Anda mengetahui bagaimana cara menyimpan slime yang baik. Pada dasarnya, mainan ini memang bisa digunakan berkali-kali selama disimpan dengan baik. Slime yang sudah tidak dimainkan sebaiknya dimasukkan ke dalam wadah tertutup agar nantinya bisa dimainkan kembali. Jika tidak ditempatkan di wadah tertutup, slime akan mudah rusak.

Video Cara Membuat Slime

Demikian uraian lengkap mengenai cara membuat slime dengan berbagai bahan. Untuk lebih jelasnya, Anda pun bisa melihat video cara membuat slime yang ada di Youtube. Semoga uraian ini bermanfaat untuk Anda. Baca juga artikel kami lainnya, seperti Sholat Tahajud, Collaskin, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>