Daftar Lengkap Makanan Kucing Peliharaan Beserta Harganya

Makanan Kucing – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat sering kita jumpai di berbagai rumah. Karena wajahnya yang imut juga bulunya yang disukai para pecinta kucing menjadikan hewan ini sering ada diberbagai rumah. Tapi ada juga jenis kucing jalanan.

Biasanya kucing yang ada dijalan-jalan bentuk dan bulunya sangat jelek. Karena kucing-kucing ini tidak terawat dan tidak mendapatkan makanan yang bagus untuk asupan tubuh mereka. Maka dari itulah bila kamu menginginkan kucing peliharaanmu tetap sehat dan memiliki bulu yang bagus, kamu harus memberikan makanan yang tepat pula bagi kucingmu.

Makanan bagi kucing sangat penting sekali. Bila kita memberikan makan yang salah bagi kucing, bisa jadi kucing tersebut akan mengalami sakit, alergi, stres dan lain-lain. Kamu harus memberikannya makanan yang baik, entah itu makanan alami ataupun makanan buatan pabrik. yang terpenting adalah kesehatan kucing kita sendiri.

Setidaknya kandungan dari makanan kucing yang akan kita berikan kepada kucing peliharaan kita adalah memiliki unsur lengkap nutrisi. Supaya kucing kita tetap sehat dan lincah. Makanan kucing harus mengandung beberapa komposisi seperti vitamin A , E+C , omega 3&6 , calcium dan fosfor.

  1. Vitamin A dan minyak ikan yang bagus untuk kucing dapat mempertajam pengelihatan kucing, menyehatkan kulit, dan juga bagus untuk kekebalan tubuh kucing.
  2. Vitamin E+C dan minyak sayur yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  3. Omega 3&6 terdapat pada kucing telur, minyak ikan dan flaxseed dapat memperindah dan mencegah kerontokan pada rambut kucing.
  4. Calcium yang terdapat pada daging ayam, daging domba dan ikan juga bermanfaat menjaga tulang dan gigi agar tetap sehat.
  5. Fosfor yang terdapat pada daging ayam dan kuning telur bermanfaat untuk membantu gigi, tulang dan sel otot selalu bekerja dengan baik.

Makanan kucing yang akan kita berikan pun tidak sembarangan. Pikiran yang terpenting kucing kita sudah makan harus pergi jauh-jauh. karena beberapa makanan tidak boleh diberikan kepada kucing. Seperti nasi putih, gandum dan jagung.

Makanan-makanan ini dapat membuat kucing obesitas, karena mengandung banyak zat gluten. Adalagi seperti kentang dan umbi-umbian. Dapat mengakibatkan kucing terkena penyakit gula darah, karena mengandung zat glesemik yang tinggi.

Nah, sebaiknya kita beri makanan pada kucing kita berupa makanan dari pabrik. karena makanan dari pabrik sudah terkandung berbagai nutrisi yang baik bagi kucing kita. Kita juga harus tau makanan pabrik yang mana yang cocok bagi kucing kita. Karena ada berbagai macam makanan pabrik. Jadi bila kamu kayang pada kucing kamu maka pilihlah makanan yang baik bagi kucing kamu.

Makanan pabrik terbagi menjadi dua, yaitu makan basah dan kering. Kedua makanan ini berbeda dari isi, bentuk dan nutrisi. Mari kita simak penjelasannya.

Makanan Basah

wawashahab.blogspot.com

wawashahab.blogspot.com

Makan basah adalah makanan yang didapat dari olahan daging yang berkualitas tinggi dan pengolahannya yang ditumbuk sehingga menjadi sebuah bubur. Makanan ini sudah dipastikan steril dan bagus untuk kucing.

Makanan ini mengandung kadar air yang tinggi dan berbagai vitamin juga protein yang dapat mengurangi masalah buang air kecil, gagal ginjal, obesitas, sembelit juga diabetes pada kucing. Makanan ini berupa jenis makanan kaleng. Makanan ini juga tidak mengandung zat pengawet. Tapi kamu harus menyimpanya didalam lemari es, karena makanan basah mudah sekali basi. (Baca juga: Kucing Persia)

Kandungan air makanan basah hingga 78%, hal ini membuat kucing hanya memerlukan sedikit asupan air. Karena makanan basah sudah memenuhi kebutuhan air si kucing.

Makanan Kering

id.wikipedia.org

id.wikipedia.org

Makanan kering juga tidak kalah dengan makanan umum dan makanan kemasan. Kelebihan dari makanan kering adalah mengandung karbohidrat yang baik dan sedikit protein. Makanan kering juga tidak meninggalkan sisa makanan Pada mulut kucing sehingga baik dikonsumsi untuk kesehatan mulut dan gigi kucing. Dan perlu kamu tahu, makanan kering mengandung sedikit air yaitu 10% saja. Jadi kamu harus memberikannya extra untuk si kucing.

Nah berikut adalah makanan-makanan yang baik untuk kucing. Pilih mana makanan yang cocok bagi kucing kamu.

Royal Canin

www.tokopedia.com

www.tokopedia.com

Makanan kucing royal canin ini memiliki reeputasi yang bagu. Banyak dokter hewan merekomondasikan makanan ini untuk para kucing. Hal ini karena makanan jenis ini dapat mencegah kerontokan pada rambut kucing. Sangat baik untuk jenis kucing persia ataupun jenis kucing anggora. Makanan ini juga dipercaya mampu menjadikan bulu kucing semakin halus dan lebat. Royal canin memiliki berbagai jenis varian. Jadi perhatikan bungkusnya bila kamu ingin membeli makanan ini karena ada yang untuk jenis kucing anggora, kucing persia dan kucing domestik. Harga untuk makanan ini cukup mahal, tapi itu sebanding dengan kualitas makanan ini.

Harga Royal Canin

  1. Royal canin 30 – 900gr = 95.000 ( repack )
  2. Royal canin 32 – 900gr = 95.000 ( repack )
  3. Royal canin 30, 33 dan 36 dengan berat 2 kg = 200.000 ( fresh pack )
  4. Royal canin 30, 33 dan 36 dengan berat 400 gram = 50.000 ( fresh pack )

Pro Plan

Pro Plan

Pro Plan

Kalau kamu suka kucing yang bertubuh gemuk, maka makanan ini cocok bagi kucing kamu. Karena isi kandungan makanan pro plan ini dapat meningkatkan berat badan kucing. Para dokter hewan juga menyarankan mengonsomsi makanan ini bagi kucing kurus.

Kucing peliharaanmu akan bertambah bobotnya 1 kg mengonsumsi makanan ini selama dua minggu. Bila kamu ingin memiliki kucing yang gemuk maka selalu beri makanan ini dengan rutin. Untuk harganya makanan ini cukup mahal. Tapi masih lebih murah bila dibandingkan dengan royal canin.

Kucing juga sangat senang dengan makanan ini karena oramanya yang memikat. Tidak ada salahnya kamu mencoba makanan ini untuk kucing peliharaanmu bila ingin kucing mu gemuk.

Harga Pro Plan

  1. Proplan kitten berat 3 kilogram = 270.000
  2. Proplan adult berat 7 kilogram = 530.000
  3. Proplan adult berat 3 kilogram = 280.000

Friskies

www.tokopedia.com

www.tokopedia.com

Selanjutnya adalah makanan friskies. Makanan ini cukup murah dibanding royal canin dan pro plan. Tapi tidak semua kucing cocok dengan makanan ini. Biasanya kucing kamu akan mengeluarkan kotoran yang lembek bila tidak cocok dengan makanan ini. Jadi coba beberapa kali dulu bila ingin memberikan makanan ini pada kucing kamu. Perhatikanlah apakah kucing kamu cocok atau tidak jika memakan makanan ini. Kalau kucing kamu cocok dengan makanan ini, kamu dapat melanjutkannya. Lumayan untuk menghemat uang karena harga makanan ini sangat terjangkau.

Harga Friskies

  1. FRISKIES Kitten Berat 1,5 Kilogram = 70.000
  2. FRISKIES Adult Tuna/Ocean Fish/Gourmet Berat 1,5 Kilogram = 70.000
  3. FRISKIES Wet Food Berat 400 Gram = 20.000

Whiskas

mahardikapetshop.blogspot.com

mahardikapetshop.blogspot.com

Banyak para pecinta kucing mengeluh karena kucingnya tidak cocok diberikan jenis makanan merk ini. Kucing yang tidak cocok dengan makanan ini kotorannya akan menjadi encer. Sama halnya dengan makanan friskies, makanan ini cocok-cocokan pada kucing.

Oleh sebab itu, kalau kamu ingin memberikan makanan ini kepada kucing kamu, maka berilah beberapa kali terlebih dahulu, untuk mengetahui apakah kucing tersebut cocok atau tidak dengan makanan ini. Dan jika makanan merk ini cocok untuk kucing kamu, kamu bisa meneruskannya.

Harga Whiskas

  1. WHISKAS Junior Berat 1,5 Kilogram = Rp. 70.000
    WHISKAS Adult Berat 1,5 Kilogram = Rp. 70.000

Me-o

kucingcomel2016.blogspot.com

kucingcomel2016.blogspot.com

Ada lagi makanan kucing yang tidak semua kucing doyan memakannya. Kucing yang yang tidak cocok dengan makanan ini akan mengalami alergi. Kucing akan sering garuk-garuk tubuhnya. Karena itu, para pecinta kucing jarang sekali memberikan merk makanan jenis ini pada kucing peliharaannya.

Harga Me-o

  1. Me-O Persian Berat 1.5 Kilogram = 70.000
  2. Me-O Adult Tuna/Chiken/Beef/ Berat 1.5 Kilogram = 65.000
  3. Me-O Kitten Berat 1,5 Kilogram = 63.000
  4. Me-O Tuna Berat 7 Kilogram = 280.000

MAXI

radiokucing.blogspot.com

radiokucing.blogspot.com

Maxi adalah salah satu makanan kucing premium dengan harga yang relatif murah, komposisi pada maxi diclaim mempunyai protein 32% juga mempunyai omega 3 dan 6. Maxi premium cat food berbentuk biskuit. Makanan kering dengan rata-rata diameter yang cukup kecil dengan komposisi ikan tuna. Selain itu kemasan pasaran maxi juga dapat dibeli dengan repack. Harga untuk maxi ukuran 500gram adalah Rp.15.000 cukup murah bagi kalian yang ingin membeli ketengan.

Equilibrio

www.tokopedia.com

www.tokopedia.com

Makanan ini merupakan makanan kucing yang bagus untuk kucing kamu yang memiliki masalah pada bau pup. karena makanan ini mempunyai fungsi untuk menetralisir bau. Makanan ini mempunyai komposisi seperti protein 35%, lemak 20%, serat 2,7%, kalsium 1,2%, fosfor 1%. Selain berfungsi untuk menetralisir bau pup, equilibrio juga memiliki berfungsi untuk membuat kucing kalian bertambah gemuk dari sebelumnya. Meskipun hal ini sebenarnya bukan kondisi ideal kucing.

Note: Tidak semua kucing peliharaan cocok dengan merk makanan kucing diatas. Kamu perlu menyeleksi makanan apa yang cocok untuk kucing peliharaan kamu di rumah.

Selain merk makanan di atas, kamu juga bisa memberikan malanan lainnya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh kucing.

Keju

bisnisukm.com

bisnisukm.com

Tak hanya manusia saja yang menyukai keju, kucing juga suka dengan makanan ini. Jenis kucing yang paling banyak dijumpai atau paling banyak yang menyukai keju adalah kucing persia. Sebagian besar kucing persia sangat menyukai keju, namun hal ini tidak semuanya. Karena ada juga kucing persia yang tidak menyukai keju.

Kucing persia yang tidak menyukai makanan tertentu, seperti keju, kemungkinan ada masalah pada pencernaan kucing tersebut. Kucing yang memiliki masalah pada pencernaannya ditandai dengan seringnya mencret saat makan-makanan yang tidak cocok.

Ikan

simonkusayang.blogspot.com

simonkusayang.blogspot.com

Makanan yang cukup populer selain makanan kemasan adalah daging ikan. Daging ikan ini termasuk makanan yang paling banyak disukai oleh kucing. Apalagi kucing kampung, paling suka dengan daging ikan.

Bagi kamu yang memiliki kucing peliharaan, khususnya kucing persia, kamu bisa memberikan makanan ini pada kucing kamu. Namun, jangan terlalu sering memberikan makanan ini. Jika kamu terlalu banyak memberikan makanan daging ikan pada kucing peliharaan kamu, maka kebutuhan kucing terhadap vitamin E tidak bisa terpenuhi dengan baik. Karena ikan lebih cenderung pada kandungan protein dan asam amino yang tinggi. Sebaiknya, berikan seminggu 2 kali saja untuk menjaga keseimbangan gizi pada kucing peliharaan.

Daging

www.cattery.co.id

www.cattery.co.id

Sebagai hewan karnivora, daging termasuk makanan yang sangat cocok bagi kucing kamu. Dengan memberikan daging pada kucing, biasanya kucing akan lebih aktif dan tingkat nafsu makan kucing akan meningkat.
Untuk mepermudah kucing dalam memakan daging, potong kecil-kecil daging dan daging yang paling disukai kucing adalah daging sapi, daging kelinci, dan daging ayam.

Cara Memberi Makan Kucing

www.kangtips.com

www.kangtips.com

Setelah membahas mengenai makanan apasaja yang bisa diberikan kepada kucing peliharaan kita, baik makanan pabrik maupun makanan alami, saatnya membahas mengenai bagaimana cara memberi makan kucing peliharaan dengan baik dan benar. Hal ini diperlukan agar kucing peliharaan dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Penjadwalan Harian untuk Memberi Makan Kucing Peliharaan

Kucing dewasa dengan berat kurang lebih 5 Kg, membutuhkan energi dari makanan sekitar 300 kalori. Sebaiknya perhatikan dengan baik kandungan kalori yang berada pada kemasan makanan kucing dan tentukanlah jumlah makanan tersebut. Supaya dapat mencukupi asupan kalori selama satu hari. Dan bagi pada kucing tersebut untuk satu hari 2-3 kali.

Sebagai patokan kita dapat menghitung dari berat kucing kita. Pada umumnya setiap hari kucing memakan makanannya sekitar 2% dari jumlah bobot badannya. Oleh karena itu jika berat kucing 5 Kg, maka makanan yang di perlukan untuk kucing hanya sekitar 2% x 5 Kg yaitu sebesar 100gr/ hari.

Dengan hal ini dalam pemberian jadwal makanan kucing, maka pastikanlah juga umur serta kedewasaan kucing tersebut. Bagi kucing yang di bawah 8 bulan dan di atas 2 bulan sebaiknya di beri makan 2 x sehari pada pagi dan sore hari. Dan bagi kucing dewasa atau 8 bulan selebihnya sebaiknya 3 x sehari pada pagi, siang dan sore hari.

Lebih Baik Menggunakan Makanan Basah Atau Kering ?

Terkadang orang yang baru memelihara kucing, bingung dalam memberikan makanan apa yang bagus untuk diberikan kepada kucing peliharaannya. Apakah makanan basah atau makanan kering yang bagus untuk kucing peliharaan? Pertanyaan tersebut sering terlintas dibenak para pecinta kucing.

Pada dasarnya, makanan basah maupun makanan kering cukup bagus bagi kucing peliharaan. Karena kedua jenis makanan tersebut memiliki manfaat masing-masing bagi kelangsungan hidup kucing peliharaan.

Makanan basah bisa kamu berikan dengan campuran daging yang masih segar sebagai hidangan utama kucing peliharaan kamu. Makanan basah ini sangat cocok untuk anakan kucing karena makanan basah memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Kandungan lemak tersebut sangat dibutuhkan oleh anakan kucing.

Jika kucing sudah besar, sebaiknya kurangi pemberian makanan basah. Karena pada usia tersebut, kucing lebih membutuhkan protein dan kadar serat. Maka, makanan kering lah yang cocok diberikan pada kucing yang sudah dewasa.

Karena makanan kering digunakan untuk merawat usus dan meminimalkan hair balls pada kucing.
Komposisi makanan kucing yang bagus adalah perpaduan dari campuran tiga makanan yang disukai kucing, yaitu aroma makanan yang mengundang selera kucing, baik untuk kesehatan kucing, dan mengandung serat tinggi.

Kalau Memberi Makan Itu Jangan Dipaksakan

Terkadang, pemilik kucing “memaksa” hewan peliharaannya untuk makan guna mendapatkan tubuh kucing yang gemuk dan montok. Meskipun menginginkan kucing yang montok, namun harus tetap memperhatikan pola makan teratur agar kucing peliharaan tetap sehat.

Takaran untuk pemberian makan kucing adalah 1 pon berat badan. Kucing membutuhkan satu ons makanan saja pada tahun pertama dan setelahnya akan dikurangi sampai pada angka 0,9 atau o,8 ons per satu pon berat badan.

Anakan Kucing Susah Makan, Bagaimana Ya?

Biasanya, pemilik kucing akan khawatir jika anakan kucing kesayangannya tidak mau makan atau susah makan. Hal ini pada dasarnya sangat wajar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Karena terkadang anakan kucing tidak memiliki nafsu makan, terkadang pula anakan kucing nafsu makannya meningkat.

Yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan makanan dalam mangkuk setiap saat agar anakan kucing makan ketika lapar. Jika anakan kucing masih tetap tidak mau atau nafsu makannya menurun dalam beberapa hari, kamu bisa membawanya ke dokter hewan.

Gunakan Mangkok yang Berukuran Besar untuk Menaruh Makanan Kucing

Untuk mempermudah kucing dalam makan dan demi kenyaman kucing, sediakan makanan pada mangkok yang besar. Karena kucing akan merasa kurang nyaman dan sulit untuk makan jika makanannya diletakkan pada mangkok yang kecil. Apalagi jika kucing yang dimilikinya termasuk kucing yang memiliki ukuran kepala yang besar, seperti kucing persia.

Posisikan Makanan Kucing Berada Ditengah Mangkok

sering ditemui kucing tidak menghabiskan makanan yang diberikan. Biasanya, makanan yang tersisa tersebut berada di samping mangkok. Hal ini bukannya kucing tidak mau menghabiskan atau nafsu makan menurun, namun kucing menganggap makanannya sudah habis atau tidak tahu bahwa dibagian samping mangkok masih tersisa makanannya. Oleh karena itu, letakkan makanan di bagian tengah mangkok agar kucing menghabiskan makanannya.

Kucing Suka Makanan yang Beraroma

Sudah kebiasaan kucing jika mau makan, maka makanan yang diberikan akan dicium terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui makanan apa yang diberikan.

Selain itu, nafsu makan kucing juga akan meningkat ketika makanan yang diberikan memiliki aroma lezat. Jika kamu menggunakan makanan kemasan untuk kucing kesayangan kamu, pilihlah makanan yang memiliki aroma lezat dan jangan lupa juga untuk menyimpan makanan kucing dengan baik agar aroma pada makanan tersebut tidak menguap.

Manfaatkan Lagi Dryfood yang Tidak Dimakan Oleh Kucing

Terkadang kita terlalu banyak memberikan makanan pada kucing. Akibatnya adalah makanan yang sudah kita berikan tidak dihabiskan. Permasalahannya adalah kucing tidak doayan lagi makanan sisa. Karena aroma pada makanan sudah hilang.

Dalam kondisi demikian, jangan terburu-buru membuang makanannya, karena makanan tersebut bisa dijadikan makanan basah dengan memberikan air panas pada makanan sisa tersebut. Dengan memberikan air panas, aroma makanan tersebut tercium kembali oleh kucing dan kucing mau untuk memakannya lagi.

Pilihlah Jenis Makanan Sesuai Kondisi Kucing

Jika kita salah memilih makanan untuk kucing peliharaan, maka masalah akan muncul pada kucing. Bisa saja nafsu makan kucing akan menurun, kucing akan kekurangan gizi, bahkan kucing juga bisa terkena penyakit, seperti mencret. Oleh karena itu, berikanlah makanan yang disukai oleh kucing peliharaan kamu.

Permasalahan makanan ini memang sangat rumit. Karena setiap kucing memiliki selera makan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk mengetahui makanan apa yang disukai dan cocok untuk kucing peliharaan, perlu dilakukan percobaan dalam memberikan makanannya.

Kucing Lebih Suka Makan Sedikit Demi Sedikit

Jika kamu termasuk orang yang baru saja memiliki kucing peliharaan dan sebelumnya belum pernah merawat kucing, maka jangan khawatir jika kucing peliharaan tidak menghabiskan makanannya langsung. Karena tipe makan kucing adalah makan dengan diselingi bermain dan akan makan lagi setelah bosan bermain. Oleh karena itu, usahakan memberikan makanan yang cukup saja pada jam makan kucing agar tidak banyak makanan yang sisa.

Video Makanan Kucing

Kami rasa pembahasan mengenai jenis makanan dan cara memberikan makan kucing diatas cukup lengkap untuk sobat pecinta kucing. semoga bermanfaat..

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>