Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara (Lengkap)

Ikan Hias Air Tawar – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa banyak masyarakat Indonesia yang menyukai ikan hias. Hal ini sangat mendukung dengan posisi Indonesia sebagai negara agraris.

Sebagai negara agraris, tentu Indonesia kaya akan makhluk hidup, baik tanaman hingga hewan. Ikan merupakan salah satu jenis hewan yang banyak ditemukan di Indonesia, baik ikan yang digunakan untuk konsumsi maupun ikan hias.

Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Indonesia memiliki sekitar 400 jenis ikan hias air tawar dari 1.100 jenis ikan hias air tawar yang diperjualbelikan di dunia. Hal ini berarti Indonesia memiliki sekitar 30% jenis ikan hias air tawar yang beredar di dunia.

Dari data diatas, dapat diketahui bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam mengembangkan ikan hias air tawar di Indonesia. Berdasarkan data yang juga dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bahwa Indonesia termasuk negara pemasok ikan hias air tawar terbesar di dunia. Sekitar 70% kebutuhan terhadap ikan hias air tawar dipasok oleh Indonesia.

Lebih dari 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia laris di pasaran Internasional. Ikan hias air tawar yang banyak diminati antara lain: ikan arwana, ikan oscar, ikan koi, ikan koki, ikan guppy, ikan cupang, ikan komet, dan sebagainya. (Baca juga: Hewan Terbesar di Dunia)

Untuk mengetahui secara detail mengenai jenis-jenis ikan hias air tawar, berikut penjelasan secara lengkap mengenai jenis ikan hia air tawar.

Ikan Hias Air Tawar Discus

tedi rustendi - WordPress.com

tedi rustendi – WordPress.com

Ikan discus memiliki bentuk seperti piring CD, yaitu bundar pipih. Bentuk ikan discus ini sesuai dengan namanya, yaitu disc. Ikan yang berasal dari Benua Amerika, tepatnya di perairan Amazon ini memiliki warna sisik yang unik. Sisiknya memiliki warna yang beragam. Hal inilah yang menjadikan ikan discus terlihat menarik.

Ikan discus akan hidup secara berkoloni jika bertemu dengan koloninya. Namun, jika tidak bertemu dengan koloninya, ikan discus akan hidup menyendiri. (Baca juga: Ikan Terbesar di Dunia)

Saat ini, banyak para pecinta ikan hias memelihara ikan discus ini dalam aquarium, meskipun harga ikan discus ini cukup mahal. Harga mahal tidak menjadikan alasan bagi para pecinta ikan hias air tawar untuk merawat ikan discus ini.

Yang menjadikan para pecinta ikan hias air tawar menyukai ikan discus adalah keindahan sisik yang dimilikinya serta bentuk ikan discus yang unik dan menarik.

Ikan discus merupakan jenis ikan hias air tawar yang sangat cocok dengan iklim tropis. Jadi, sangat bagus hasilnya jika ikan discus dikembangbiakkan di daerah yang memiliki iklim tropis. Suhu yang hangat menjadikan ikan discus ini mudah berkembangbiak.

Video Ikan Hias Discus

Ikan Hias Air Tawar Cupang

www.binatangpeliharaan.org

www.binatangpeliharaan.org

Ikan hias air tawar cupang termasuk salah satu jenis ikan cupang yang paling banyak dipelihara orang. Hal yang menjadikan ikan cupang banyak dipelihara adalah bentuknya yang indah. Warna, siripnya, dan ekornya menjadikan ikan ini banyak peminatnya.

Tak hanya keindahan yang dimiliki ikan cupang saja, melainkan sifatnya yang selalu menganggap ikan lain musuh menjadikan orang menyukai ikan ini. Dalam artian, ikan cupang tidak bisa hidup bersama dengan ikan lain meskipun sesama ikan cupang dan hal inilah yang menjadikan orang untuk mengadu ikan cupang dengan ikan cupang lainnya.

Ikan hias yang memiliki nama latin Betta spelendens ini terkenal sebagai ikan aduan. Maka tidak heran jika para pecinta ikan hias air tawar menjuluki ikan cupang ini sebagai ikan petarung.

Ikan hias yang termasuk family dari Belontiidae hanya bisa ditemukan di negara Asia Tenggara saja, termasuk Indonesia. Ikan cupang termasuk ikan hias yang mudah dalam perawatannya dan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Meskipun volume air dan oksigennya sedikit, ikan cupang tetap bisa bertahan hidup.

Habitat hidup ikan cupang awalnya di rawa-rawa daerah tropis. Aslinya, ikan cupang kurang menarik jika dibandingkan dengan ikan cupang yang ada di pasaran saat ini. Namun, perkawinan silang yang dilakukan para breeder membuat ikan cupang memiliki banyak variasi dan tentu semakin menarik dari segi warna, ekor, dan siripnya.

Secara umum, ikan cupang aduan memiliki bentuk tubuh yang ramping, terdapat cekungan halus mulai dari ujung badan hingga samping perut jika diperhatikan secara seksama, sisiknya kecil-kecil namun tebal, dan bentuk dahinya seperti ikan arwana.

Selain ciri-ciri diatas, ikan cupang aduan juga memiliki ring bibir yang tebal, jari-jari sirip ekor yang halus dan rapat, serta pembawaannya kalem atau santai tapi penuh waspada terhadap lawan.

Kewaspadaan ikan cupang tersebut sebagai bentuk perlindungan diri terhadap lawan. Bahkan, jika terdapat ikan lainnya, maka ikan cupang aduan tidak segan-segan untuk menyerang. Sifat tersebutlah yang menjadikan para pecinta ikan menjadikan ikan cupang sebagai ikan aduan.

Seperti ulasan sebelumnya bahwa pada dasarnya ikan cupang kurang menarik, namun perkawinan silang yang dilakukan para breeder membuat ikan cupang jauh lebih cantik dan menarik. Selain itu, ikan cupang juga semakin banyak variasinya. Oleh karena itu, para pecinta ikan cupang membagi ikan menjadi beberpa jenis agar mudah dikenali.

Salah satu jenis ikan cupang yang sangat populer dan termasuk hasil dari perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder Indonesia adalah ikan cupang serit.

Ikan cupang serit memiliki ekor seperti mahkota. Karena, ekor ikan cupang serit ini mirip sekali dengan mahkota jika dibalik. Oleh karena itu, para pecinta ikan cupang menjuluki ikan cupang serit ini sebagai crown tail atau ekor mahkota.

Ikan cupang serit terdiri dari beberapa varian. Secara umum, ikan cupang serit terbagi menjadi dua, yaitu ikan serit satu tulang sirip dan ikan cupang serit dengan serit ganda

Video Ikan Hias Cupang

Ikan Hias Air Tawar Guppy

http://ikanhiaseksotik.blogspot.co.id/

http://ikanhiaseksotik.blogspot.co.id/

ikan hias air tawar berikutnya adalah ikan guppy. Ikan yang memiliki nama latin Poecilia dan termasuk dalam keluarga Poeclilidae ini memiliki ukuran yang kecil. Ukuran ikan guppy hanya sekitar 2-2,5 inchi saja. Ikan ini memiliki bentuk yang anggun. Bentuknya seperti para penari wanita yang mengenakan rok warna-warni. Maka tidak heran jika banyak para pecinta ikan hias menyukai ikan guppy ini.

Selain memiliki bentuk yang anggun, ikan hias yang banyak ditemukan di Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Venezuela ini juga sangat mudah dalam perwatannya. Tidak ada trik khusus dalam merawat ikan guppy ini. Hanya saja kebersihan air aquarium yang harus dijaga, agar ikan guppy tetap sehat dan tidak terkena jamur.

Ikan guppy yang ditemukan di Indonesia pada tahun 1920-an dan menjadi ikan hias yang dipelihara di aquarium ini juga sangat gampang untuk dibudidayakan. Bahkan, dalam sekali pembiakan, ikan guppy mampu menghasilkan 30-100 ekor anakan ikan. Dalam sekali pembiakan, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 4-5 minggu saja.

Bagi kamu yang menyukai ikan guppy, kamu juga perlu mengetahui perbedaan antara ikan guppy jantan dengan ikan guppy betina. Ada yang unik dari perbedaan keduanya, yaitu ikan guppy jantan memiliki warna yang cenderung menyala dan indah, sedangkan ikan guppy betina memiliki warna lebih kusam. Jadi, bagi kamu yang ingin membeli ikan guppy, jangan salah memilih dan membedakan antara ikan guppy betina dengan jantan.

Video Ikan Hias Guppy

Ikan Hias Air Tawar Arwana

DBagus.com

DBagus.com

Ikan arwana termasuk salah satu jenis ikan yang paling banyak di sukai oleh para pecinta ikan hias air tawar. Meskipun banyak peminatnya, namun tidak semua orang memelihara jenis ikan hias yang satu ini. Karena harga ikan arwana cukup mahal.

Harga ikan arwana dewasa pada umumnya jutaan. Namun, ikan arwana tertentu harganya bisa ratusan juta. Bahkan, ada jenis arwana yang mampu di jual dengan harga 1 Milyar di Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) tahun 2010.

Harga yang mahal tentu sebanding dengan keindahan dari ikan hias tersebut. Semakin mahal harganya, semakin indah ikan arwana-nya. Bahkan, hingga ada mitos di kalangan masyarakat bahwa orang yang memelihara ikan arwana akan lancar rezekinya.

Terlepas dari mitos yang tersebar di kalangan masyarakat, ikan yang juga memiliki sebutan sebagai ikan naga, ikan payang, ikan khayangan, ikan kalasa, dan ikan silok atau siluk ini memang tidak bisa dipungkiri keindahannya.
Sisiknya dan lekuk badanya menjadikan ikan arwana ini tampak indah.

Maka tidak heran jika banyak orang yang menyukai jenis ikan hias ait tawar yang satu ini. Meskipun, ikan arwana termasuk dalam kategori ikan predator karena akan memangsa apapun yang ada di sekitarnya, seperti serangga, ikan-ikan kecil, kadal, dan sebagian ampibi.

Ikan purba ini memiliki beberapa jenis yang menjadikan ikan arwana ini semakin di sukai oleh para pecinta ikan hias air tawar. Jenis-jenis ikan hias arwana tersebut antara lain: ikan arwana super red, ikan arwana golden, ikan arwana hijau atau green arwana, ikan arwana banjar, ikan arwana silver, dan masih banyak jenis ikan arwana lainnya.

Dari jenis ikan arwana di atas, ikan arwana super red dan silver termasuk jenis ikan arwana yang banyak peminatnya. Apalagi di Indonesia mudah didapatkan ikan arwana super red. Karena di daerah Kalimantan banyak budidaya ikan jenis ini.

Selain di Indonesia, ikan arwana juga banyak ditemukan di daerah Malaysia, Thailand, Vietnam, dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

Ciri-ciri Ikan Arwana

  1. Meskipun ikan arwana memiliki banyak jenis, namun secara umum ikan arwana memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  2. Ikan arwana memiliki bentuk tubuh yang pipih dan punggungnya datar. Hampir lurus mulai dari mulut sampai sirip punggung.
  3. Memiliki bentuk mulut yang mengarah keatas dan sepasang sungut di bibir bawah.
  4. Memiliki mulut yang lebar dan rahang yang kuat.
  5. Memiliki gigi sekitar 15-17 gigi.
  6. Arwana ukuran dewasa memiliki panjang sekitar 30-80 cm.
  7. Memiliki sisik yang berukuran besar, bentuk sisiknya melingkar, dan permukaannya mengkilap.
  8. Memiliki warna yang beragam. Perbedaan warna pada ikan arwana dijadikan nama jenisnya, seperti ikan arwana berwarna hitam termasuk jenis black arowana, arwana berwarna merah termasuk jenis red arowana, dan sebagainya.
  9. Sirip di punggungnya berdekatan dengan pangkal sirip ekor dan sirip anusnya lebih panjang dibandingkan sirip punggung.
  10. Makanan ikan arwana berupa cacing beku, kodok, kadal, dan sebagainya. Untuk mengetahu lebih detail megenai makan ikan arwana, baca artikel sebelumnya dengan judul “Makanan Ikan Arwana

Video Ikan Hias Arwana

Ikan Hias Air Tawar Louhan

Satwapedia.com

Satwapedia.com

Bagi kamu yang lahir tahun 90-an, pasti merasakan ketenaran ikan hias air tawar yang satu ini. Ya, pada tahun 2000-an, ikan louhan menjadi ikan primadona di Indonesia.

Masyarakat Indonesia berlomba-lomba untuk memelihara di rumahnya. Maka tidak heran jika pada saat itu banyak rumah yang terdapat aquarium untuk memelihara ikan louhan.

Meskipun orang tersebut awalnya bukan termasuk pecinta ikan hias, tiba-tiba pada saat itu terkena demam ikan louhan dan memeliharanya di rumah. Bahkan, ada yang rela mengeluarkan jutaan hingga puluhan juta untuk memelihara ikan hias yang satu ini.

Terlepas dari hal tersebut, memang ikan louhan memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh ikan hias lainnya. Hal inilah yang menjadi daya tarik banyak orang. Keunikan tersebut adalah jidatnya jenong. Semakin jenong jidat ikan louhan, semakin istimewa dan harganya semakin mahal.

Selain jidatnya, sisik ikan louhan juga seperti membentuk tulisan. Bahkan, ada ikan louhan yang sisiknya mirip dengan tulisan china dan lafadz Allah. Keunikan-keunikan tersebutlah yang menjadi daya tarik ikan yang termasuk keluarga Cichild ini.

Ikan louhan pada dasarnya hasil perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder asal Malaysia. Oleh karena itu, pengembangbiakan, baik jumlah maupun varian ikan louhan banyak ditemukan di Malaysia. Selain Malaysia, Vietnam juga menjadi salah satu negara yang banyak mengembangbiakkan ikan louhan ini.

Video Ikan Hias Louhan

Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

http://akuariumhias.blogspot.co.id/

http://akuariumhias.blogspot.co.id/

Ikan mas koki termasuk keluarga besar dari ikan mas. Ikan yang memiliki nama latin Carrrassius auratus ini termasuk ikan hias yang pertama kali dikenal sebagai ikan hias rakyat China. Namun, ikan ini belum bisa terkenal seperti saat ini.

Setelah dikembangkan oleh orang Jepang, ikan mas koki menjadi sangat terkenal dan banyak orang yang menyukai ikan ini. Tidak hanya di China saja, setelah pengembangbiakan yang dilakukan oleh orang Jepang tersebut, ikan mas koki menjadi primadona di masyarakat dunia.

Ikan mas koki pertama kali ditemukan di China pada tahun 800-1000 atau pada dinasti Sung Berkuasa. Pada abad 12-13, ikan mas koki dibawah ke Jepang dan di Jepang ikan ini menjadi sangat terkenal. Pada tahun 1500-an, ikan mas koki menjadi primadona ikan hias di Jepang. Maka tidak heran jika Jepang termasuk salah satu negara pengekspor ikan mas koki terbesar di dunia.

Terdapat tiga kawasan di Jepang yang digunakan sebagai penghasil ikan mas koki. Kawasan tersebut antara lain: Koriyama di propinsi Nara, Yatomi di Propinsi Aichi, dan Tokyo.

Meskipun sudah sangat populer di Jepang pada tahun 1500-an, ikan mas koki baru masuk ke eropa pada tahun 1611-1728. Sedangkan, ikan mas koki masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1876 dan di Indonesia sendiri masuk pada tahun 70-an.

Banyak orang langsung suka dengan ikan mas koki dan memeliharanya di rumah. Pada umumnya, orang memelihara ikan mas koki di aquarium.

Hal yang menjadi daya tarik ikan mas koki adalah varian warna yang dimiliki ikan hias yang satu ini. Banyak sekali warna varian yang dimiliki oleh ikan hias ini. Hal ini berkat pengembangan yang dilakukan oleh warga Jepang tersebut dan dilanjutkan oleh para breeder di dunia.

Selain warna varian yang semakin banyak, bentuk dari ikan mas koki juga semakin menarik jika dibandingkan dengan ikan mas koki yang pertama kali dikenal sebagai ikan hias masyarakat China.

Di Indonesia sendiri, ikan mas koki banyak dikembangkan di daerah Tulungagung, Jawa Timur. Berdasarkan sensus, daerah Tulungagung mampu menghasilkan ikan mas koki sebanyak 55 juta dalam waktu 1 tahun.

Video Ikan Hias Mas Koki

Ikan Hias Air Tawar Koi

http://benzano.com/

http://benzano.com/

Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang lahir dan dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Ikan hias yang memiliki nama latin Cyprinus carpio ini bermula dari masyarakat Jepang yang menyilangkan berbagai jenis ikan yang memiliki warna merah dan putih pada tahun 1820-an. Hasil percobaan kawin silang tersebut, lahirlah ikan yang diberi nama ikan koi.

Ikan koi pada dasarnya termasuk ikan mas dimana ikan koi ini awalnya merupakan ikan yang digunakan sebagai ikan konsumsi masyarakat Jepang. Namun, seiring perkembangan ikan koi ini yang didapat dari hasil perkawinan silang membuat ikan koi tak lagi dikonsumsi, melainkan dijadikan ikan hias air tawar.

Perubahan dari ikan konsumsi menjadi ikan hias tersebut tidak lepas dari peranan para breeder yang mengkawinsilangkan ikan mas dimana hasilnya memiliki kombinasi warna merah dan putih yang lebih bagus dibandingkan aslinya.

Selain warnanya, bentuk ikan hasil perkawinansilang ikan mas ini memiliki perubahan yang drastis. Bentuknya semakin menarik. Oleh karena itu, banyak orang yang menyukai ikan ini dan menjadikan ikan ini menjadi ikan hias atau ikan peliharaan.

Seiring perkembangannya, ikan koi saat ini tidak hanya memiliki kombinasi warna merah dan putih saja, melainkan banyak warna dan jenisnya.

Jenis ikan koi pada umumnya dibedakan dari warna ikan tersebut. Jenis dan varian ikan koi ini sangat banyak, seperti ikan koi kohaku, ikan koi Sanke, ikan Showa, ikan koi Tancho, ikan koi Shiro Utsuri, ikan koi Hi Utsuri, ikan koi Ki Utsuri, ikan koi Asogi, dan masih banyak lagi jenis serta variannya.

Ikan Hias Air Tawar Oscar

http://akuariumhiasku.blogspot.co.id/

http://akuariumhiasku.blogspot.co.id/

Mungkin, sebagian orang menganggap bahwa ikan oscar mirip dengan ikan nila. Memang, jika dilihat sepintas saja, ikan oscar ini memiliki kemiripan dengan ikan nila. Itu terlihat dari ukuran ikan dan gerakannya yang serupa.
Ikan oscar merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang menjadi primadona dikalangan para pecinta ikan hias. Hal yang menjadikan ikan oscar banyak disukai oleh para pecinta ikan hias adalah corak unik pada sisik ikan oscar.

Ikan oscar memiliki corak warna-warni yang unik. kebanyakan ikan oscar memiliki warna dasar hitam dengan corak yang berwarna kuning, orange, dan merah.

Selain warna dasar hitam, ada juga jenis ikan oscar yang memiliki warna dasar putih, yaitu ikan oscar albino.

ikan oscar yang paling besar selama ini sekitar 35cm. Namun, tidak semua ikan oscar bisa tumbuh dengan ukuran tersebut. Pada umumnya, ukuran ikan oscar sekitar 30cm saja.

Ikan oscar saat ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya para pecinta ikan hias. Namun, tahukah kamu bahwa ikan oscar bukan berasal dari Indonesia? Ya, ikan hias yang memiliki nama latin genus Astronotus ini berasal dari Sunga Amazon, Brazil.

Ikan oscar termasuk jenis ikan hias yang memiliki type pemangsa. Mesikipun ikan oscar termasuk dalam jenis ikan pemangsa, namun ikan oscar memiliki karakter yang kalem dan tenang di perairan.

Video Ikan Hias Oscar

Ikan Hias Air Tawar Neon Tetra

http://www.alamikan.com/

http://www.alamikan.com/

Sama halnya dengan ikan oscar, ikan hias air tawar neon tetra juga termasuk ikan hias yang berasal dari daratan Amerika Selatan. Ikan hias yang memiliki nama latin Paracheirodon innesi termasuk dalam keluarga characin (Characidae) order Characiformes.

Ikan neon tetra ini paling banyak ditemukan di Sungai Amazon dan anak Sungai Amazon yang meliputi sungai yang ada di Peru Timur, Kolombia bagian tenggara, dan Brazil bagian barat serta tak sedikit juga dapat ditemukan di anakan Sungai Solimoes dimana sungai ini memiliki suhu air antara 20-25 derajat celcius.

Ikan neon tetra termasuk jenis ikan hias yang hidupnya dengan cara berkoloni atau berkelompok. Oleh karena itu, jika kamu memelihara ikan neon tetra ini dalam aquarium, alangkah baiknya tidak hanya memelihara satu ikan neon tetra saja, melainkan memelihara banyak ikan neon tetra. Agar ikan cepat beradaptasi dalam lingkungan yang baru.

Ikan neon tetra termasuk jenis ikan hias yang memiliki ukuran yang cukup kecil. Ukuran ikan neon tetra ini hanya sekitar 3-4 cm saja. Karena ukurannya yang kecil, maka kamu bisa menyediakan banyak ikan neon tetra dalam satu aquarium.

Selain membuat betah dan nyaman, memelihara banyak ikan neon tetra dalam satu aquarium menambah keindahan ikan hias tersebut. Karena keindahan ikan neon tetra akan terlihat maksimal jika dilihat secara bersama-sama atau berkelompok.

Keindahan ikan neon tetra terlihat dari kombinasi warna yang terdapat pada sisiknya. Mulai dari punggung ikan yang memiliki warna abu-abu dan diikuti dengan warna biru muda pada bagian atas hidung yang membentang hingga ekor ikan.

Sedangkan pada bagian perutnya terdapat warna silver dan warna merah terlihat sangat mencolok dibagian tengah setelah perut membentang hingga sirip ekor ikan neon tetra.

Ikan neon tetra termasuk jenis ikan yang bisa bertahan hidup cukup lama. Umur dari ikan neon tetra ini bisa mencapai 10 tahun. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik para pecinta ikan hias untuk memburu ikan ini untuk dijadikan ikan hias di rumahnya.

Permintaan terhadap ikan neon tetra ini semakin hari semakin meningkat. Di Amerika Serikat sendiri, nilai transaksi yang masuk sebesar $174.000 setiap bulannya atau setara dengan 1,6 juta ekor ikan neon tetra.

Ikan Hias Air Tawar Komet

http://www.alamikan.com/

http://www.alamikan.com/

Ikan hias komet merupakan salah satu jenis ikan hias yang juga cukup banyak peminatnya. Ikan yang memiliki nama latin Carassius auratus ini termasuk jenis ikan yang jinak. Jadi, ikan komet dapat disandingkan dengan ikan lainnya di dalam satu aquarium.

Kejinakan ikan hias komet ini yang menjadikan para pecinta ikan hias menyukai dan memelihara jenis ikan ini. Selain jinak, ikan komet juga sangat mudah sekali beradaptasi dengan lingkungannya dan keindahan yang dimiliki ikan komet ini tak luput dari incaran para pecinta ikan hias.

Ikan komet memiliki warna yang indah nan anggun. Bentuk dan gerakannya saat berenang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta ikan hias.  Keunggulan ikan komet memang terletak pada kombinasi warna yang dimiliki, seperti warna merah, putih, kuning, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan ikan yang termasuk dari bagian keluarga Cyprinidae dalam genus Carassius ini cukup mudah ditemukan. Sudah banyak toko ikan hias yang menjual ikan komet. Karena memang permintaan ikan komet ini cukup tinggi.

Maka tidak heran juga jika banyak orang yang membudidayakan jenis ikan yang satu ini. Apalagi proses pembudidayaan ikan komet tidak terlalu sulit. Cukup menyediakan beberapa aquarium, maka kamu bisa langsung membudidayakan ikan komet ini. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk budidaya atau hanya ingin memelihara ikan komet ini?

Ikan Hias Air Tawar Rainbowfish

http://ikanrainbowfish.blogspot.co.id/

http://ikanrainbowfish.blogspot.co.id/

Ikan Boesemani Rainbowfish atau disebut juga Melanotaenia boesemani adalah jenis ikan yang termasuk dalam keluarga Melanotaeniidae. Ikan rainbow merupakan salah satu ikan endemik Danau Ayamaru dan sungai-sungai di kawasan pegunungan Semenanjung Kepala Burung, Papua Barat, Indonesia.

Ikan kecil ini cukup mudah didapatkan. Banyak toko penjual ikan hias menjual ikan jenis ini. Banyaknya ikan yang dijual di pasaran tak lepas dari banyaknya permintaan terhadap ikan rainbowfish ini.

Yang menjadi daya tarik dari ikan hias rainbowfish adalah kecantikan dan kombinasi warnya yang menawan serta bawaannya yang tenang, terutama dengan ikan lainnya. Dalam artian, ikan rainbowfish termasuk dalam kategori ikan yang ramah. Dapat hidup dengan jenis ikan lainnya dalam satu aquarium.

Ikan rainbowfish memiliki corak warna yang sangat berbeda-beda. Namun, secara umum ikan rainbowfish memiliki warna setengah orange-merah pada bagian belakang dan warna kebiruan-abu atau ungu pada bagian depan.

Ikan rainbowfish memiliki ukuran sekitar 10 cm dan memiliki warna sisik yang mengkilap atau berkilau. Namun, kilauan sisik pada ikan rainbowfish hanya terjadi jika pakan yang diberikan sesuai dan didukung oleh kondisi air yang bersih.

Ikan Hias Air Tawar Bala Shark

http://fishshare.blogspot.co.id/

http://fishshare.blogspot.co.id/

Jika kita melihat sepintas, ikan bala shark ini sangat mirip dengan ikan hiu. Namun, kemiripan tersebut hanya dari bentuknya saja. Karena ikan bala shark termasuk jenis ikan hias yang ramah. Ikan bala shark ini bisa digabungkan dengan jenis ikan lainnya dalam satu aquarium.

Ikan bala shark juga termasuk ikan yang hidup berkelompok. Jadi, saat kamu ingin memelihara ikan yang satu ini, lebih baik kamu memelihara tidak hanya satu, melainkan banyak ikan.

Untuk makanan ikan hias yang memiliki ukuran maksimal sekitar 30-35 cm ini adalah pelet, cacing beku, dan lainnya.

Ikan Hias Air Tawar Silver Scat

http://akuariumhiasku.blogspot.co.id/

http://akuariumhiasku.blogspot.co.id/

Mungkin, banyak juga yang memelihara jenis ikan ini. Namun, sebagian besar tidak tahu apa nama ikan ini. Biasanya, ikan hias silver scat ini dipelihara dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu aquarium.

Ikan silver scat pada umumnya memiliki ciri-ciri, yaitu terdapat motif tutul-tutul pada perutnya. Mungkin, hal iniliah yang menjadikan para pecinta ikan hias memelihara jenis ikan yang satu ini.

Ikan Hias Air Tawar Lemon

http://ikanhias-indo.blogspot.co.id/

http://ikanhias-indo.blogspot.co.id/

Ikan lemon adalah jenis ikan hias yang memiliki warna kuning pada sisiknya. Mungkin, karena warnanya yang mirip dengan buah lemon, maka ikan hias yang satu ini dinamakan ikan lemon.

Ikan yang memiliki nama latin Neolamprologus leleupi ini termasuk jenis ikan hias buas, suka menyerang, dan agresif. Selain buas, ikan lemon ternyata juga termasuk ikan yang rakus. Apa saja makanan yang diberikan akan dihabiskan.

Karena ikan lemon ini termasuk ikan yang buas, maka tidak jarang ditemukan ikan lemon memakan ikan lainnya jika merasa lapar. Apalagi ikan yang memiliki ukuran lebih kecil dari ikan lemon, maka ini menjadi sasaran yang empuk bagi ikan lemon ini.

Ikan Hias Air Tawar Discus

tedi rustendi - WordPress.com

tedi rustendi – WordPress.com

Ikan discus merupakan jenis ikan hias dari spesies tropis Cichlid. pada umumnya, spesies Cichlid merupakan spesies yang banyak ditemui di daerah Afrika. Namun untuk ikan discus berbeda dengan spesies Cichlid lainnya. Karena ikan discus merupakan ikan hias yang berasal dari negara Brazil, Venezuela, Peru, dan Columbia.

Bentuk ikan discus mirip seperti kepingan CD. Mungkin, hal ini yang menjadikan ikan discus diberi nama tersebut. Ikan discus juga memiliki sirip besar dan memanjang. Selain itu, ikan discus memiliki mata dan mulut kecil.

Warna mata ikan discus merah, sehingga terlihat sangar. Ukuran ikan discus antara 15-25 cm dan memiliki warna yang beragam, seperti hijau, coklat, merah, dan sebaginya.

Yang menjadikan unik dan menarik dari ikan discus adalah terdapat garis-garis vertikal. sehingga jika diamati seperti sisiknya ada batiknya.

Ikan discus memiliki banyak jenis. Beberapa jenis dari ikan discus antara lain: Ikan discus angel blue diamond, ikan discus gold yellow diamond, ikan discus marlboro red, ikan discus red ribbon, ikan discus pearl pigeon, ikan discus checker board pigeon, dan masih banyak lagi jenis ikan discus.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Congo Tetra

https://landak0sambel.blogspot.co.id/

https://landak0sambel.blogspot.co.id/

Ikan hias congo tetra merupakan jenis ikan hias air tawar yang termasuk golongan ikan hias yang jinak. Ikan congo tetra ini bisa dipelihara dalam satu aquarium dengan jenis ikan lainnya, seperti ikan guppy, ikan rainbow, black tetra, black phantom, dan sebagainya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Manfish

http://akuariumhias.blogspot.co.id/

http://akuariumhias.blogspot.co.id/

Ikan hias manfish atau dikenal juga dengan sebutan angelfish ini termasuk golongan keluarga Chiclidae. Sebutan angelfish tersebut bukannya tanpa alasan. Warna yang elegan dan bentuknya yang menariklah yang membuat pecinta ikan hias menyebutnya demikian.

Ikan manfish termasuk ikan yang sangat peduli terhadap keturunannya. Ikan ini akan selalu melindungi keturunannya. Hal ini sangat berbeda jauh dengan jenis ikan cupang. Ikan cupang justru akan memakan keturunannya sendiri.

Memang, ikan manfish ini tergolong dalam ikan hias yang jinak, gerakannya sangat kalem dan tenang seperti melayang-melayang di air, bentuknya seperti panah, dan warna yang dimiliki berbeda-beda. Habitat asli ikan manfish adalah perairan Sungai Amazon, Brazil, Columbia, dan Peru di wilayah Amerika Selatan.

Makanan ikan manfish juga tidak terlalu repot. Karena ikan hias ini termasuk jenis ikan omnivora. Selain mudah dalam memberikan makanan, pengembangbiakan ikan manfish juga cukup mudah.

Indukan ikan manfish yang bisa dikembangbiakkan adalah indukan yang sudah berumur sekitar 7 bulan dengan memiliki panjang sekitar 7,7 cm. Untuk hasil yang optimal, bakal calon indukan harus diperhatikan dalam segi makanannya. Makanan yang bagus unntuk bakal calon indukan adalah cacing tubifex, jentik nyamuk, atau Chironomous.

Untuk mengantisipasi penyakit yang mungkin menyerang bakal indukan, maka dibutuhkan obat untuk mencegah hal tersebut. Obat yang bisa digunakan adalah Oxytetracycline dan garam juga bisa.

Selain menggunakan obat tersebut, kualitas air juga sangat perlu diperhatikan. Karena kondisi air yang kotor akan menggangu bakal indukan. Pakan untuk indukan juga sangat perlu untuk diperhatikan.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Sumatra

http://fishshare.blogspot.co.id/

http://fishshare.blogspot.co.id/

Ikan sumatra adalah jenis ikan hias yang termasuk golongan ikan hias buas. Karena ikan sumatra ini suka menggigit sirip ikan lainnya. Oleh karena itu, jika kamu memelihara ikan sumatra ini, jangan sembarangan mencampur ikan sumatra dengan ikan lainnya dalam satu aquarium. Ikan hias yang cocok untuk disandingkan dalam satu aquarium dengan ikan sumatra adalah ikan platis.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Sapu Sapu

https://www.youtube.com

https://www.youtube.com

Ikan sapu-sapu termasuk jenis ikan yang seakan-akan wajib dipelihara di aquarium dengan ikan lainnya. Karena ikan sapu-sapu ini bermanfaat untuk membersihkan kaca pada aquarium. Oleh karena itu, banyak pecinta ikan hias memelihara ikan hias yang satu ini.

Ikan sapu-sapu termasuk ikan yang memilik banyak jenisnya. Terdapat sekitar 7 jenis ikan sapu-sapu dan jenis ikan sapu-sapu yang paling banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias adalah jenis ikan sapu-sapu zebra pleco.

Video Ikan Sapu-sapu

Jenis Ikan Hias Air Tawar Corydoras

http://fishshare.blogspot.co.id/

http://fishshare.blogspot.co.id/

Jika kamu memiliki peliharaan ikan hias di rumah, alangkah baiknya kamu juga memelihara ikan Corydoras. Karena ikan corudoras termasuk jenis ikan yang suka mencari makanan di dasar aquarium. Hal ini sangat menguntungkan kamu dalam segi tenaga membersihkan sisa makanan ikan. Karena biasanya sisa makanan akan mengendap di dasar air. Jika hal ini dibiarkan, maka kualitas air akan menurun. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembersihan. Dengan memelihara ikan corydoras, kamu tidak perlu repot-repot dalam membersihkan aquarium terlalu sering.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Black Ghost

/www.binatangpeliharaan.org

/www.binatangpeliharaan.org

Ada yang unik dari ikan hias yang satu ini, yaitu sebutan-sebutan yang disematkan di ikan blackgost ini. Sebutan-sebutan tersebut adalah seran hitam, penari balet, dan bulu ayam.

Sebutan-sebutan tersebut bukan berarti tanpa alasan. Karena memang ikan blackghost memiliki warna yang hitam kusam, maka disebut seran hitam. Selain itu, sebutan penari balet juga karena ikan blackghost memiliki gerakan yang maju-mundur dan jungkir balik dengan sangat lentur serta tubuhnya mirip seperti bulu ayam saat bergerak membentuk sudut 90 derajat.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Molly

zonaikan.wordpress.com

zonaikan.wordpress.com

Ikan hias molly termasuk jenis ikan hias air tawar yang memiliki banyak pilihan warna dan semua warna-warna tersebut sangat menarik. Ikan hias molly juga termasuk jenis ikan hias air tawar yang jinak. Karena ikan molly termasuk ikan hias yang bersiat omnifora. Jadi, ikan hias ini bisa dicampur dengan ikan hias jinak lainnya dalam satu aquarium.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Mickey Mouse

Okdogi.com

Okdogi.com

Nama ikan yang satu ini memiliki kesamaan dengan nama kartun terkenal disney, yaitu ikan mickey mouse. Penamaan tersebut bukan tanpa alasan. Ikan mickey mouse memiliki tiga titik hitam pada bagian pantat yang menyerupai kartun mickey mouse.

Ikan mickey mouse termasuk jenis ikan hias yang jinak. Jadi, ikan ini bisa dipelihara dengan jenis ikan jinak lainnya dalam satu aquarium.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Redfin

http://akuariumhias.blogspot.co.id/

http://akuariumhias.blogspot.co.id/

Ikan redfin adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari Vietnam. Ikan hias ini memiliki keunggulan dari corak warnanya yang menarik. Selain itu, makanan ikan redfin cukup mudah didapatkan. Makanan ikan tedfin seperti cacing darah, lumut, dan cacing sutra. Dilihat dari jenis makanan yang dikonsumsi ikan redfil, terlihat bahwa ikan hias yang satu ini cukup mudah dalam peliharaannya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Sepat

https://id.wikipedia.org

https://id.wikipedia.org

Ikan hias sepat sangat disukai oleh anak-anak. Jenis ikan ini memang memiliki harga yang cukup murah. Maka dari itu, banyak anak kecil yang memelihara ikan ini.

Nama ikan sepat dalam Bahasa Inggris disebut dengan mosaic gourami atau lace gourami, pearl gourami. Sebutan tersebut merujuk pada pola bintik-bintik dengan garis hitam di bagian sisi tubuh ikan.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Niasa

http://www.siperubahan.com/

http://www.siperubahan.com/

Ikan hias niasa adalah salah satu jenis ikan hias yang termasuk dalam kerabat ikan nila. Ikan niasa ini berasal dari Danau Malawi, Afrika. Terdapat tiga varian warna pada ikan niasa ini. Namun, varian warna yang paling disukai banyak orang adalah warna kuning dan biru.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Platy

ikanplat1.blogspot.com

ikanplat1.blogspot.com

Jika kamu ingin mencari ikan hias yang mudah dibudidayakan, jawabannya adalah ikan hias platy. Mengapa? Karena ikan hias yang satu ini sangat mudah sekali bertelur. Selain itu, memelihara ikan hias yang satu ini tergolong sangat mudah. Oleh karena itu, ikan hias platy sangat cocok untuk kamu budidayakan.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Belida

Situshewan.com

Situshewan.com

Ikan hias belida atau disebut juga ikan pipih atau ikan lopis ini termasuk jenis ikan predator. Ikan hias ini suka memburu ikan-ikan lainnya, khususnya anakan ikan dan udang. Oleh karena itu, jangan pelihara ikan belida ini dalam satu aquarium dengan jenis ikan lainnya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Red Zebra

http://fishshare.blogspot.co.id/

http://fishshare.blogspot.co.id/

Ikan red zebra atau disebut juga dengan pink danio termasuk jenis ikan hias yang sangat lincah. Ikan hias yang satu ini dinamakan seperti hewan zebra bukan tanpa alasan. Terdapat kemiripan khas zebra, yaitu garis-garis seperti zebra. Warna ikan hias ini adalah merah jambu dengan hiasan garis-garis berwarna putih yang halus mulai dari kepala hingga ekor.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Gurame Padang

https://www.youtube.com

https://www.youtube.com

Pada umumnya, ikan gurame yang sering kita kenal lebih cenderung digunakan untuk konsumsi, bukan untuk ikan hias. Namun, rasanya sangat sayang jika jenis ikan gurame padang digunakan untuk ikan konsumsi. Karena jenis ikan gurame ini memiliki warna dan bentuk yang sangat menarik.

Ikan gurame padang pada saat masih kecil memiliki warna kuning kemerah-merahan, mulutnya lancip, dan ekor lebar. Namun, pada saat dewasa, warna kuningnya menjadi pudar dan menjadi kuning pucat serta warna kemerahaannya juga hilang. Anehnya lagi, saat dewasa ikan gurame padang ini jidat dan dagunya berubah menjadi jauh lebih besar.

Video Ikan Gurame Padang

Jenis Ikan Hias Air Tawar Barbir

Ikan hias barbir merupakan jenis ikan hias air tawar yang memiliki warna hijau kemerah-merahan, memiliki sisik yang mengkilap, dan ukuran yang paling besar sekitar 7 cm.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Cardinal Tetra

Majalahikan.com

Majalahikan.com

Pada pembahasan diatas terdapat ikan hias neon tetra, kali ini membahas mengenai sepupu ikan hias neon tetra, yaitu ikan hias cardinal tetra. Karena ikan hias neon tetra dengan cardinal tetra masih dalam satu keluarga, maka terdapat kemiripan dalam segi warna. Hanya saja ikan cardinal tetra memiliki warna biru yang sangat mencolok dan merahnya dari muka sampai ekor.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Glassfin

Ikan hias glassfin adalah salah satu jenis ikan hias yang hidupnya berkelompok. Jadi, ikan hias ini akan terlihat jauh lebih cantik dan menarik jika dipelihara dalam jumlah yang banyak.

Terdapat keunikan dari ikan hias glassfin ini, yaitu tubuhnya yang transparan seperti kaca, sehingga isi perutnya terlihat sangat jelas.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Araipama

Jualo.com

Jualo.com

Ikan hias araipama adalah jenis ikan hias yang memiliki ukuran besar. Ikan hias yang satu ini mampu tumbuh dengan panjang mencapai 1 meter.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Spatula

http://ferdyancarlos.blogspot.co.id/

http://ferdyancarlos.blogspot.co.id/

Ikan hias spatula adalah salah satu jenis ikan hias predator. Ikan hias yang satu ini memiliki moncong yang mirip seperti aligator. Oleh karena itu, tidak semua pecinta ikan hias menyukai ikan hias yang satu ini. Hanya meraka yang menyukai ikan ekstrime lah yang memelihara ikan hias yang satu ini.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Palmas

http://ikanhias-id.blogspot.co.id/

http://ikanhias-id.blogspot.co.id/

Selain ikan hias spatula, ikan hias air tawar palmas juga termasuk jenis ikan hias predator. Oleh karena itu, jangan pelihara ikan hias palmas dalam satu aquarium dengan jenis ikan hias lainnya, terutama jenis ikan hias yang memiliki ukuran yang kecil.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Parrot

http://fishshare.blogspot.co.id/

http://fishshare.blogspot.co.id/

Jika kamu mencari ikan hias yang mudah dalam pemeliharaannya, ikan parrot lah pilihannya. Ikan hias parrot ini sangat mudah untuk dipelihara. Selain itu, ikan hias parrot juga tubuhnya sangat kuat dari serangan segala jenis penyakit.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Swordtail

Seputarikan.Com

Seputarikan.Com

Ikan hias swordtail merupakan jenis ikan hias yang termasuk dalam kategori keliraga molly. Ikan hias ini memiliki keunikan pada bagian bawah ekornya, yaitu ekornya memanjang dan runcing seperti pedang.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Botia

http://pusluh.kkp.go.id/

http://pusluh.kkp.go.id/

Ikan hias botia adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Indonesia. Ikan hias ini habitat aslinya berada di sungai-sungai.

Demikian penjelasan mengenai jenis ikan hias air tawar. Semoga artikel ini bermanfaat dan bagi kamu yang menyukai artikel ini, jangan lupa untuk share artikel ini. Cari tahu info lainnya di ruangtanya.com.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>