Inilah 38 Ikan Terbesar di Dunia yang Pernah di Tangkap

Ikan Terbesar di Dunia – Tahukah kamu berapa banyak jumlah ikan di dalam laut? Pasti tidak ada satu orang pun yang tahu mengenai hal tersebut. Karena memang jumlah ikan sangat banyak. Mulai dari ikan terkecil hingga ikan terbesar di dunia.

Mungkin, kita ini belum pernah sekalipun melihat ikan terbesar di dunia. Namun, beberapa orang pernah melihat bahkan menangkap ikan terbesar di dunia. Bagi kamu yang belum pernah melihat ikan terbesar di dunia, berikut beberapa ikan yang memiliki ukuran sangat besar yang pernah ditangkap oleh manusia.

Ikan Todak (Swordfish)

duniaq.com

duniaq.com

Ikan todak atau disebut juga ikan pedang merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki rahang atas dan moncong memanjang ke depan membentuk seperti pedang. Mungkin, karena bentuknya tersebut ikan ini diberi julukan ikan pedang.

Jika kita ukur, panjang moncong ikan todak sekitar 1/3 dari ukuran panjang badan ikan dan panjang tubuh ikan todak bisa mencapai 4 meter. Hal ini berarti panjang keseluruhan ikan todak sekitar 5.5 meter dan bobot ikan todak ini bisa mencapai 650 kg.

Ikan todak terbesar di dunia yang pernah tertangkap memiliki ukuran dengan panjang 179,25 inch dan bobot ikan ini sekitar 1182 pound. Ikan todak ini berhasil ditangkap oleh Lou Marron dengan waktu yang dibutuhkan untuk mendaratkan ikan todak ini sekitar 2 jam. Saat ini, ikan todak tersebut dipamerkan di Museum International Game Fish Association Fishing Hall Of Fame Miami, Florida.

Cumi – cumi

duniaq.com

duniaq.com

Kita pasti sudah tahu apa itu cumi-cumi. Salah satu binatang laut yang memiliki rasa yang sangat lezat. Bahkan di restoran, menu cumi-cumi termasuk menu yang sangat mahal harganya.

Namun, cumi-cumi yang biasa dikonsumsi adalah cumi-cumi yang memiliki ukuran sekitar 5 cm. Cumi-cumi tersebut mudah saja kita temukan, baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata ada juga cumi-cumi yang memiliki ukuran raksasa?

Ya, cumi-cumi tersebut termasuk jenis cumi cumi Architeuthis princeps atau cumi-cumi raksasa. Cumi-cumi raksasa ini memiliki ukuran lebih dari 15 meter.

Cumi-cumi raksasa ini ternyata pernah tertangkap di Laut Artik. Namun, cumi-cumi raksasa yang tertangkap bukan termasuk cumi-cumi dewasa. Karena ukuran cumi-cumi tersebut sekitar 6 meter dan memiliki berat 1.089 pound atau setara dengan 490 kg. Meskipun ukurannya tidak ukuran maksimal, tetap saja jauh lebih besar dibandingkan jenis cumi-cumi yang biasa kita konsumsi.

Atlantic Blue Marlin

duniaq.com

duniaq.com

Atlantic blue marlin merupakan salah satu jenis ikan marlin yang tinggal di Samudra Atlantik. Ukuran atlantic blue marlin pada umumnya memang besar. Ukurannya bisa mencapai 14 kaki atau setara dengan 4,3 meter dan beratnya bisa mencapai 1.803 pound atau setara dengan 818 kg.

Ikan atlantic blue marlin terbesar yang pernah tertangkap memiliki ukuran 1402 pound. Ikan seberat itu berhasil ditangkap oleh Paulo Amorim pada tahun 1992 di daerah Pantai Victoria, Brazil. Paolo Amorim berhasil menangkap ikan atlantic blue marlin dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam 20 menit.

Atlantic Bluefin Tuna

duniaq.com

duniaq.com

Atlantic bluefin tuna merupakan ikan dengan spesies dari keluarga Scombridae. Dalam Bahasa Indonesia, atlantic bluefin tuna memiliki arti ikan tuna sirip biru. Atlantic berarti Samudra Atlantik. Jadi, atlantic bluefin tuna adalah ikan tuna sirip biru yang menempati Samudra Atlantik.

Atlantic bluefin tuna merupakan ikan tuna yang menempati Samudra Atlantik Barat ddan Samudra Atlantik Timur. Ikan tuna yang satu ini memang memiliki ukuran yang sangat besar.

Ukuran terbesar dari Atlantik Bluefin Tuna yang pernah ditangkap oleh manusia adalah 1.496 pound. Ikan dengan berat tersebut berhasil ditangkap oleh Seorang pemancing handal, Ken Fraser di Aulds Cove, Nova pada Oktober 1979. Fraser membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mendaratkan ikan atlantic bluefin tuna tersebut.

Ikan Marlin

duniaq.com

duniaq.com

Selain atlantic blue marlin, ada juga jenis ikan marlin lainnya yang berhasil ditangkap. Penangkap ikan marlin ini adalah Kevin Gardner, seorang pemilik pub.

Ikan marlin yang ditangkap oleh Kevin memiliki ukuran yang sangat besar. Ukuran ikan marlin yang ditangkap oleh Kevin memiliki berat sekitar 1320 kg dan panjang sekitar 6 meter di perairan Samudra Atlantik.

Menurut Kevin, ikan marlin ini termasuk tangkapan yang paling besar selama 25 tahun menggeluti dunia pancing memancing. Kavin membutuhkan waktu selama kurang lebih 3 jam untuk menaklukkan ikan raksasa tersebut. Dia tidak pernah terpikir sebelumnya mendapatkan ikan sebesar itu.

Paddlefish

zmzb2c.com

zmzb2c.com

Paddlefish merupakan binatang laut yang memiliki bentuk mulut seperti paddle shaped snouts. Mulut paddlefish ini digunakan untuk mencari makanan di dasar laut. Jadi, mulutnya tersebut untuk menggali guna menemukan makanan di dasar laut.

Paddlefish mampu tumbuh dengan panjang sekitar 5 kaki dan memiliki bobot hingga 60 pound. Meskipun ukurannya yang besar, paddlefish termasuk binatang yang jinak. Kamu bisa menemukan paddlefish di daerah Mississippi Valley dan Saluran air di daerah Gulf Slope Amerika Utara.

Nile Perch

zmzb2c.com

zmzb2c.com

Nile perch merupakan jenis ikan yang hidup di perairan sungai. Meskipun hidupnya di perairan sungai, ikan nile perch memiliki ukuran yang besar. Ikan ini mampu tumbuh dengan panjang hingga 6 kaki dan memiliki bobot hingga 500 pound.

Ikan nile perch termasuk jenis ikan yang agresif. Hidupnya di perairan sungai, kolam, dan danau yang terletak di daerah Mediterania, Etiopia Afrika, Sungai Nil dan juga cekungan di wilayah Kongo.

Taimen

zmzb2c.com

zmzb2c.com

Taimen merupakan jenis ikan yang termasuk dalam keluarga trout raksasa. Taimen bisa ditemukan di daerah Rusia dan Mongol. Ikan taimen ini bisa tumbuh hingga 7 kaki dan bobotnya bisa mencapai 230 pound. Namun, untuk mendapatkan ikan taimen dengan ukuran yang besar sudah sangat sulit, karena ikan taimen termasuk jenis ikan yang paling banyak diburu para pemancing.

Arapaima

zmzb2c.com

zmzb2c.com

Ikan arapaima memiliki kemiripan dengan ikan arwana. Ikan ini hidup di Amazon basin di Amerika Selatan. Ikan arapaima seringkali menampakan di permukaan untuk bernapas. Ikan ini mampu tumbuh dengan panjang mencapai 8 kaki dan bobot bisa mencapai 330 pound.

Alligator Gar

zmzb2c.com

zmzb2c.com

Alligator gar merupakan ikan yang sangat menakutkan. Mulut ikan alligator gar mirip seperti buaya dan termasuk ikan pemburu. Ikan ini mampu tumbuh dengan panjang mencapai 10 kaki dan bobot ikan ini bisa mencapai 350 pound. Meskipun ikan ini termasuk ikan pemburu, namun hingga saat ini belum ada laporan bahwa ikan alligator gar menyerang manusia.

Giant Freshwater Stingray

zmzb2c.com

zmzb2c.com

Giant Freshwater Stingray merupakan jenis ikan yang habitatnya di sungai. Meskipun habitatnya di sungai, ikan ini memiliki ukuran yang sangat besar. Giant Freshwater Stingray mampu tumbuh dengan panjang 10 kaki dan bobotnya bisa mencapai 1300 pound.

Ikan yang banyak ditemukan di dasar sungai di Malaysia, thailand, dan Indonesia ini termasuk ikan buas. Ikan ini tidak segan-segan menyerang siapa saja yang mendekatinya. Duri beracun dibagian ekornya akan digunakan senjata buat menyerang kamu.

Meskipun ikan ini akan menyerang siapa saja yang mendekatinya, namun banyak orang yang tetap saja memburu Giant Freshwater Stingray. Saat ini, keberadaan Giant Freshwater Stingray sangat memprihatinkan. Populasinya mulai terancam kepunahan.

Bull Shark

zmzb2c.com

zmzb2c.com

Mungkin, sangat jarang ikan yang mampu untuk hidup di air tawar dan air asin. Namun, untuk bull shark, ia mampu untuk hidup di kedua air tersebut. Umumnya, ikan ini dapat ditemukan di sungai yang terhubung langsung dengan laut. Sehingga ia mampu pindah dari air tawar ke air asin atau sebaliknya.

Sungai Mississippi yang menuju St. Louis, Sungai Amazon, dan Danau Nicaragua lah tempat hidupnya. Karena sungai dan danau tersebut terhubung langsung oleh laut.

Bull shark memiliki ukuran yang sangat besar. Ukurannya bisa mencapai 11,5 kaki dengan bobot mencapai 500 pound. Ikan ini termasuk ikan buas dan seringkali menyerang orang yang berada disekitarnya.

Mekong Giant Catfish

zmzb2c.com

zmzb2c.com

Mekong Giant Catfish merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi objek para pemancing. Karena jenis ikan ini memiliki cita rasa yang enak. Selain itu, ukurannya yang besar membuat orang semakin tertarik untuk memburu jenis ikan ini.

Ukuran ikan Mekong Giant Catfish bisa mencapai 10 kaki dan beratnnya bisa mencapai 600 pound. Oleh karena itu, tidak heran jika populasi ikan Mekong Giant Catfish sangat terancam.

White Sturgeon

zmzb2c.com

zmzb2c.com

Sama halnya ikan bull shark, white strugeon juga ikan yang mampu hidup di air tawar maupun air asin. White sturgeon termasuk salah satu jenis ikan yang sudah ada sejak jaman pra sejarah. Ikan yang memiliki ukuran panjang mencapai 20 kaki dan bobot bisa mencapai 1500 pound serta termasuk ikan terbesar di Benua Amerika ini terancam punah. Karena perburuan yang seringkali dilakukan. Kamu bisa menemukan white sturgeon di daerah Barat Amerika Serikat dan Kanada.

Beluga Sturgeon

zmzb2c.com

zmzb2c.com

Beluga sturgeon masih termasuk saudara dari white sturgeon. Sama halnya dengan white sturgeon dan bull shark, beluga sturgeon juga mampu hidup di air asin maupun air tawar.

Hal yang membedakan dari white sturgeon dengan beluga sturgeon adalah tempat tinggalnya. Jika white sturgeon tinggal di daerah Benua Amerika, beluga sturgeon tinggal di Rusia.

Ikan yang terancam keberadaannya karena pemburuan telurnya yang dijadikan most wanted caviar dan memiliki nilai yang sangat tinggi ini memiliki ukuran dengan panjang bisa mencapai 15 kaki dan bobot yang dimiliki bisa mencapai 2500 pound.

Namun, ada juga yang lebih besar dari ukuran tersebut. Karena menurut rekor yang pernah tercatat, terdapat beluga sturgeon yang memiliki ukuran dengan panjang hingga 20 kaki dan memiliki bobot hingga 7000 pound. Salah satu ikan terbesar di dunia ini mampu hidup hingga 100 tahun.

Ikan Paus Terbesar di Dunia

Semua orang tentu saja mengenal ikan paus. Ikan yang memiliki ukuran yang sangat besar ini memang cukup dikenal oleh masyarakat. Meskipun mereka tidak pernah melihat secara langsung ikan paus. Tetapi, pasti sebagian besar tidak tahu jenis-jenis ikan paus. Berikut jenis-jenis ikan paus yang memiliki ukuran terbesar di dunia.

Narwhal

http://zmzb2c.com/

http://zmzb2c.com/

Narwhal merupakan jenis ikan paus yang memiliki gading yang lurus dan juga memiliki gigi. Ikan yang memiliki ukuran dengan panjang bisa mencapai 18 kaki dan bobot bisa mencapai 3500 pound ini bisa ditemukan di perairan yang memiliki udara dingin, seperti Canadian Arctic dan Greenland.

Beluga Whale / Paus Beluga

http://zmzb2c.com/

http://zmzb2c.com/

Beluga whale merupakan jenis ikan paus yang memiliki tampilan seperti lumba-lumba. Ikan yang memiliki warna putih dengan kadar lemak hingga 50% ini bisa ditemukan di perairan dingin Artic. Selain itu, ikan ini juga bisa ditemukan di daerah pantai Rusia, Amerika Utara, dan Greenland. Beluga whale memiliki ukuran dengan panjang hingga 18 kaki dan bobot bisa mencapai 3500 pound.

Minke Whale

http://zmzb2c.com/

http://zmzb2c.com/

Minke whale merupakan jenis ikan paus yang menempati peringkat ke-7 jenis ikan paus terbesar di dunia. Ikan yang bisa ditemukan di bumi bagian utara ini memiliki panjang mencapai 24 kaki dengan bobot bisa mencapai 10 ton.

Orca Whale

http://zmzb2c.com/

http://zmzb2c.com/

Orca whale merupakan jenis ikan paus terbesar dalam urutan ke-6. Jenis ikan paus ini dikenal dengan ikan paus pembunuh. Orca whale memiliki ukuran dengan panjang bisa mencapai 32 kaki dan mampu hidup hingga 60 tahun.
Meskipun Orca whale termasuk ikan paus pembunuh, banyak juga orang yang mengembangbiakkan jenis ikan ini di dalam aquarium besar.

Selain itu, jenis ikan paus pembunuh ini juga sering dijadikan objek dalam sebuah hiburan. Karena Orca whale memiliki otak yang besar dimana mempengaruhi tingkat kecerdasan ikan ini.

Humpback Whale

http://zmzb2c.com/

http://zmzb2c.com/

Humpback whale merupakan jenis ikan paus terbesar dalam urutan ke-5. Jenis ikan paus ini memiliki ukuran dengan panjang bisa mencapai 52 kaki dan memiliki bobot hingga 80.000 pound.

Meskipun ukuran Humpback whale sangat besar, jenis ikan paus yang satu ini memiliki kebiasaan yang unik, yaitu suka hidup bergerombol bersama teman-temannya. Sehingga, jika dilihat dari kejauhan, nampak sekali ikan besar-besar dalam jumlah yang banyak.

Bowhead Whale

http://zmzb2c.com/

http://zmzb2c.com/

Bowhead whale merupakan jenis ikan paus terbesar yang masuk dalam urutan ke-4. Jenis ikan paus ini memiliki ukuran dengan panjang bisa mencapai 66 kaki dan bobot bisa mencapai 74 ton.

Jenis ikan paus yang satu ini sangat berbeda dengan jenis ikan paus lainnya. Jenis ikan paus ini tidak memiliki sirip di punggungnya dan memiliki tubuh yang gempal. Terkadang, jenis ikan paus ini disebut juga dengan sebutan Greenland Right Whale atau Artctic Whale. Sebutan tersebut karena ikan paus ini seringkali terlihat di daerah artctic.

Right Whale

http://notesfromafuturezookeeper2.weebly.com/

http://notesfromafuturezookeeper2.weebly.com/

right whale merupakan jenis ikan paus terbesar dengan urutan ke-3. Jenis ikan paus ini termasuk jenis ikan paus yang sangat tidak enak dilihat dari sekian jenis ikan paus. Ikan yang memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi dan memiliki minyak ikan terbanyak ini ukurannya bisa mencapai 60 kaki dengan berat bisa mencapai 100 ton.

Finback Whale

http://zmzb2c.com/

http://zmzb2c.com/

jenis ikan paus terbesar yang masuk dalam urutan ke-2 adalah Finback whale. Jenis ikan ini memiliki ukuran dengan panjang bisa mencapai 90 kaki dan beratnya bisa mencapai 74 ton.

Jenis ikan paus ini disebut juga fin whale, rorqual atau razorback ini memiliki tubuh yang ramping, berwarna agak abu-abu dan keberadaannya saat ini sangat terancam. Karena jenis ikan paus ini seringkali menjadi perburuan manusia.

Blue Whale / Paus Biru

http://zmzb2c.com/

http://zmzb2c.com/

Nah, saatnya kita mengetahui jenis ikan paus yang paling besar di antara jenis ikan paus lainnya, yaitu Blue Whale. Jenis ikan paus yang satu ini memiliki ukuran dengan panjang bisa mencapai 100 kaki dan memiliki berat hingga 150 ton. Dengan panjang mencapai 100 kaki dan bobot mencapai 150 ton, jenis ikan paus ini terlihat ramping. Namun sangat disayangkan, jenis ikan paus ini keberadaannya sangat terancam. Karena perburuan yang dilakukan oleh manusia.

Ikan Hiu Terbesar Di Dunia

Sama halnya dengan ikan paus, banyak orang yang tahu mengenai ikan hiu ini. Meskipun mereka tidak pernah melihat secara langsung. Namun, sebagian besar tidak mengetahui jenis-jenis ikan hiu, apalagi jenis ikan hiu yang memiliki ukuran paling besar. oleh karena itu, berikut ini jenis-jenis ikan hiu terbesar di dunia.

Bluntnose Sixgill Shark

wowasiknya.com

wowasiknya.com

Bluntnose Sixgill Shark merupakan salah satu jenis ikan hiu yang masuk dalam keluarga hexanchidae dimana kebanyakan dari keluarga hexanchidae sudah mulai punah. Jadi, Bluntnose Sixgill Shark termasuk ikan hiu dari keluarga hexanchidae yang sanggup bertahan hingga saat ini.

Bluntnose Sixgill Shark memiliki ukuran dengan panjang sekitar 16 kaki atau setara dengan 4,8 meter. Jenis ikan hiu ini memiliki warna mulai dari coklat hingga mendekati warna hitam dan memiliki garis berwarna kuning terang di bagian samping tubuhnnya.

Thresher Shark

wowasiknya.com

wowasiknya.com

Thresher Shark merupakan salah satu jenis ikan hiu yang diperkiran hidupnya di Laut Khatulistiwa. Jenis ikan hiu ini memiliki ukuran dengan panjang bisa mencapai 18 kaki dan memiliki bobot bisa mencapai sekitar 500 kg. (Baca juga: Makanan Ikan Arwana)

Great Hammerhead Shark

wowasiknya.com

wowasiknya.com

Great Hammerhead Shark merupakan jenis ikan hiu yang termasuk dalam keluarga Sphyrnidae. Jenis ikan hiu ini juga dikenal dengan sebutan ikan hiu martil. Karena bentuk kepalanya mirip seperti martil. (Baca juga: Ikan Hias Air Tawar)

Great Hammerhead Shark memiliki ukuran dengan panjang sekitar 20 kaki dan pada tahun 2006, ikan hiu ini pernah tertangkap dalam kondisi sedang hamil di Boca Grande dengan berat mencapai 580 kg.

Greenland Shark

wowasiknya.com

wowasiknya.com

Greenland Shark adalah jenis ikan hiu yang paling lambat jika dibandingkan dengan jenis ikan hiu lainnya. Jenis ikan hiu ini hanya memiliki kecepatan tenang sekitar 2,7 km/jam saja. Namun, jenis ikan hiu ini memiliki ukuran dengan panjang mencapai 21 kaki dan mampu bertahan hingga 200 tahun. Hal ini menjadikan Greenland Shark termasuk salah satu hewan yang memiliki usia terpanjang di dunia.

Pacific Sleeper Shark

wowasiknya.com

wowasiknya.com

Pacific Sleeper Shark atau Somniosus pacificus adalah jenis ikan hiu yang memiliki ukuran dengan panjang bisa mencapai 23 kaki dan memiliki berat bisa mencapai 350 kg. Dengan ukuran panjang dan berat tersebut, menjadikan Pacific Sleeper Shark sebagai salah satu jenis ikan hiu terbesar di dunia.

Jenis ikan hiu ini bisa dijumpai di laut yang memiliki kedalaman sekitar 6500 kaki dibawah permukaan laut. Oleh karena itu, jenis ikan hiu ini sangat sulit ditemukan di dekat pantai. (Baca juga: Buaya Terbesar di Dunia)

Tiger Shark

wowasiknya.com

wowasiknya.com

Tiger Shark atau Galeocerdo Cuvier merupakan salah satu jenis ikan hiu yang memiliki ukuran dengan panjang mencapai 24 kaki dan memiliki berat hingga 900 kg.

Jika dibandingkan dengan jenis ikan hiu lainnya, Tiger Shark termasuk jenis ikan hiu terganas di dunia. Hal ini terbukti dengan kebiasaannya menyerang jenis ikan lain di laut. Tak hanya itu, Tiger Shark juga pernah ditemukan menyerang manusia di pantai.

Tiger Shark memiliki corak seperti harimau. Mungkin, karena hal tersebut, jenis ikan hiu ini dinamakan Tiger Shark. Daerah hidupnya biasanya di Perairan Khatulistiwa. Namun, pernah juga ditemukan di Perairan Pasifik.

Great White Shark

wowasiknya.com

wowasiknya.com

Great White Shark atau Carcharodon Carcharias merupakan jenis ikan hiu yang memiliki ukuran dengan panjang bisa mencapai 26 kaki dan memiliki bobot hingga 2200 kg. Jenis ikan hiu ini bisa ditemukan di semua perairan. (Baca juga: Hewan Terbesar di Dunia)

Basking Shark

wowasiknya.com

wowasiknya.com

Basking Shark atau Cetorhinus maximus merupakan jenis ikan hiu yang memiliki ukuran dengan panjang sekitar 40 kaki atau setara dengan 12 meter dan memiliki bobot hingga 19 ton. Jenis ikan hiu ini sangat senang hidup di daerah yang memiliki suhu air 8-14,5 ° C (46-58 ° F). oleh karena itu, jenis ikan hiu yang satu ini bisa ditemukan di laut yang memiliki suhu air antara 8-14,5 ° C (46-58 ° F).

Whale Shark

wowasiknya.com

wowasiknya.com

Whale Shark merupakan salah satu jenis ikan hiu yang memiliki ukuran dengan panjang sekitar 41 kaki dan bobotnya bisa mencapai 15 ton. Whale Shark juga dikenal dengan sebutan hiu paus.

Megalodon Shark

wowasiknya.com

wowasiknya.com

Megalodon Shark adalah salah satu jenis hiu tertua di dunia. Karena Megalodon Shark termasuk dalam ikan hiu pada zaman purba. Diperkirakan, Megalodon Shark sudah ada sejak 20 sampai 1,2 juta tahun yang lalu. Jenis ikan hiu ini sulit sekali ditemukan.

Karena memang Megalodon Shark jarang sekali naik kepermukaan. Ia hanya akan naik kepermukaan untuk mencari mangsa saja. Oleh karena itu, ukuran panjang dan berat Megalodon Shark sulit diketahui. Namun, menurut perkiraan, jenis ikan hiu ini memiliki ukuran lebih besar dari kapal pesiar.

Jika memang benar ukuran Megalodon Shark lebih besar dibandingkan dengan ikan persiar, berarti Megalodon Shark termasuk jenis ikan hiu terbesar di dunia.

Ikan Koi Terbesar di Dunia

octavinsu.blogspot.co.id

octavinsu.blogspot.co.id

Pada tahun 2012, Indonesia mengadakan sebuah kontes Rinyukai Indonesia Super Koi. Kontes ini diadakan untuk menemukan ikan koi yang memiliki ukuran terbesar di Indonesia.

Melalui kontes tersebut, ikan koi yang berjenis kawarimoni muncul sebagai ikan koi terbesar di Indonesia. Ikan koi tersebut memiliki ukuran dengan panjang 115 cm dan memiliki berat mencapai 20 kg.

Menurut sang pemilik ikan koi ini, yaitu Didi Wikara, dia mendapatkan ikan koi tersebut dari Jepang secara langsung. Jadi, Didi meng-impor langsung dari Jepang.

Meskipun ukuran ikan koi kawarimoni sangat besar, namun masih ada jenis ikan koi lainnya yang memiliki ukuran lebih besar dari ikan koi kawarimoni. Jenis ikan koi yang lebih besar dari jenis ikan koi kawarimoni adalah ikan koi berjenis Chagoi.

Ikan koi Chagoi merupakan ikan koi yang memiliki warna perak kecoklat-coklatan. Ikan koi Chagoi saat ini masih memegang predikat ikan koi terbesar di dunia dengan ukuran panjang mencapai 135 cm dan bobotnya mencapai lebih dari 20 kg.

Ikan Gabus Terbesar di Dunia

99gambar.blogspot.co.id

99gambar.blogspot.co.id

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki ukuran dengan panjang bisa mencapai 130 cm dan bobotnya bisa mencapai 20 kg. Ikan gabus ini termasuk ikan predator yang hidupnya di perairan air tawar yang memiliki arus tenang, seperti rawa-rawa dan sungai.

Ikan gabus ini bisa ditemukan di daerah yang memiliki iklim tropis, seperti Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan sebagian kecil Asia Selatan.

Karena banyak ditemukan diberbagai negara, ikan gabus memiliki banyak pula julukan, seperti redline sankehead, snakehead merah, pla Chado (bahasa Thai) dan ikan toman.

Di Malaysia dan Indonesia sendiri, ikan gabus ini lebih familiar dengan sebutan ikan toman. Sedangkan di masyarakat Jawa, ikan gabus lebih dikenal dengan sebutan ikan gabus atau ikan kutuk.

Ikan Lele Terbesar di Dunia

Di Indonesia, ikan lele lebih umum dijadikan sebagai ikan konsumsi. Banyak masyarakat Indonesia sengaja membudidayakan ikan ini untuk dijadikan ikan konsumsi.

Mulai dari warung-warung pinggir jalan hingga restoran mewah menyediakan menu ikan lele. Karena memang rasa ikan ini sangat gurih dan lezat.

Namun, siapa sangka bahwa ikan lele ternyata bisa tumbuh dalam ukuran yang sangat besar. Bahkan, jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis ikan lele pada umumnya yang biasa dikonsumsi.

Pada tahun 2005, ditemukan ikan lele dengan ukuran yang sangat besar. Ikan lele yang berhasil di tangkap di Thailand Utara, tepatnya di Sungai Mekong ini memiliki ukuran hampir 3 meter dan memiliki berat mencapai 293 kg.

Selain di Thailand, ikan lele dengan ukuran yang sangat besar juga ditemukan di China. Ikan lele tersebut memiliki ukuran dengan panjang hingga 6 meter dan bobotnya mencapai 300 kg.

Ikan Bawal Terbesar di Dunia

ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kemiripan dengan ikan piranha. Ikan bawal ini memiliki nama latin Colossoma macropomum.

Ikan yang sangat mirip dengan ikan piranha ini bernama latin Colossoma macropomum. Ikan bawal ini memiliki bentuk tubuh oval serta pipih dengan warna tubuh abu-abu gelap dan bagian bawahnya berwarna putih serta siripnya berwarna merah.

Ikan bawal ini memiliki habitat asli di Amerika Selatan dengan berat terbesarnya bisa mencapai 100 cm. Ikan ini mulai masuk di Indonesia pada tahun 1986.

Sekian informasi mengenai jenis ikan yang memiliki ukuran sangat besar atau bisa dikatakan ikan terbesar di dunia berdasarkan jenisnya. Semoga artikel ikan terbesar di dunia ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu.

Jika ada pertannyaan, saran, atau kritikan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>