Bukti Penemuan 21 Hewan Terbesar di Dunia (Raksasa)

Hewan Terbesar di Dunia – Di dunia ini, banyak sekali hal yang masih menjadi misteri. Bahkan, hewan yang ada di bumi ini juga masih banyak misteri. Salah satu yang menjadi misteri adalah ukuran hewan-hewan tertentu.

Sebagian hewan memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan, ukuran tersebut diatas rata-rata ukuran jenis hewan tersebut. Sebagian dari hewan-hewan tersebut pernah ditemukan dan ditangkap oleh manusia. Namun, sebagian lagi masih dalam misteri.

Apa saja hewan yang memiliki ukuran sangat besar yang pernah ditemukan dan ditangkap oleh manusia, berikut daftar beserta penjelasannya.

Sapi Terbesar

Sapi Chilli 1

boombastis.com

boombastis.com

Tahukah kamu bahwa di Indonesia pernah ada sapi dengan ukuran yang sangat besar? Sapi tersebut adalah sapi chilli. Sapi chilli termasuk dalam jenis sapi Fresian Holstein (FH), yaitu sejenis sapi perah. Pada tahun 2014, sapi chilli ini digunakan sebagai hewan kurban dan tercatat bahwa sapi chilli masuk dalam Rekor MURI sebagai sapi kurban paling berat di Indonesia. Memang, sapi chilli ini memiliki berat 1,2 ton.

Jika dibandingkan dengan sapi pada umumnya, memang sapi chilli ini beratnya jauh berbeda. Tak hanya beratnya saja, sapi chilli juga memiliki tinggi di atas rata-rata sapi pada umumnya. Ketinggian sapi chilli mencapai 1,97 meter. Jika dibandingkan tinggi masyarakat Indonesia pada umumnya, sapi chilli jauh lebih tinggi.

Sapi Chili 2

sp.beritasatu.com

sp.beritasatu.com

Jika tidak terlalu memperhatikan, pasti banyak yang salah faham mengenai sapi yang satu ini. Karena namanya hampir mirip dengan sapi yang ada di Indonesia. Hanya berbeda satu huruf saja, yaitu huruf “l”.
Jika sapi di Indonesia namanya memiliki dua huruf “L”, sedangkan sapi yang ada di Inggris ini memiliki satu huruf “L” saja, yaitu sapi chili.

Sapi chili yang tinggal di Inggris ini memiliki tinggi yang tidak jauh berbeda dengan sapi chilli yang ada di Indonesia. Tinggi sapi chili Inggris ini 195 cm. Lebih pendek 2 cm dari sapi chilli Indonesia. Namun, sapi chili Inggris memiliki keunggulan, yaitu beratnya 1,25 ton. Lebih berat 50 kg dari sapi chilli Indonesia.

Anjing Raksasa

ytimg.com

ytimg.com

Anjing yang memiliki ukuran jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran anjing pada umumnya ini bernama hercules. Anjing hercules ini masuk dalam sebuah nominasi hewan daratan terbesar. Ras anjing hercules adalah anjing ras mastiff Inggris.

Jika dibandingkan dengan ras mastiff Inggris lainnya, anjing hercules memiliki ukuran dan berat jauh lebih besar. Perbedaan ukuran ini disebabkan oleh diet alami yang dilakukan oleh anjing hercules ini. Pernyataan tersebut disampaikan oleh sang pemilik anjing hercules, yaitu Mr. Flynn.

Babi

dailymotion.com

dailymotion.com

Memang, binatang yang satu ini sulit ditebak ukuran maksimalnya berapa. Saat baru lahir, ukurannya sangat kecil. Namun, karena kerakusannya, bahkan kotorannya sendiri di makan, ukuran babi bisa saja tak terhingga. Hal ini terbukti dengann adanya babi terbesar di dunia. Babi ini berasal dari Provinsi Liaoning, RRC dan sangking besarnya, babi ini tercatat dalam Guinness Book of Record.

Berat babi terbesar di dunia ini sekitar 900 kg dan memiliki panjang sekitar 2,5 meter. Namun, menurut keterangan dari seorang petani dari Kota Wafangdian, Xu Changjin, babi ini sudah meninggal. Babi ini hanya sanggup bertahan hidup selama 5 tahun saja. Mungkin, organ tubuh tidak sanggup menahan berat babi tersebut.

Liger

boombastis.com

boombastis.com

Mungkin, para pembaca ruangtanya.com mengira liger adalah tiger. Ternyata, liger memiliki perbedaan dengan tiger. Liger adalah nama dari hewan hasil dari perkawinan silang antara harimau betina dengan singa jantan. Perkawinan silang antara harimau betina dengan singa jantan menghasilkan jenis hewan yang berbeda, yang dinamakan liger.

Salah satu liger memiliki ukuran yang lebih besar dari liger lainnya. Liger yang namanya memiliki kesamaan dengan anjing terbesar , hercules memiliki berat badan 900 kg. Oleh Guinness Book of Records, liger hercules ini diakui sebagai kucing terbesar di dunia.

Ular Terbesar di Dunia

rjsyahrulloh.blogspot.com

rjsyahrulloh.blogspot.com

Terdapat beberapa ular terbesar di dunia yang pernah ditemukan di beberapa negara. Salah satu ular terbesar di dunia terebut adalah anaconda yang tinggal di Sungai Abuna, Brazil.

Anaconda yang menjadi penunggu Sungai Abuna ini memiliki ukuran panjang sekitar 45 kaki atau 13 meter. Bagaimana dengan ukuran anaconda tersebut dan apa yang akan kamu lakukan jika ketemu dengan anaconda?

Seperti halnya dengan penunggu lainnya, anaconda juga akan menyerang siapa saja yang berani mendekati Sunga Abuna. Bahkan, kapal yang melintas di sungai tersebut tidak segan-segan untuk diserang oleh anaconda tersebut jika anaconda mengetahui keberadaannya.

Jika kita menelusuri informasi mengenai anaconda, maka kita akan tahu bahwa anaconda termasuk dalam golongan genus eunectus. Dalam bahasa latin, nama tersebut memiliki arti perenang yang lihai. Pada dasarnya, anaconda bukan termasuk ular yang berbisa. Namun, ukurannya yang sangat besar bisa membunuh dan merusak apa saja. Dengan ukuran yang begitu besar, seseorang bisa dibunuh dengan lilitannya.

Anaconda memiliki berbagai macam warna, seperti hijau, coklat, zaitun, kuning pucat, keabu-abuan coklat yang memiliki bintik-bintik besar berbentuk oval berwarna hitam di punggungnya. Habitat anaconda adalah rawa dan sungai sunga tropis di Amerika Selatan. Namun, anaconda banyak di jumpai di sungai-sungai di Brazil dan Guinea. Sebagian anaconda hidup di hutan hujan Amazon.

Klasifikasi Anaconda

Untuk mengetahui lebih detail mengenai anaconda, berikut beberapa klasifikasi salah satu ular terbesar di dunia ini.

  • Kerajaan: Animalia
  • Filium: Chordata
  • Kelas: Reptilia
  • Ordo: Squamata
  • Subordo: Serpentes
  • keluarga: Boidae
  • Genus: Eunectes
  • Spesies: Eunectes deschauenseei, Eunectus notaeus, Eunectes beniensis, Eunectus murinus.

Fakta Ular Anaconda

Hingga saat ini, asal dari anaconda belum diketahui. Namun, sebagian orang percaya bahwa nama anaconda berasal dari Bahasa Srilanka, yaitu Henakendeya yang memiliki arti sesuatu yang memiliki tubuh besar.

Sebagian orang juga menganggap bahwa nama anaconda diambil dari Bahasa Tamil, yaitu Anaikondran yang memiliki arti pembunuh gajah. Di Amerika Selatan, ular anaconda diberi nama sesuai dengan daerah lokal, seperti matatoro yang berasal dari Bahasa Spanyol, yaitu pembunuh banteng. Selain itu, ada juga yang memberikan nama Sucuri dan Yakumama.

Anaconda memiliki beberapa jenis dan dari sekian jenis anaconda, hanya anaconda hijau saja yang pernah ditemukan. Ukuran dewasa anaconda bisa mencapai 227 kg dan ukuran panjang anaconda 9 meter. Makanan ular yang memiliki nama biologis Eunectus Murnus ini adalah kura-kura tikus, katak, babi, rusa, dan sebagainya. Anaconda akan memililit mangsanya hingga mati dan langsung menelan secara utuh.

Setelah memangsa buruannya, anaconda akan mencari mangsa kembali sekitar satu tahun kemudian. Karena pencernaan anaconda bekerja sangat lambat. Sehingga makanan yang dimangsa dapat bertahan selama setahun. Salah satu ular terbesar di dunia ini berkembangbiak dengan cara melahirkan. Setiap melahirkan, anaconda betina mampu menghasilkan 30 anak sekaligus. Karena kehidupan anaconda lebih sering di perairan, maka segala aktivitas, termasuk melahirkan dilakukan di perairan.

Anaconda sangat lihai dalam berenang. Ia memiliki lubang hidung dan mata di atas kepalanya. Oleh karena itu, anaconda mampu berenang dan kebiasaannya berenang adalah dengan menenggelamkan seluruh tubuhnya. Sedangkan, bagian yang ditampakkan hanya separuh kepalanya. Hal inilah yang membuat pemangsanya tidak mampu menghindar karena pergerakannya tidak atau sulit dideteksi mangsanya.

Jika berada di daratan, anaconda nyaris tidak meninggalkan jejaknya dan sebagian besar hidupnya di perairan. Karena hal tersebut, para ilmuan sulit untuk meneliti mengenai anaconda ini.

Ular Titanoboa

durangoherald.com

durangoherald.com

Selain anconda, ada ular lainnya yang memiliki ukuran yang sangat besar. Namun, ulat tersebut termasuk ular yang hidup di zaman purba. Ular tersebut bernama ular titanoboa.

Titanoboa diketahui oleh banyak orang saat ditemukannya fosil oleh para ilmuan internasional di kawasan tambang batu bara di Cerrejon, Kolombia. Diperkirakan, ulat titanoboa hidup di kawasan Amerika Selatan. Jika dibandingkan dengan anconda, ular titanoboa ukurannya jauh lebih besar. Ular titanoboa memiliki panjang 14 meter.

Kelinci Raksasa

youtube.com

youtube.com

Pada umumnya, berat kelinci sekitar 2 kg. Namun hal ini berbeda dengan kelinci raksasa. Kelinci raksasa justru beratnya melebihi ibunya sendiri. Kelinci raksasa tersebut diberi nama oleh pemiliknya Amy.

Saat usia Amy 13 bulan, ukuran panjang Amy sudah mencapai 130 cm dan beratnya mencapai 33 kg. Padahal, ukuran panjang dan berat badan tesebut hanya akan dimiliki oleh kelinci jenis tersebut pada usia 5 tahun.

Ikan Terbesar di Dunia

Banyak jenis ikan yang memiliki ukuran sangat besar. Namun, hanya beberapa ikan memiliki ukuran besar yang pernah ditemukan oleh manusia. Berikut beberapa jenis ikan terbesar di dunia yang pernah ditemukan oleh manusia.

Ikan Todak (Swordfish)

duniaq.com

duniaq.com

Ikan todak atau dikenal juga dengan sebutan ikan pedang ini memiliki rahang atas dan moncongnya memanjang kedepan dengan bentuk seperti pedang pipih dan kuat. Oleh karena itu, ikan ini disebut juga dengan nama ikan pedang.

Moncong ikan pedang ini berukuran hampir sepertiga ukuran badan ikan. Ukuran panjang ikan pedang ini bisa mencapai 4 meter dan beranya bisa mencapai 650 kg. Namun, di Chile, ditemukan ikan pedang oleh Lou Marron di Pantai Iquique, Chile.

Ikan yang ditangkap oleh Lou Marron tersebut memiliki ukuran panjang 179,25 inchi dan beratnya mencapai 1182 pound. Sayangnya, ikan tersebut tidak mampu bertahan hidup. Saat ini, ikan pedang tersebut berada di Museum International Game Fish Association Fishing Hall of Fame Miami, Florida.

Atlantic Blue Marlin

duniaq.com

duniaq.com

Atlantic blue marlin merupakan jenis ikan marlin yang menempati Samudra Atlantik. Salah satu jenis ikan marlin ini memiliki ukuran yang sangat besar. Ikan yang satu ini termasuk dalam golongan ikan terbesar di dunia.

Ikan atlantic blue marlin ini memiliki ukuran panjang mencapai 14 kaki atau setara dengan 4,3 meter dan memiliki berat sekitar 1.803 pounds atau setara dengan 818 kg.

Pada tahun 1992, seorang yang bernama Paulo Amorim menangkap ikan atlantic blue marlin di daerah Pantai Vitoria, Brazil. Ikan atlantic blue marlin yang ditangkap oleh Paulo Amorim memiliki ukuran berat 1402 pounds. Dia menaklukkan ikan atlantic blue marlin dengan waktu yang dibutuhkan 1 jam 20 menit.

Atlantic Bluefin Tuna

duniaq.com

duniaq.com

Atlantic bluefin tuna merupakan salah satu jenis ikan tuna yang menempati Samudra Atlantik. Dalam Bahasa Indonesia, arti dari bluefin tuna adalah ikan tuna sirip biru. Jadi, atlantic bluefin tuna adalah tuna sirip biru yang menempati Samudra Atlantik.

Ikan yang termasuk spesies dari keluarga Scombridae ini menempati Samudra Atlantik Barat dan Samudra Atlantik Timur. Ikan yang satu ini memiliki ukuran yang sangat besar. Namun, banyak ancaman yang selalu mengintai ikan ini. Banyak orang yang memburu ikan atlantic bluefin tuna ini. Penangkapan secara komersil dan sebagai incaran para pemancing membuat keberadaan ikan atlantic bluefin tuna semakin terancam.

Pada tahun 1979, seorang pemancing handal, Ken Fraser, mampu menangkap ikan atlantic bluefin tuna yang ukurannya sangat besar. Ikan yang ditangkap oleh Ken memiliki berat sekitar 1.296 pounds. Dia memerlukan waktu sekitar 45 menit untuk mendaratkan ikan atlantic bluefin tuna tersebut.

Ikan Marlin

duniaq.com

duniaq.com

Selain penangkapan yang dilakukan oleh Paulo Amorim pada tahun 1992, seorang pemilik pub, Kevin Gardner juga mampu menangkap ikan marlin. Ikan marlin yang ditangkap Kevin jauh lebih besar dibandingkan dengan Paulo.
Ikan marlin yang ditangkap oleh Amorim memiliki ukuran 636 kg. Sedangkan, ikan marlin yang berhasil ditangkap oleh Kevin memiliki ukuran dengan berat sekitar 1320 kg dan memiliki panjang sekitar 6 meter.

Kevin menceritakan proses bagaiman dia berhasil mendaratkan ikan dengan berat 1320 kg tersebut. Menurutnya, dia membutuhkan waktu selama hampir 3 jam untuk menaklukkan ikan marlin. Dia tidak mengira mendapatkan ikan dengan ukuran sebesar itu dan penangkapan ikan marlin yang dilakukan Kevin termasuk penangkapan tersebesar selama perjalanan Kevin menggeluti dunia pancing memancing selama 25 tahun.

Paddlefish

zmzb2c.com

zmzb2c.com

Satu lagi ikan yang memiliki ukuran besar, yaitu Paddlefish. Ikan ini memiliki mulut yang berbentuk paddle shaped snouts. Oleh karena itu, ikan ini diberi nama paddlefish. (Baca juga: Ikan Hias Air Tawar)

Paddlefish mampu tumbuh hingga 5 kaki dan beratnya bisa mencapai 60 pound. Mulut yang berbentuk paddle shaped snouts tersebut digunakan untuk mencari makanan di dasar laut dengan cara menggali.

Meskipun memiliki ukuran yang sangat besar, paddlefish termasuk hewan yang jinak. Biasanya, paddlefish bida ditemukan di daerah Mississippi Valley dan saluran air di daerah Gulf Slope Amerika Utara.

Cumi-Rumi Raksasa

cepetbanget.com

cepetbanget.com

Mungkin, yang biasa kita ketahui bahwa cumi-cumi memiliki ukuran yang kecil. Namun, jenis cumi-cumi Architeuthis princeps memiliki ukuran yang sangat besar. Sangat berbeda dengan cumi-cumi pada umumnya.
Ukuran terbesar cumi-cumi jenis Architeuthis princeps yang pernah ditangkap adalah 490 kg dan memiliki panjang sekitar 6 meter.

Kepiting Raksasa

versesofuniverse.blogspot.com

versesofuniverse.blogspot.com

Selain cumi-cumi yang memiliki ukuran raksasa, kepiting juga ada yang memiliki ukuran raksasa. Kepiting tersebut bernama Crab Kong. Crab Kong merupakan kepinting yang pernah ditangkap oleh manusia dengan ukuran garis tengah sekitar 3 meter. Kepiting ini berhasil ditangkap oleh seoran nelayan di daerah Heda, teluk Suraga sebelah barat Tokyo, Jepang .

Buaya Terbesar di Dunia

forum.tribunnews.com

forum.tribunnews.com

berbicara mengenai buaya, ada beberapa buaya yang memiliki ukuran raksasa pernah ditangkap oleh manusia di dunia ini. Dari sekian buaya raksasa yang pernah ditangkap, ada buaya raksasa yang pernah ditangkap di Indonesia.
Buaya tersebut berhasil ditangkap di perairan laut Soropia. Adanya buaya ini membuat takut warga di Desa Waworaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Mereka takut untuk melaut karena buaya tersebut muncul secara tiba-tiba.

Demikian penjelasan mengenai hewan terbesar di dunia yang pernah ada di dunia ini. Pada dasarnya, masih banyak hewan yang memiliki ukuran sangat besar. Namun, tidak semua hewan yang memiliki ukuran besar mampu ditemukan dan ditangkap oleh manusia.

Buaya Florida

Suara.com

Suara.com

Buaya Cassius

Sejujurnya.com

Sejujurnya.com

Buaya Alabama

https://pixabay.com

https://pixabay.com

Buaya Puento Noire

www.youtube.com

www.youtube.com

Buaya Normanton

Sejujurnya.com

Sejujurnya.com

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca ruangranya.com. Jika kamu memiliki pertanyaan mengenai Hewan Terbesar di Dunia, silahkan menanyakan melalui komen di bawah dan jika kamu menyukai artikel ini, jangan lupa untuk share artikel ini. Sekian dari kami, terima kasih. 🙂

You Might Also Like

One comment

  1. 1
    Prilla Simbolon

    Thanks, this artical very help me 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>