9 Makanan Ikan Arwana Terbaik dan Waktu yang Tepat Memberi Makan

Makanan Ikan Arwana – Ikan hias adalah ikan yang sering dipelihara oleh para pecinta ikan. Biasanya para pecinta ikan hias menyukai ikan karena kecantikan pada bagian sisik ikan ikan tersebut. Juga yang membuat ikan hias mahal harganya karena semakin cantik dan indah corak yang ada pada sisik ikan.

Ikan hias dibagi menjadi dua. Ikan hias air laut dan ikan hias air tawar. Biasanya para pecinta ikan hias memelihara jenis ikan air tawar. Mungkin karena mudah didapat juga memeliharanya, atau juga mungkin mudahnya mengganti air ikan itu sendiri.

Banyak ikan hias air tawar yang bisa kita pelihara di rumah. Tak kecuali ikan arwana. Ikan arwana adalah ikan yang tergolong mahal dari pada ikan hias lainnya. Berbagai jenis ikan arwana dan dari semua jenis ikan arwana tak satupun ikan yang bisa dibeli dengan sedikit uang. Yang bisa diartikan juga semua jenis ikan arwana berharga mahal. Mahalnya ikan arwana berbanding lurus dengan keindahan ikan tersebut.

Tapi, keindahan ikan arwana dapat pudar bila mana kita salah dalam memberikan makanan. Oleh sebab itu, kita harus pintar untuk memilih dan memberikan makanan pada ikan arwana kita. Berikut sedikit banyak hal yang harus kamu ketahui untuk memberi makanan yang baik bagi arwana peliharaanmu.

Makanan Ikan Arwana yang Masih Kecil

Jenis makanan untuk anakan arwana dengan arwana dewasa jelas sangat berbeda. Karena tingkat kebutuhan nutrisi pada anakan arwana dengan arwana dewasa berbeda. Selain nutrisi, ukuran makanan yang diberikan juga berbeda.
Untuk anakan arwana atau yang biasa disebut burayak harus diberi makanan yang memiliki ukuran kecil dan lunak, seperti cacing sutra, artemia, cacing darah dan kutu air.

  1. Sedangkan makanan untuk ikan arwana remaja bisa berupa ikan kecil, serangga, anakan katak, dan cacing beku. Untuk makanan arwana remaja sebaiknya diberikan pada waktu:
  2. Pagi hari sekitar jam 07.00 – 08.00 dengan menu makanan jangkrik dan belalang yang sudah dibuang kakinya dengan takaran 2-3 ekor untuk setiap ikan arwana remaja.
  3. Siang hari sekitar jam 10.00 – 11.00 dengan menu makanan anakan katak sebanyak satu ekor untuk setiap ikan arwana remaja.
  4. Sore hari sekitar jam 16.00 – 17.00 dengan menu makanan anakan katak sebanyak satu ekor untuk setiap ikan arwana remaja.

Hal terpenting dalam memberikan makan pada ikan arwana remaja adalah kandungan protein pada makanan tersebut. Karena ikan arwana remaja membutuhkan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi guna mempercepat pertumbuhan ikan arwana. Selain itu, menu makanan di atas, yaitu menggunakan anakan katak bukan suatu kewajiban. Kamu bisa menggantinya dengan makanan lainnya, seperti ikan kecil, udang air tawar, dan lainnya.

Makanan Ikan Arwana Dewasa

Makanan ikan arwana dewasa dengan makanan anakan arwana dan arwana remaja juga sangat berbeda. Karena ikan arwana dewasa tidak lagi membutuhkan makanan yang dapat mempercepat pertumbuhan. Makanan yang dibutuhkan oleh ikan arwana dewasa adalah makanan yang mampu membuat dan menjaga kualitas ikan arwana agar memiliki warna yang bagus dan berstamina.

Apa saja makanan yang bisa diberikan untuk ikan arwana dewasa? Berikut beberapa jenis makanan yang bisa diberikan pada ikan arwana dewasa.

Cacing Darah Beku

kaskus.co.id

kaskus.co.id

Untuk arwana yang masih kecil, cacing darah beku adalah makanan yang sangat baik. Cacing ini baik untuk ikan arwana yang memiliki ukuran kurang lebih 8 cm. Bila arwana sudah lebih dewasa, kamu dapat mengganti makanan arwana ini dengan makanan lain. Makanan ini pun tidak sulit mendapatkannya. Cacing darah beku sering dijumpai dipenjual-penjual ikan hias.

Kodok

yeyem.heck.in

yeyem.heck.in

Kodok juga makanan yang bagus bagi pertumbuhan ikan arwana. Kandungan lemak dan daging yang dimiliki kodok, membuat makanan ini sangat baik untuk pertumbuhan ikan arwana. Tapi, kamu tidak boleh menjadikan kodok sebagai makanan utama. Karena ikan arwana akan berwarna pucat bila sering memakan makanan ini.

Jika kamu memutuskan untuk memberikan kodok sebagai makanan kepada ikan arwanamu, maka perhatikan selalu ikan tersebut. karena beberapa ikan terkadang tidak doyan dengan makanan ini.

Jangkrik

arwanaqu.blogspot.com

arwanaqu.blogspot.com

Jangkrik memiliki kandungan betacorotene. Karna kandungan yang terdapat pada jangkrik, makanan ini cocok untuk dijadikan makanan utama bagi ikan arwana. Jangkrik juga mampu meningkatkan warna pada ikan arwana. Terkhusus untuk ikan arwana jenis golden red dan super red.

Bila ingin memberi arwana makanan jangkrik, maka pilihlah jangkrik yang masih muda. Dan jangan lupa untuk memotong semuka kaki dari jangkrik sebelum memberikannya kepada ikan kita. Karena kakinya yang runcing dapat melukai mulut bahkan perut ikan arwana.

Udang

duajurai.com

duajurai.com

Sama halnya dengan jangkrik, udang juga sangat bagus untuk arwana kita. Udang juga dapat meningkatkan perubahan warna pada ikan arwana. Udang dapat diberikan kepada arwana ketika dalam keadaan segar maupun beku. Udang beku biasanya digunakan karena kemasaannya yang praktis. Jika ingin memberi makanan udang pada arwana, sebaiknya buang terlebih dahulu srungut yang terdapat pada udang. Karena bisa melukai ikan arwanamu.

Kadal dan Cecak

Kadal dan Cecak

Kadal dan Cecak

Kadal dan cecak juga bisa dijadikan makanan bagi ikan arwana. Tapi makanan ini biasanya hanya dibuat untuk makanan selingan. Tak semua ikan arwana doyan makan makanan ini. Coba beberapa kali terlebih dahulu bila ingin memberikan makanan ini kepada ikan arwana yang kamu pelihara.

Kelabang

animal-go.blogspot.com

animal-go.blogspot.com

Satu lagi makanan yang baik untuk ikan arwana. Kelabang. Kelabang ini mempunyai fungsi yang sama seperti jangkrik. Yaitu dapat mencerahkan warna ikan arwana dikarenakan juga terkandung betacarotene pada makanan ini.

Harga kelabang cukup mahal bila kita jadikan makanan utama untuk ikan arwana. Dan juga bila arwana sering diberi makan berupa kelabang, ikan arwana bisa pilih-pilih makanan dan tidak mau makan makanan yang lainnya selain kelabang itu sendiri. Jadi jangan jadikan kelabang sebagai makanan utama. Cukuplah kelabang hanya sebagai makanan selingan untuk ikan arwana kita.

Kecoa

wikipedia.org

wikipedia.org

Bila kita kenal kecoa adalah binatang yang jorok, kotor dan menjijikan, tapi bagi arwana, ini adalah makanan yang menyehatkan. Kandungan protein yang tinggi mampu mengembalikan stamina ikan arwana. Juga dapat merangsang nafsu makan pada ikan arwana. Jadi, jika kita dapati ikan arwana sedang tidak nafsu makan, maka kecoa ini cocok dijadikan makanan yang baik bagi ikan arwana kita.

Ikan Kecil

galleryhip.com

galleryhip.com

Ikan kecil juga salah satu makanan ikan arwana. Tapi ikan kecil hanya boleh dijadikan makanan selingan. Cukup seminggu sekali memberikan ikan kecil pada arwana. Karena dipercaya bahwa ikan kecil memiliki kandungan berbagai bibit penyakit.

Makanan Buatan

stockisthcs.com

stockisthcs.com

Pellet atau juga disebut makanan buatan bagi ikan merupakan makanan yang paling gampang. Mudahnya kita mendapatkan makan ini membuat kita memudahkan untuk memberi makanan pada ikan arwana. Tapi, kita tetap harus memperhatikan ikan arwana kita bila memberikan makanan pellet. Karena tidak semua ikan arwana dapat mengonsumsi dan menyerap kandungan yang terdapat pada makanan ini.

Waktu Yang Tepat Memberi Makan Arwana

Terkadang timbul pertanyaan pada benak kita, kapan ya memberi makan ikan arwana yang baik dan tepat? Apa sehari sekali aja bisa? Biar hemat gtuhh.. Sebeyulnya tidak kenapa arwana diberi makan sehari sekali. Tapi, hal itu akan membuat arwana stres dan kemungkinan besar arwana akan kelaparan dan lama kelamaan ikan arwana kita akan mati. Tidak ada waktu yang pasti untuk memberikan makanan pada ikan kita. Hanya saja lebih baiknya kita tentukan jam agar kita bisa rutin untuk memberikannya makanan yang cukup buat ikan arwana.

Untuk arwana yang dalam masa pertumbuhan, baiknya kita kasih makanan yang mengandung banyak lemak. Agar ikan arwana besar dengan baik dan sehat. Nah, kalau untuk ikan arwana sudah dewasa, kita beri makanan yang banyak memicu keindahan arwana tersebut. Agar warna ikan arwana tersebut berubah manjadi cantik dan indah.

Kalau untuk ikan arwana yang masih muda, berikan makanan seperti anak katak, ikan mas kecil, jangkrik atau belalang. Karena makanan–makanan itu mampu memberikan nafsu makan pada ikan arwana.

Waktu memberikan makannya penulis menyarankan sekitar jam 7 sampai 8 pagi. Berilah makanan berupa jangkrik atau belalang sebanyak 2 sampai 3 ekor. Lalu dilanjutkan pada jam 11 siang. Berilah makanan berupa katak kecil sebanyak 1 ekor. Dan pada sore hari sekitar jam 5 juga berikan makanan berupa katak kecil juga.

Kalau untuk arwana yang sudah dewasa, sangat berbeda dengan makanan ikan arwana muda. Bagi arwana yang panjangnya sampai 30 cm, berilah makanan anak katak 2-3 ekor pada pagi hari. Lalu pada waktu selanjutnya adalah jam 11 berilah makanan berupa jangkrik 1-2 ekor saja atau juga bisa belalang sebanyak 4-5 ekor.

Setelah itu, pada jam 2 siang, berilah makanan lagi berupa katak sebanyak satu ekor. Dan pada sore hari juga berilah makanan berupa jangkrik ataupun belalang sebanyak 2-3 ekor. Jika arwana masih lapar, kamu dapat memberikannya lebih lagi makanan untuk ikan arwana tersebut.

Cara Memberi Makan Ikan Arwana

Setelah membahas makanan yang cocok untuk anakan arwana, arwana remaja, dan arwana dewasa serta waktu yang cocok untuk memberikan makanan pada arwana, saatnya kita membahas mengenai bagaimana cara dalam memberikan makan pada ikan arwana yang baik dan benar.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengenali ikan arwana itu sendiri. Apakah ikan arwana yang kita miliki termasuk anakan arwana, arwana remaja, atau arwana dewasa? Karena pola makan antara anakan arwana dengan arwana dewasa sangat berbeda. Anakan arwana lebih sering makan dibandingkan dengan arwana dewasa. Karena anakan arwana dan arwana remaja lebih membutuhkan pertumbuhan dibandingkan arwana dewasa.

Untuk anakan arwana yang ukurannya masih dibawah 10 inci, kamu bisa memberi makan setidaknya 2-3 kali dalam sehari. Setelah ikan arwana memiliki ukuran 30 inci, kamu bisa mengurangi jumlah makanannya. Kamu cukup memberikan makanan sekali dalam sehari.

Untuk arwana remaja dan dewasa, kamu tidak perlu memberikan makan setiap hari. Karena makanan tidak akan dimakan semuanya jika memberikan makan setiap hari. Cukup berikan makan 2 hari sekali untuk arwana remaja dan dewasa. Jika makanan ada yang sisa dan sudah tidak dimakan lagi, ambil lagi makanan tersebut agar tidak mencemari air aquarium ikan arwana peliharaan kamu.

Video Makanan Ikan Arwana

 

Itulah tips yang bisa kamu terapkan dalam memberikan makanan pada ikan arwana peliharaan kamu. Kebersihan air aquarium juga perlu diperhatikan. Karena akan mempengaruhi kesehatan ikan arwana dan juga tidak enak dilihat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan informasi kepada para pembaca.. terimakasih.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>