Buaya Terbesar di Dunia Ini Sangat Meresahkan Warga

Buaya Terbesar di Dunia – Buaya merupakan binatang predator yang mampu bertahan dan beradaptasi dalam perubahan lingkungannya. Hal ini terbukti dengan masih adanya binatang yang satu ini hingga sekarang. Padahal, buaya termasuk binatang purba dimana pada era dinosaurus binatang ini sudah ada.

Kemampuan yang dimiliki oleh buaya dalam beradaptasi pada perubahan alam tidak dimiliki oleh dinosaurus dan binatang purba lainnya. Oleh karena itu, dinosaurus dan binatang purba lainnya tidak mampu bertahan dengan perubahan alam pada saat itu. Sedangkan, buaya mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Hanya saja memang, terdapat perubahan dari buaya pada zaman purba dengan buaya yang hidup pada zaman sekarang. Apa perubahan yang ada pada buaya jika dibandingkan dengan buaya zaman purba dengan buaya pada zaman sekarang?

Buaya pada zaman purba memiliki bentuk dan ukuran yang jauh lebih besar dengan buaya pada saat ini. Hal ini tidak mengherankan karena pada zaman purba banyak juga binatang yang memiliki ukuran yang sangat besar. Contohnya saja dinosaurus. Namun, pada saat ini juga masih ditemukan buaya yang memiliki ukuran yang besar.

Memang, ukurannya tidak sebesar buaya pada zaman dulu. Hanya saja, jika kita bandingkan ukuran buaya pada zaman sekarang, buaya terbesar di dunia ini diatas rata-rata.

Bagi kamu yang penasaran buaya apa dan sebesar apa ukuran buaya tersebut, berikut daftar buaya terbesar di dunia yang pernah ditemukan oleh manusia beserta penjelasannya.

Buaya Florida (4 Meter)

Suara.com

Suara.com

Pada bulan Maret 2015, kota Florida digemparkan dengan penemuan seekor buaya. Buaya tersebut tiba-tiba muncul di lapangan golf. Kemunculan buaya tersebut di lapangan golf membuat geger warga sekitar. Pasalnya, buaya tersebut memiliki ukuran yang sangat besar. Bisa dikatakan bahwa buaya tersebut termasuk salah satu buaya terbesar di dunia.

Buaya yang kemudian oleh masyarakat dinamakan buaya florida tersebut memiliki ukuran tubuh dengan panjang 4 meter dan memiliki berat sekitar 363 kilogram. Dengan ukuran tersebut, sudah bisa dipastikan orang yang melihat ditempat kejadian merasa takut terhadap kejadian tersebut.

Video Buaya Florida

Buaya Pocho-Puerto Rico

http://www.beritafid.com/

http://www.beritafid.com/

Pada bulan Oktober 2011, Pulau Puerto rico digegerkan dengan penemuan seekor buaya. Buaya yang kemudian oleh masyarakat setempat diberi nama Pocho ini memiliki berat tubuh sekitar 1 ton. Dengan ukuran demikian, maka buaya Pocho termasuk dari salah satu buaya terbesar di dunia. Namun, sangat disayangkan karena penduduk setempat menemukan buaya Pocho dalam keadaan sekarat. Sehingga, dalam selang waktu yang tidak lama setelah penangkapan tersebut, buaya Pochi mati.

Buaya Cassius, Quennsland, Australia (5,5 Meter)

Sejujurnya.com

Sejujurnya.com

Buaya cassius bukan sembarang buaya. Buaya cassius termasuk buaya tertua di dunia. Buaya ini memegang rekor sebagai buaya tertua di dunia dalam penangkaran. Buaya cassius menghuni penangkatan tepat di Quessland Utara sejak tahun 1987.

Buaya cassius memiliki ukuran dengan panjang sekitar 5,5 meter. Dengan ukuran tersebut menjadikan buaya cassius terdaftar pada Guinness World Record sebagai buaya terbesar di dunia.

Sebelum masuk dalam penangkaran di Idyllic Green Island di bagian utaranegara bagian Queensland, Australia, buaya cassius termasuk buaya yang buas. Sebelum ditangkap, buaya cassius memiliki reputasi yang buruk.
Buaya ini sering kali menyerang dan menghancurkan baling-baling kapal. Selain itu, buaya cassius juga sering kali mencuri, menyerang, dan memakan sapi yang berada di peternakan di wilayah Northern Territory Australia.

Selain meresahkan masyarakat, buaya cassius juga sering kali berkelahi dengan sesama buaya lainnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya bekas luka perkelahian pada tubuh buaya dan ditemukan bahwa bagian jari buaya ini hilang akibat dari perkelahian dengan buaya lainnya.

Karena berbagai permasalahan yang mucul akibat ulah buaya cassius ini, maka pada akhir tahun 1984, buaya cassius ditangkap oleh seorang pawang buaya yang bernama George Craig dan buaya tersebut dibawa ke raig’s Crocodile Park.

Sejak di penangkaran, buaya tersebut diberi nama cassius. Lantas, apa maksud dari nama cassius tersebut? Ternyata, nama cassius diambil dari nama salah satu petinju kelas berat yang sangat terkenal, yaitu Cassius Clay. Nama petinju tersebut merupakan nama petinju Muhammad Ali sebelum diganti.

Saat ini, buaya cassius sudah berumur sekitar 113 tahun dan menempati penangkaran buaya di Idyllic Green Island di bagian utaranegara bagian Queensland, Australia.

Buaya Gustave, Afrika (6 Meter)

http://keepo.me/

http://keepo.me/

Buaya Gustave merupakan salah satu buaya terbesar di dunia yang ditemukan di negara Afrika. Buaya gustave ini memiliki ukuran dengan panjang sekitar 6 meter dan memiliki berat sekitar 1 ton.

Sebelum dilakukan penangkapan, buaya gustave hidup di sungai Gurguzi, Gurduzi. Karena buaya ini sudah meresahkan masyarakat sekitar, maka buaya ini ditangkap. Menurut keterangan yang ada, sekitar 300 orang menjadi korban buaya yang satu ini.

Upaya menangkap buaya gustave juga mengorbankan banyak nyawa manusia. Pada akhirnya, buaya gustave berhasil ditangkap oleh seorang pemburu yang bernama Pertice paye selama tiga bulan. Dalam kurun waktu tersebut, banyak rekan Pertice paye meninggal akibat serangan buaya gustave.

Karena perjuangan dalam menangkap buaya gustave tidak mudah dan menarik perhatian banyak orang, akhirnya pemburuan yang dilakukan Pertice diangkat dalam suatu film layar lebar dengan judul Primeval.

Buaya Lolong – Filipina (6,21 Meter)

http://keepo.me/

http://keepo.me/

Buaya terbesar di dunia berikutnya adalah buaya lolong. Buaya lolong ini ditemukan di Filipina pada bulan Februari 2013. Buaya lolong ini ditangkap oleh seorang Zoologist dan di bantu warga setempat. Setelah tertangkap, buaya lolong dibawa ke penangkaran di kebun binatang setempat.

Buaya lolong termasuk buaya terbesar di dunia karena buaya ini memiliki ukuran panjang sekitar 6,21 meter dan berat buaya sekitar 1 ton.

Buaya Sangatta – Kalimantan (7 meter, 1 ton)

kaskus.com

kaskus.com

Tak hanya di luar negeri saja yang pernah menemukan buaya terbesar di dunia. Di Indonesia juga pernah ditemukan buaya terbesar di dunia dengan ukuran panjang sekitar 7 meter dan berat sekitar 1 ton.

Buaya tersebut ditemukan di Pulau Kalimantan dan oleh masyarakat sekitar buaya tersebut dinamakan buaya sangatta. Buaya sangatta ini memang tergolong buaya yang ganas. Sering kali buaya ini menyerang manusia dan memangsanya.

Tercatat, dalam kasus terakhir pada bulan Agustus 2015, buaya sangatta ini menyerang dan memangsa seorang pria yang berusia sekitar 20 tahun di daerah Balikpapan. Hal tersebut membuat pemuda tersebut meregang nyawa.

Buaya Krys-Australia (8,6 meter, 1 ton)

duniaq.com

duniaq.com

Buaya krys merupakan salah satu buaya terbesar di dunia dengan berat sekitar 1 ton dan memiliki ukuran panjang sekitar 8,6 meter. Buaya yang satu ini namanya diambil dari seseorang yang pertama kali menemukan buaya ini, yaitu Krystuna Pawlowski. Jika dibandingkan dengan buaya yang ditemukan sebelumnya, buaya krys jauh lebih besar.

Buaya Sarcosuchus (13 meter, 8 ton)

en.wikipedia.org

en.wikipedia.org

Buaya terbesat di dunia berikutnya adalah buaya sarcosuchus. Buaya yang satu ini termasuk buaya yang hidup pada zaman prasejarah. Jadi, kita saat ini tidak bisa melihatnya secara langsung. Namun, bukti adanya buaya sarcosuchus dapat dilihat dari penemuan fosil yang saat ini disimpan di museum.

Buaya sarcosuchus dikabarkan memiliki ukuran panjang sekitar 13 meter dan memiliki berat badan sekitar 8 ton. Buaya sarcosuchus dikenal juga memiliki pergerakan yang sangat cepat. Berbeda dengan buaya pada saat ini. Buaya tersebut mampu berlari dengan kecepatan 50 km/jam. Rasanya hal yang sangat mustahil dilakukan oleh seekor buaya saat ini.

Menurut penelitian, buaya sarcosuchus ini mampu memangsa dinosaurus dimana selama ini kita kenal dinosaurus sebagai hewan yang memiliki ukuran yang sangat besar. Tentunya informasi ini mengejutkan banyak pihak. Karena dinosaurus saja sudah memiliki ukuran yang besar, tapi masih bisa dijadikan santapan oleh buaya sarcosuchus ini.

Buaya Di Pontianak, Kalimantan (7 Meter)

http://tanahkavlingpontianak.com/

http://tanahkavlingpontianak.com/

Selain buaya sangatta, di Indonesia juga ditemukan buaya di daerah Pontianak, Kalimantan. Beberapa tahun yang lalu, buaya ini membuat geger masyarakat setempat. Karena buaya ini memangsa orang yang sedang mandi di pinggir sungai kapuas.

Buaya yang memiliki ukuran dengan panjang 7 meter dan memiliki berat sekitar 1,5 ton ini mampu mengoyak-koyak mangsanya hanya dalam satu kali gigitan saja. Namun, saat ini, buaya tersebut sudah mati dan mayatnya diawetkan di museum setempat.

Buaya Di Manila, Fillipina (6,7 Meter )

http://klikrefresh.blogspot.co.id/

http://klikrefresh.blogspot.co.id/

Buaya terbesar di dunia lainnya ditemukan di sungai Agusan, Manila, Filipina. Sebelum penangkapan yang dilakukan oleh hampir 100 nelayan setempat, buaya yang memiliki ukuran dengan panjang lebih dari 6,7 meter dan memiliki berat sekitar 1,5 ton ini meresahkan warga setempat. Diduga, sebelum penangkapan, buaya ini memangsa seorang nelayan setempat. Oleh karena itu, para nelayan bekerjasama untuk menangkap buaya ini.

Buaya di Fillipina Town (6,2 Meter)

http://keepo.me/

http://keepo.me/

Buaya terbesar di dunia berikutnya juga ditemukan di Filipina, tapatnya di sungai Filipina Towm. Buaya ini tidak sengaja ditemukan oleh Adam Britton, seorang ahli zoologist di pinggir sungai.

Saat ini, buaya yang memiliki ukuran panjang 6,2 meter tersebut dimakukkan dalam penagkaran kebun binatang setempat. Di dalam kebun binatang tersebut, sudah tercatat sekitar 27 ribu pengunjung kebun binatang melihat buaya terbesar di dunia.

Buaya Normanton di Australia

Sejujurnya.com

Sejujurnya.com

Tak kalah besarnya dengan buaya yang ditemukan sebelumnya di Australia, buaya normanton ini memiliki ukuran panjang 8,64 meter dan memiliki berat hampir 1 ton.

Buaya Uganda – Uganda

BBC.com

BBC.com

Sama halnya dengan buaya terbesar di dunia yang sebelumnya tertangkap, buaya yang ditangkap oleh warga di sekitar Danau Victoria, Uganda ini memiliki berat sekitar 1 ton. Sebelum ditangkap oleh warga, buaya tersebut memakan korban jiwa sebanuak 4 orang. Karena hal tersebutlah warga menangkap buaya tersebut dan dimasukkan dalam Taman Nasional Murchison Falls.

Buaya Alabama – Amerika Serikat

https://pixabay.com

https://pixabay.com

Mungkin, buaya yang berhasil di tangkap di Sungai Alabama, Amerika Serikat ini tidak sebesar buaya sebelumnya. Namun, jika dibandingkan dengan ukuran buaya pada umumnya, buaya yang ditangkap oleh sebuah keluarga di Alabama ini lebih besar. (Baca juga: Ikan Hias Air Tawar)

Buaya ini memiliki ukuran panjang sekitar 5 meter dan memiliki berat sekitar 458kg. Satu keluarga di Alabama yang berhasil menangkap buaya ini membutuhkan waktu sekitar 10 jam.

Buaya Desa Waworaha – Indonesia

satujam.com

satujam.com

Satu lagi buaya terbesar di dunia yang ditemukan di Indonesia. Buaya tersebut berada di perairan laut Soropia, Desa Wawaraha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Buaya yang memiliki ukuran panjang sekitar 7 meter tersebut sangat meresahkan warga setempat, khususnya para nelayan. Karena buaya tersebut sering kali muncul secara tiba-tiba.

Buaya Puento Noire

www.youtube.com

www.youtube.com

Buaya terbesar di dunia yang terakhir adalah buaya puento noire. Buaya tersebut memiliki ukuran panjang sekitar 5,4 meter dan ditemukan di Kongo. Sayang, pada saat penangkapan, buaya tersebut telah mati. Karena buaya tersebut ditemukan dalam keaadaan tewas, maka masyarat Republik Kongo menamakan buaya tersebut dengan sebutan Puento Noire.

Nah, demikian penjelasan mengenai buaya terbesar di dunia yang pernah dijumpai dan ditangkap oleh manusia. Buaya-buaya tersebut tidak semua ditemukan dalam keadaan hidup. Ada yang ditemukan dalam keadaan mati, bahkan ada juga yang ditemukan hanya fosilnya saja. Tidak menutup kemungkinan dalam tahun-tahun kedepan ditemukan lagi buaya yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

Demikian artikel mengenai buaya terbesar di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan sekiranya artikel ini bermanfaat bagi kamu, maka jangan lupa untuk share artikel ini agar orang lain juga mendapatkan manfaat dari artikel ini. Baca juga artikel Ular Terbesar di Dunia, Hewan Terbesar di Dunia, Ikan Terbesar di dunia, dan artikel terkait lainnya. Terima kasih.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>